Indonesia Resmi Mencapai Target Herd Immunity COVID-19

64

When there’s another good news from Indonesia…

On herd immunity.
 
Hi y’all! Can we got a round of applause for us, you, the (hard-working and non-corrupt) government? Because baru aja kemarin, kita udah resmi, sah, dibayar tunai, mencapai target herd immunity! Yeay!
 
Yeay! Tell me more!
OK. Jadi menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kemarin, disebutkan bahwa di Indonesia ni udah terbentuk herd immunity against COVID-19. Nah, pencapaian ini juga yang bikin pemerintah kita akhirnya memutuskan untuk melonggarkan secara perlahan dan bertahap berbagai pembatasan buat masyarakat.
 
What is herd immunity again?
Well, to refreshen you up, jadi herd immunity ini adalah kondisi di mana banyak orang di dalam satu populasi tuh udah punya kekebalan terhadap suatu penyakit, dan penyakit yang kita bahas adalah ngga lain ga bukan, corona aka COVID-19. Nah, kalau kamu belum vaksin, atau belum pernah kena, maka akan mudah banget buat kamu untuk tertular penyakitnya, terus nularin ke orang. Nah namun sekarang, setelah lebih dari dua tahun kita bergulat dengan wabah ini, akhirnya penyebaran virusnya udah bisa mulai terkontrol guys, bahkan at the end of the day, penyebarannya bisa ke-stop secara efektif.
 
Kok bisa?
Karena si herd immunity tadi. Jadi kalo mayoritas orang di satu populasi itu udah divaksin, maka kan kemungkinan penularannya rendah tuh. Eh terus ditambah lagi dengan orang-orang yang udah pernah terinfeksi juga tubuhnya jadi ada antibodi alami, yang bikin mereka juga to some degree jadi kebal dari virus ini selama beberapa waktu ke depan. Nah dengan paduan dari kedua faktor ini, maka tempat buat si virus menyebar juga makin terbatas dong, karena, “Ah, mau menular ke orang ini, tapi doi udah vaksin, susah masuk. Mau ke orang yang itu, doi udah pernah kena. Ada antibodinya juga.” Maka makin lama, penularannya akan makin sedikit, dan inilah yang dimaksud dengan herd immunity.
 
Nice... dan kita udah mencapai itu?
Yes, udah. Jadi sebelumnya kan udah pernah di-sounding tuh sama WHO kalau negara-negara mau mencapai herd immunity, harus ada minimal 70-90% orang yang udah divaksin. Nah, saat ini, jumlah orang yang udah divaksin sampai dosis kedua di Indonesia udah mencapai 71.23 persen out of target pemerintah 208 juta orang. Sementara, per kemarin, udah ada lebih dari lima juta orang yang sembuh dari COVID-19 ini. Makanya Kemenkes melalui Jubirnya Bu Siti Nadia Tarmidzi pede bahwa Indonesia nih udah membentuk herd immunity.
 
Terus, what’s next?
Kata Bu Nadia, semingguan pertama di Maret ini kasus COVID-19 kita udah menunjukkan trend yang positif. Jadi sebenernya tinggal sekarang gimana masyarakat bisa disiplin aja sama prokes, guys. Pakai masker? Masih harus. Cuci tangan? Jangan ketinggalan. Jaga jarak? Masih wajib. In the meantime, pemerintah juga lagi terus ningkatin strategi buat 3T aka Testing, Tracing, sama Treatment biar upaya penanggulangannya makin hari makin membaik. Selain itu, pemerintah juga masih berusaha gimana caranya kondisi penanganan covid-19 di rumah sakit juga makin hari makin kondusif, serta menggalakkan sosialisasi vaksin kedua plus booster biar makin hari makin banyak orang yang divaksin.
 
I see. Did anyone say anything?
Yep. Ada Iris Rengganis, Ketua Pengurus Perhimpunan Alergi Imunologi yang menyebut bahwa vaksinasi 70% tuh nggak cukup guys kalau mau herd immunity. Kenapa bisa bilang gitu? Karena kemarin aja vaksinasinya udah mau mencapai 70%, masih banyak juga yang ketularan virusnya. Jadi 70% is not enough. Kalau bisa tuh 80 sampai 90% deh kata Mbak Iris. Terus, selain vaksin, makanan yang kita konsumsi tuh berpengaruh banget buat sistem kekebalan imun kita, jadi tetep harus jaga makanan guys.
 
Noted. Anything else I should know?
FYI, untuk bisa mengalihkan kondisi pandemi ke endemi, sebenernya gabisa ujug-ujug gitu guys. Ada kriteria tersendiri yang harus bisa menunjukkan kalau Covid ini udah terkendali. Adapun diantaranya adalah angka kasusnya yang rendah, nggak lebih dari 10 kasus per 100 ribu per hari. Terus positivity rate-nya juga nggak lebih dari 1 persen, sama yha itu tadi, herd immunity udah harus kebentuk.