Omicron Bertahan 2 Kali Lipat di Permukaan Barang

82

When you need another reason to aaalways wash your hands…

Biar nggak ketularan virus.
 
Itu w juga tahu…
Eits, ada yang baru ni guys tapinya. Jadi dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa varian covid-19 yang lagi happening, aka si omicron bisa survive lebih lama sampe dua kali lipat di permukaan barang, daripada varian-varian sebelumnya yang udah ada. Disebutkan juga bahwa bisa jadi gara-gara ini nih, omicron lebih gampang menular.
 
Really???
Iya. Jadi udah ada dua penelitian di dua negara yang berbeda yang mana tujuannya tuh sama, yaitu untuk menguji si COVID-19 ini kuatnya sampai berapa lama sih kalau mendarat di berbagai macam permukaan. Penelitian yang pertama diadain di Jepang dengan menguji semua varian Covid. Jadi variannya ini dikenakan ke berbagai macam permukaan kayak kotak plastik dan kulit tubuh mayat manusia di udara yang hangat. Terus yaudah, virus dan permukaannya ditinggalin, dan diliat nih, sampe berama lama virusnya bertahan. Adapun penelitian kedua dilakukan oleh para scientists di Hong Kong, di situ mereka ngebandingin varian OG yang ditemuin di Wuhan sama Omicron, dan diuji bisa tahan berapa lama di permukaannya stainless steel, kaca, plastik, sama kertas.
 
Hasilnya?
Hasilnya, di permukaan plastik, varian Covid yang awal ditemuin di Wuhan itu ternyata cuma bisa bertahan selama 56 jam aja. Beda jauh sama Alpha, Beta, dan Delta yang bisa bertahan tiga kali lebih lama. Terus omicron? Nah dia paling lama ni guys bisa bertahan di plastik, yakni mencapai 193 jam, atau 8 hari setelah virusnya menyentuh permukaan tersebut. Meanwhile kalo nempel di permukaan kulit, virus omicron masih bisa bertahan selama 21 jam, sedangkan kalo varian lain ya 8 jam aja max.
 
Is that it?
Belum selesai beb. Itu tadi kan hasil penelitian pertama yang di Jepang. Nah kalau yang di Hong Kong, penelitiannya menemukan bahwa kalo Omicron mendarat ke permukaan plastik, stainless steel, sama kaca, maka virusnya bisa bertahan sampe semingguan. Beda sama varian sebelumnya yang cuma bisa bertahan dua hari di plastik dan stainless, atau di kaca yang cuma 4 harian aja.
 
OK…
Nah terkait penemuan ini, Leo Poon, public health professor di Hong Kong University ngingetin lagi guys bahwa hand hygiene aka kebersihan tangan tuh merupakan hal yang penting banget nget nget. Terus ya perlu juga dibersihin terus tuh lokasi-lokasi yang sering dipegang orang kayak pegangan pintu, handrails aka pegangan tangan, sama tombol lift. Kudu dijaga tuh kesterilannya guys. Jangan kasi kendor.
 
Brb wash my hands. Anything else?
Nah, meski terdengar mengkhawatirkan, sebenernya kamu nggak perlu over panik juga guys, karena kalo menurut Linsey Marr, scientist dari Virginia Tech sih yha tetep aja penularan lebih cepat itu terjadi lewat udara instead of menyentuh berbagai permukaan. Yep, karena emang sejauh ini, semua penelitian menemukan bahwa varian Omicron ini paling banyak menyebar via dropletHowever, sering cuci tangan tuh at least bisa bikin kamu aman lha kalo sering megang-megang idung, karena tanganmu jadinya nggak bawa virus. Gitu guys.