Indonesia Berhasil Menangani Pandemi Covid-19

34

Who’s feeling hopeful?

Presiden Joko Widodo.
Secara kemarin beliau bilang bahwa hamdalah ni guys, Indonesia udah berhasil menangani pandemi Covid-19.
 
Yeay! Tell me more.
OK. Jadi disampaikan dalam kegiatan CNBC Economic Outlook 2022 via virtual kemarin, Pak Jokowi menyebut bahwa bangsa Indonesia tuh punya fondasi yang kuat buat move forward di tahun ini. Fondasi itu yang bikin kita jadi punya starting point yang bagus buat terus meningkatkan kondisi di Indonesia menjadi lebih baik. Karenanya, menghadapi 2022 ini, Pak Jokowi merasa optimis banget ni.
 
Bentar. Fondasi apa si?
Ya itu tadi. Indonesia bisa dibilang udah berhasil menangani pandemi Covid-19 yang bikin ekonomi dan kesehatan di banyak negara babak belur. Terus juga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat aka PPKM yang diterapkan pake sistem level-levelan itu ternyata punya tujuan yang lebih kompleks dibanding sekedar membatas-batasi kegiatannya masyarakat, karena PPKM diterapkan supaya ekonomi masih bisa berjalan. On the other side, PPKM juga memungkinkan keselamatan masyarakat terjaga karena aturannya membatasi berbagai kegiatan kumpul-kumpul.
 
Okayyy…
Pak Jokowi juga bilang bahwa yha untung aja selama pandemi ini Indonesia enggak pernah lockdown, sehingga ekonomi negera bisa terus bergerak. Jadinya, tahun 2022 ini kondisi jadi makin baik lagi, karena kita kan ngga lockdown sejak awal pandemi.
 
I see…
Selanjutnya Pak Jokowi bilang, perekonomian di tahun 2020-2021 di Tanah Air tuh masih terus gerak, dan di tahun ini, tahun 2022, kita bisa lebih mudah buat move forward dan ngelakuin yang namanya akselerasi perekonomian, nggak mulai dari 0 lagi kayak negara-negara lain. Lagian juga, angka kasus Covid-19 di Indonesia udah terkendali terutama dalam beberapa waktu terakhir. Makanya Pak Jokowi bilang keberhasilan kita untuk terus menjaga pertumbuhan ekonomi dan menyelamatkan kesehatan jadi fondasi yang baik buat kita di tahun ini.
 
Jadi teratasi banget neh, Covid?
Uhmmm belum selesai banget-banget juga sih guys, karena Pak Jokowi juga bilang bahwa pandemi udah dua tahunan masih belum kelar juga. Selain itu ekonomi dunia juga masih belum pulih 100%. Nah ngomongin kondisi dunia, Pak Jokowi bilang bahwa sikon saat ini secara global lagi uncertain, karena emang banyak banget problem. Mulai dari krisis energi, kelangkaan pangan, inflasi yang makin mengancam perekonomian dunia, hingga konflik yang berkepanjangan. So in that sense, sebenernya dunia juga lagi menghadapi uncertainty yang mengkhawatirkan, di mana kita harus selalu ready.
 
Well noted dehTerus apalagi fondasinya?

Lebih jauh, Pak Jokowi juga menyampaikan fondasi-fondasi lain yang masih ada kaitannya sama ekonomi dan penangan pandemi, baik secara struktural maupun praktiknya. Kalau secara struktural, ada UU Cipta Kerja, yang katanya sih bikin birokrasi investasi jadi lebih sederhana, terus kalau secara praktik, ada hilirisasi industri besar-besaran yang mana proses ekspor di-hold semua, sehingga perkembangan industri bakal fokus di dalam negeri aja. Ini yang bikin ekonomi jadi makin maju karena lapangan kerja jadi tambah banyak.

 
Got it. Anything else?
Oya, berhubung Indonesia jadi presiden di G20 tahun ini, maka diharapkan momentum ini tuh jadi langkah awal dalam upaya penyelesaian masalah-masalah yang sekarang lagi dihadapi di dunia. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut bahwa ekonomi global yang tumbuh nggak seimbang sama pandemi adalah salah satu hal yang harus di-address di perhelatan yang super penting itu, dan semangat ini juga yang jadi fondasi atas tema “Recover Together, Recover Stronger”.