MotoGP Segera Dimulai di Mandalika, NTB

42

When you missed the MotoGP parade in Jakarta yesterday…

Here’s your catch up!
Iya guys, jadi ajang balap motor dunia MotoGP kan rencananya bakalan segera dimulai di Mandalika, NTB in a few days. Jadinya kemarin, para pembalap MotoGP yang udah pada di Indonesia menggelar parade di jalanan Jakarta.
 
Tell me more.
Oke. Setelah terakhir jadi tuan rumah buat acara balap motor tuh di tahun 1997 lalu, finally after 25 years, Indonesia kembali dipercaya jadi tuan rumah buat ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini. Adapun lokasi tempat balapannya itu ada di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Nah kenapa di Mandalika, juga ada pertimbangannya nih guys, di antaranya adalah karena Mandalika merupakan destinasi wisata prioritas yang bisa ikut membantu menarik wisatawan asing datang dan nge-uplift aspek ekonomi daerah.
 
Okay….
Nah terus sirkuitnya juga udah dibangun mulai tahun lalu. Saat ini, pembangunannya juga udah selesai dan udah diperiksa juga kesiapan dan keamanannya buat balapan  oleh FIM selaku Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional. FIM juga udah menyatakan bahwa sirkuitnya aman dan udah sesuai standar, pokoknya jadi dah ini MotoGP dari tanggal 18-20 Maret besok.
 
Udah mantep aja yha…
Yoi, shout out to Pemerintah Daerah NTB dan stakeholders lain yang udah nyiapin acara ini dengan persiapan yang super duper matang. Akomodasi udah oke, transportasi kayak shuttle bus buat keliling kawasan sirkuit juga udah ready. Terus angka Covid di NTB tuh emang lagi rendah yha, dengan positivity rate sebesar 1,55 %, dan dengan prokes yang ketat, yakin deh bakalan mantep ini event MotoGP. Jadi, sebagai kick-off dari gelaran ini, beberapa pembalap yang udah tiba di Jakarta sowan dulu sama Presiden kita di Istana Merdeka, Jakarta.
 
Ngapain?
Silaturahmi aja, guysngobrol-ngobrol. Adapun beberapa nama beken yang ikutan ketemu Pak Jokowi kemarin ada Marc Marquez, Joan Mir, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, sama Francesco Bagnaia plus 12 orang lainnya. Terus, di pertemuan itu, Pak Jokowi juga cerita kalau dia suka motoran juga kalau lagi kunjungan ke daerah-daerah, ketemu masyarakat dan mendengarkan aspirasi mereka.
 
I see. Terus-terus?
Nah abis dari Istana Presiden, pembalap-pembalap itu lanjut konvoi di jalanan Jakarta. Sebenernya Jokowi mau ikutan tuh guys, cuma yha nggak dibolehin karena alasan keamanan. Beliau kondisinya juga lagi nggak fit. Jadi yha pembalapnya aja yang konvoi lewat Jalan Medan Merdaka Utara, terus ke Medan Merdeka Barat, lewatin RRI terus berhenti di depan Hotel Kempinski di Bundaran HI. Parade yang super langka ini kemudian ramai didatangi warga yang ada di area tersebut, dan saking serunya, mereka ga mempan dibubarin polisi.
 
Excited bgt sama MotoGP pasti…
Iya. Excitement warga lokal dan dunia terhadap event MotoGP ini juga ketahuan dari jumlah tiket yang udah habis kejual. Pak Jokowi bilang, setidaknya udah ada 60 ribu tiket yang ludes kejual. That being said, Pak Jokowi optimis kalau Indonesia bakalan setara sama negara-negara lain yang sukses nyelenggarain event kelas dunia kayak MotoGP gini. Terus, buat kamu-kamu yang udah beli tiketnya, kamu udah bisa tukerin itu tiket per hari ini di spot-spot yang udah disiapin panitia guys. Salah satunya ada di lokasi eks Bandara Selaparang, Mataram.
 
I see. Anything else I should know?
In case kamu penasaran kalau hujan ntar gimana, tenang aja guys. Menteri Parekraf Sandiaga Uno udah bilang mereka bakalan kerjasama bareng BRIN, BMKG, sama TNI AU yang bisa bantu mitigasi sama modifikasi cuaca. Pak Sandi bilangnya nggak akan lagi pakai pawang hujan, kapok guys karena pernah pakai sekali, eh teteup juga hujan deres, hiks.