Pemerintah Tidak Bisa Mengontrol Harga Minyak Goreng, Rusia – Ukraina Updates 21 Maret 2022, Omicron Bertahan 2 Kali Lipat di Permukaan Barang, Sedikit Cahaya Ketika Tidur Malam Memberikan Efek Negatif

172

Good morning

Hello again, welcome to Monday. To start this beautiful week, we want you to read this beautiful quote we came across somewhere: “When you arise in the morning, think of what a precious privilege it is to be alive, to breathe, to think, to enjoy, to love.” Yep, be thankful and never take everything for granted. Have a good day!

Now let’s start the day with: New minyak goreng drama…

Still?
Yep. Kali ini, warga di negara +62 khususnya mereka-mereka yang suka masak baru aja dibikin “?????” dengan pernyataan dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga presiden Indonesia ke-5 Bu Megawati Soekarno Putri yang agak julit sama ibu-ibu yang suka menggoreng. Karena kata Bu Mega… “Emang u kerjaannya goreng-goreng aja?”
 
Hah gimana?
Yep, jadi seiring dengan kondisi stok minyak goreng langka di Indonesia yang masih belum membaik juga, Bu Mega pada Kamis minggu lalu buka suara. Dalam webinar bertajuk ‘Cegah Stunting untuk Generasi Emas’  Bu Mega bilang, in her word“Saya sampai mengelus dada, bukan urusan masalah gak ada atau mahalnya minyak goreng. Saya sampai sampai mikir, jadi tiap hari ibu-ibu itu apakah hanya menggoreng sampai begitu rebutannya? Apa tidak ada cara untuk merebus, lalu mengukus atau seperti rujak?” 

OMG…

Yep. Nah guys, statement ini kemudian viral dan menuai banyak reaksi dari masyarakat. Misalnya, ada netijen yang nurut banget nih sama nasehatnya Bu Mega, dan kemudian masak bakwan dengan direbus. Namun selain itu, ada juga pengamat politik Adi Prayitno yang bulang bahwa elite politik tuh harusnya bisa berempati dengan situasi masyarakat yang saat ini lagi kesulitan minyak goreng. Atau kalau emang gabisa membantu masyarakat, ya seenggaknya nggak mengeluarkan komentar yang bisa melukai perasaan publik gitu lo….
 
Ya iya sih…
Nah bukan statementnya Bu Mega aja ni guys yang menuai kritikan dan reaksi dari khalayak ramai. Selain Bu Mega, Menteri Perdagangan Pak Muhammad Lutfi juga baru aja menyampaikan statement yang mengejutkan, di mana doi bilang bahwa pemerintah udah gabisa lagi mengontrol harga minyak goreng, karena emang itu tuh berhubungan banget sama sifat manusia yang rakus dan jahat. Nah, statement ini seolah jadi luka yang ditabur garam guys, karena bersamaan dengan ini, kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) resmi dicabut.
 
Tell me about this HET thing…
OK jadi gini, seiring dengan makin langkanya minyak goreng, kan jadinya harga minyaknya di pasar naik banget tuh, warga masyarakat kemudian teriak-teriak kayak, “Pak, ampun gakuat banget ini harga minyak goreng mahal banget!” dan pemerintah kemudian bikin kebijakan untuk punya HET tadi guys. Dengan kebijakan ini, maka pemerintah ngasih subsidi dan jadi punya standar batasnya nih, di mana pedagang-pedagang di pasar atau retail modern harusnya nggak boleh jual migor lebih dari harga ini. Jadi kalo buat minyak goreng curah, HET-nya Rp11.500, dan kalau yang kemasan itu Rp13.500 sampe Rp14 ribu. Jadi para penjual gabole jual lebih mahal dari harga HET tadi.
 
Terus…
Nah tapi yang terjadi adalah, minyaknya jadi laaaangka banget guys. Di mana-mana susah, dan ya bingung aja gitu, soalnya Kemendag bilang bahwa mereka juga udah menyalurkan minyak goreng subsidi seharga Rp14ribu sampe 500juta liter ke masyarakat. Tapi ya ora ono di pasaran. At the same time, polisi-polisi di daerah mulai nemuin gudang-gudang penimbunan yang nyimpen banyaaaak banget minyak goreng. Dengan penemuan ini, Pak Lutfi juga gedeg banget, sampe doi menggandeng polisi dan berkali-kali melakukan sidak ke pasar. Beliau juga menegaskan bahwa para penimbun ini ada hukumannya di dunia… yaitu dipenjara selama lima tahun dan bisa kena denda sampe Rp50miliar.
 
Terus di akherat ada juga?
Ada guys. Berbagai organisasi Islam kayak MUI, NU, dan Muhammadiyah juga udah kompakan bilang menimbun minyak ini haram, dan dosanya besar, dan Insya Allah sih bisnis u bisa bangkrut. Tapi ya gitu, ga mempan. Minyaknya masih langka aja. Sampe Pak Jokowi yang pulang berkemah minggu lalu aja langsung rapat soal minyak, terus DPR, Pak Lutfi juga masih puyeng… apalagi kita-kita warga commoners yang masih belum juga nemu nih, gimana cara anti-gagal masak bakwan dengan direbus ya?
 
EHEHEHE lanjut…
Nah jadi rapatnya Pak Jokowi Selasa kan tu ya guys, terus Kamis nya, Pak Lutfi ngumumin deh soal kebijakan menghapus HET itu. Pas lagi meeting sama Komisi VI DPR RI, Pak Lutfi bilang kalau Permendag Nomor 06 Tahun 2022 tentang Aturan HET udah dihapuskan dan diganti dengan aturan baru di mana harga minyak goreng sekarang jadi menyesuaikan sama harga pasar aja, guys. Sesuai arahan Presiden.
 
Okay….
Hal ini juga dikonfirmasi sama orang-orang di Kantor Staf Presiden aka KSP. Tenaga Ahli Utama di KSP, Edi Priyono bilangnya Pak Jokowi dan Kemendag emang mencabut aturan HET itu biar kebutuhan masyarakat ke minyak goreng ini tetap terpenuhi. Selain itu, biar industri juga tetap berjalan. Jadi kayak diambil jalan tengahnya gitu, masyarakat yang butuh minyak goreng, barang ada. Terus produsen yang butuh cuan, cuannya ada. Karena ngikutin harganya pasar, bukan HET lagi.
 
So, the problem is solved?
Not reaally. Setelah aturan Peraturan Menterinya disahkan dan berlaku, emang sih pasokan minyak goreng langsung guys lancar di pasar dan melimpah malah. Tapiii, karena nggak ada HET dan harganya ngikutin harga pasar, jadi yha terbang tinggi deh tuh harga minyak goreng. Bisa sampai Rp20ribu per liter. Oke Nurwan, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag bilangnya produsen-produsen migor tuh emang nunggu kepastian HET dicabut apa enggak. Karena kalau dikeluarin semua tapi harganya masih HET, yha produsen rugi, guys.
 
Geez….
Yep, terkait kebijakannya Pak Lutfi ini, pimpinan DPR bikin kesimpulan bahwa Kemendag tuh rupanya berpihak ke pengusaha, bukan ke rakyat. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Menurut Pak Dasco, Kemendag sebenarnya bisa aja bertindak tegas pake Permendag Nomor 6 tentang aturan HET tadi. Selain itu, Pak Dasco juga bilang Kemendag sebenarnya bisa cabutin izin produsen-produsen migor kalau nggak bikin minyak gorengnya sesuai kebutuhan rakyat.
 
Got it. Anything else?
Nah walaupun udah minta maap karena ngga bisa ngalahin para mafia minyak, namun Pak Lutfi menegaskan bahwa pihaknya ngga akan menyerah dalam menindak para mafia dan spekulan yang bikin minyak goreng jadi langka. Karena yha stoknya tuh sebenarnya masih ada dan masih bisa banget buat mencukupi kebutuhan orang-prang guys, cuma emang perlu diusut aja itu mafia dan oknum-oknum yang bikin keadaan sekarang jadi ada di titik yang kritis dan mendesak.

When everybody’s eyes are on China…

On Russia-Ukraine.
Iya ni guys, kamu pasti udah tahu kan at this point bahwa dunia lagi fokus banget sama invasi Rusia ke Ukraina yang udah jalan selama dua minggu. Kamu juga tentu udah tahu, bahwa alasan invasi-nya Putin ini, in a nutshell adalah karena dia gedeg sama “the west”, aka NATO, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan para sekutunya. Pokoknya dia musuhan deh sama semuanya.
 
Ga punya temen banget ni Rusia?
Engga juga. Nah ini yang kita mau bahas nih. Karena sejauh ini kamu juga pasti udah ngeh bahwa geng-gengan negara-negara ni masih ada guys. Kalo “The West” diisi oleh negara-negara Barat tadi, nah Rusia sendiri bestie-annya sama China. Yep, selain faktor historis, sebenernya China juga punya baaaanyak persaingan sama the west, terutama Amerika Serikat. Terus Februari lalu, Putin bilang bahwa persahabatannya sama Xi itu “no limit”. Dan keduanya juga sepakat menolak perluasan NATO di Barat.
 
OK terus….
Nah terus, secara sekarang Rusia lagi kenceng-kencengnya nyerang Ukraina, tentunya banyak negara mengecam Rusia dong. Sampe diboikot dan disanksi ekonomi yang macem-macem deh, Rusia sama negara-negara Barat. However, so far China masih…diem-diem aja. Yep, di saat negara-negara lain udah mengutuk serangan Rusia, China so far masih belum menyampaikan kecamannya guysInstead, China menegaskan bahwa emang kedaulatan negara itu penting dan Rusia punya alesan legit terkait keamanan wilayahnya yang harusnya justru concern itu di-address sama barat.
 
Berarti dukung ni?
Ya ngga juga, karena sikapnya dinilai banyak pengamat politik rada gajels guys. Dukung engga, namun mengecam juga engga, dan hal kayak gini tentunya bikin pusing negara-negara Barat tadi. Iya, kamu aja kalo dikasih mixed signals sama gebetan pusing, apalagi ini…
 
Iya terus gimana?
Nah makanya nih Jumat kemarin, Presiden Amerika Serikat Joe Biden nelepon Presiden China Xi Jinping. Teleponannya itu lama guys, sampe sekitar dua jam-an, dan dalam percakapannya itu, Biden bilang bahwa kalo sampai China kasih bantuan militer atau bantuan apa pun ke Rusia, bakalan ada konsekuensinya, tapi nggak dijelaskan juga secara detail konsekuensinya apaan.
 
Emang Rusia minta bantuan ke China?
Yep, jadi sejak beberapa hari lalu, emang beredar informasi dari kelompok intelejen Amerika Serikat bahwa Putin meminta bantuan pada presiden Xi. Mintanya sih bantuan militer dan ekonomi juga, secara Rusia lagi diboikot abis-abisan yang bikin kondisi ekonominya turun banget. Nah makanya untuk menghindari China yang bantuin Rusia, Presiden Biden udah lebih dulu ngancem Xi untuk jangan bantu-bantu Putin, gitu.
 
Terus, sekarang posisi China gimana dong?
Well, disampaikan oleh Menlu-nya China, Wang Yi, China tetap bakalan ada di right side of history atas konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina ini. Dalam keterangannya, Wang Yi bilang kalau pihaknya bakal teteup bikin independent judgment dari manfaat buat China atas masalah ini. Mereka juga bakalan teteup objektif dan adil ngeliat masalah ini, dan nggak bakalan terima kalau ada yang ngomong macem-macem terhadap negara mereka. Mereka juga nggak bakal terima kalau ada  pihak eksternal yang nekan dan maksa mereka buat take side dan condong ke salah satu pihak.
 
Okay….
Masih dari keterangannya Wang Yi, doi menegaskan bahwa China enggak mau disangkutpautin dan terdampak dari sanksi-sanksi yang dikasih negara-negara barat ke Rusia. Beliau menegaskan bahwa negaranya bukan bagian dari krisis ini, jadi yha jangan nyeret-nyeret kita dong. China juga bilang mereka bakalan sekuat tenaga buat melindungi hak dan kepentingan warga mereka yang sah dan nggak mau ikut-ikutan sama security conflict-nya Eropa yang udah ada bertahun-tahun itu.
 
Now tell me the condition in Ukraine…
Sure. Jadi di hari ke-24 ini, kondisi Ukraina masih chaos, guys. Di kota-kota kayak Kharkiv, Chernihiv, Sumy, sama di Mariupol, semuanya masih dikepung sama tentara Rusia. Masih ada tembak-tembakan, masih ada gedung yang dihancur-hancurkan. Itu sebabnya Ukraina minta China buat gabung sama negara-negara Barat pendukung mereka buat bantuin. Adviser presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, bilangnya China bisa jadi elemen penting buat sistem keamanan global kalau bikin keputusan yang bener dengan ngebantu mereka.
 
OK. Anything else?
FYI guys, sejauh ini emang China belum nge-iyain permintaan dari Putin. Selain itu, banyak pihak memprediksi bahwa Presiden Xi lagi puyeng nih, secara di satu sisi bestie-nya lagi minta bantuan, di sisi lain, dia juga ngga mau hubungannya sama negara-negara Barat makin panas, secara AS dan Uni Eropa merupakan partner dagang yang penting banget buat China. Hm….

When you need another reason to aaalways wash your hands…

Biar nggak ketularan virus.
 
Itu w juga tahu…
Eits, ada yang baru ni guys tapinya. Jadi dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa varian covid-19 yang lagi happening, aka si omicron bisa survive lebih lama sampe dua kali lipat di permukaan barang, daripada varian-varian sebelumnya yang udah ada. Disebutkan juga bahwa bisa jadi gara-gara ini nih, omicron lebih gampang menular.
 
Really???
Iya. Jadi udah ada dua penelitian di dua negara yang berbeda yang mana tujuannya tuh sama, yaitu untuk menguji si COVID-19 ini kuatnya sampai berapa lama sih kalau mendarat di berbagai macam permukaan. Penelitian yang pertama diadain di Jepang dengan menguji semua varian Covid. Jadi variannya ini dikenakan ke berbagai macam permukaan kayak kotak plastik dan kulit tubuh mayat manusia di udara yang hangat. Terus yaudah, virus dan permukaannya ditinggalin, dan diliat nih, sampe berama lama virusnya bertahan. Adapun penelitian kedua dilakukan oleh para scientists di Hong Kong, di situ mereka ngebandingin varian OG yang ditemuin di Wuhan sama Omicron, dan diuji bisa tahan berapa lama di permukaannya stainless steel, kaca, plastik, sama kertas.
 
Hasilnya?
Hasilnya, di permukaan plastik, varian Covid yang awal ditemuin di Wuhan itu ternyata cuma bisa bertahan selama 56 jam aja. Beda jauh sama Alpha, Beta, dan Delta yang bisa bertahan tiga kali lebih lama. Terus omicron? Nah dia paling lama ni guys bisa bertahan di plastik, yakni mencapai 193 jam, atau 8 hari setelah virusnya menyentuh permukaan tersebut. Meanwhile kalo nempel di permukaan kulit, virus omicron masih bisa bertahan selama 21 jam, sedangkan kalo varian lain ya 8 jam aja max.
 
Is that it?
Belum selesai beb. Itu tadi kan hasil penelitian pertama yang di Jepang. Nah kalau yang di Hong Kong, penelitiannya menemukan bahwa kalo Omicron mendarat ke permukaan plastik, stainless steel, sama kaca, maka virusnya bisa bertahan sampe semingguan. Beda sama varian sebelumnya yang cuma bisa bertahan dua hari di plastik dan stainless, atau di kaca yang cuma 4 harian aja.
 
OK…
Nah terkait penemuan ini, Leo Poon, public health professor di Hong Kong University ngingetin lagi guys bahwa hand hygiene aka kebersihan tangan tuh merupakan hal yang penting banget nget nget. Terus ya perlu juga dibersihin terus tuh lokasi-lokasi yang sering dipegang orang kayak pegangan pintu, handrails aka pegangan tangan, sama tombol lift. Kudu dijaga tuh kesterilannya guys. Jangan kasi kendor.
 
Brb wash my hands. Anything else?
Nah, meski terdengar mengkhawatirkan, sebenernya kamu nggak perlu over panik juga guys, karena kalo menurut Linsey Marr, scientist dari Virginia Tech sih yha tetep aja penularan lebih cepat itu terjadi lewat udara instead of menyentuh berbagai permukaan. Yep, karena emang sejauh ini, semua penelitian menemukan bahwa varian Omicron ini paling banyak menyebar via dropletHowever, sering cuci tangan tuh at least bisa bikin kamu aman lha kalo sering megang-megang idung, karena tanganmu jadinya nggak bawa virus. Gitu guys.

When you need a good quality sleep…

Turn off the lights.
 
Like, completely. Iya guys, hal ini karena udah terbukti banget secara scientific nih, bahwa cahaya dikit aja pas kamu lagi tidur malem tuh bisa memberikan efek negatif ke dalam tubuh. Jadi dalam penelitian yang dilakukan oleh the Center for Circadian and Sleep Medicine at Northwestern University Feinberg School of Medicine dan di-publish minggu lalu, diketahui bahwa sedikit aja cahaya pas lagi tidur, misalnya cahaya dari TV yang ngga dimatiin, itu ternyata bisa meningkatkan gula dalam darah dan meningkatkan detak jantung.
 
Dengan adanya peningkatan ini, maka proses rejuvenasi atau peremajaan sel-sel di tubuh kamu yang biasanya diperintahkan otak ketika kamu lagi tidur tidak akan berjalan maksimal. Selain itu, peningkatan detak jantung pas lagi tidur juga diketahui bisa meningkatkan resiko sakit jantung dan kematian dini. Terus, tingginya gula darah juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Dan hal-hal ini bisa terjadi kalo kamu tidur dengan cahaya, meskipun cahayanya ga yang bersinar banget.
 
Nah, terus gimana caranya biar kualitas tidur kamu bisa bagus maksimal? Gampang guys, pastiin aja semua lampu udah mati, gorden ditutup, dan kalo memungkinkan sih, pake sleep mask. Jadi, kamu bisa bener-bener ngasih waktu buat badan kamu untuk do their job on rejuvenating your cells and organs. Cus!

“Sebar uang agar terkenal, seolah kaya.”

Wkwkwk gitu guys kata Pak Polisi pas ngejelasin soal tindakan dari tersangka kasus penipuan investasi skema opsi biner aplikasi Quotex Doni Salmanan yang sering banget bagi-bagi duit ke masyarakat maupun publik figur untuk meningkatkan popularitas. Pak Polisi bilang, kegiatan bagi-bagi duit ini merupakan modusnya Doni supaya aplikasi Quotex dan investasi menggunakan opsi biner bisa lebih dikenal publik dan menarik perhatian.

When it’s akhir bulan and you just can’t relate…

Announcement


Thanks to Wafiakmal, seseorang, zoey, Slytherin, & Kinat for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you’ve been dreaming about healthier, longer, and thicker hair, look no more.