Friday Pause: My style is miticulous ūüĎóūüφūüĎ°ūüĎí

228


Good morning,

 
Hi there! Get excited because it’s finally almost the weekend! Yep, the fun starts right here on this email because today we won’t talk about news. Instead, we will make your morning brighter with our fun memes, tips, and recs from you, to you! Let’s dig in!

For the love of Meme: Good thing it’s almost the weekend…


When you’re always irritated by small things…

Here’s how to deal with it.

Iya guys, pernah ga sih kamu ketika menjalani hari tiba-tiba jadi gampang bete, gampang marah dan gampang keganggu sama hal-hal kecil yang sebenernya ngga penting? Atau misalnya pas kamu lagi sama temen-temen, di kampus, di kantor, atau sama keluarga, kamu suka ngerasa adaaa aja satu dua hal yang bikin cranky, bikin bad mood, terus marah. Hal ini tentunya akan berpengaruh banget dengan kinerja maupun relasi kamu sama orang-orang, namun yang perlu kamu tahu nih, emang menurut penelitian, otak kita tuh kadang lebih cepat bereaksi pada hal-hal negatif. Terus dengan all the negative things happening lately: the pandemic, the war, the tetangga yang motong keramik pas kamu lagi Zoom call, makanya ga heran kalo kamu jadi senggol bacok-mode terus.

 
However, being cranky kayak gini ini tentunya akan berpengaruh negatif dong buat keseharian kamu. Karena kamu jadi stress dan tegang terus. Belum lagi ngomel mulu tuh bikin orang-orang di sekelilingmu jadi bete. Karenanya, ini dia nih hal-hal yang kamu perlu perhatikan biar ngga gampang marah!
 
Jangan nahan laper. Ini udah rahasia umum ya guys, bahwa rasa lapar bisa bikin kamu cranky. Iya, coba deh lagi laper terus pesenan makan kamu datengnya lamaaaa banget. Bete ga? Karena itulah lebih baik kalo laper langsung makan aja guys. Karena memang secara scientific, ketika kamu laper, tekanan darah kamu rendah, dan kalo tekanan darahmu rendah, tubuh menghasilkan hormon kortisol yang berhubungan dengan stress. Kalo udah stres, level toleransi kamu jadi rendah aka jadi ngga sabaran dan gampang marah.
 
Solusi:  Kalau kamu sering lupa makan, coba deh pasang alarm setiap berapa jam sekali. Setiap alarmnya bunyi, kamu cek sendiri kamu udah laper atau belum. atau kalau kamu kerjaannya meetings to meetings, coba deh schedule-in buat break snack atau makan waktu selesai meeting.
 
Jangan nonton film yang emotionally taxing sebelum tidur. Iya, nonton series di Netflix itu emang paling enak dilakukan malem-malem, sambil pas mau tidur. Nah, tapi yang jadi masalah adalah kalau yang kamu tonton itu malah bikin susah tidur, atau bikin tidur kamu keganggu gara-gara genre filmnya yang emotionally-taxing buat kamu. Misalnya kamu nonton film setan atau film yang sedih banget, nah bukannya tidur, kamu malah kepikiran terus sama cerita di film itu. Padahal, waktu tidur adalah waktu untuk kamu relaxing.
 
Solusi: Coba deh kalau mau tidur tuh nontonnya yang ringan-ringan aja, kayak series komedi misalnya. Atau kalau mau nonton yang menguras emosi, tenaga, dan jiwa raga tuh yha di weekend aja, guys. Besoknya kan libur tuh, jadi tidur bisa lebih lama lah daripada di weekday.
 
Tinggal di dalam ruangan seharian. Manusia itu di-setting untuk berpindah-pindah terus aka mobile, jadi kalo bisa, dalam sehari tuh jangan bener-bener di rumah aja, guys. Coba deh mulai hari dengan lari/jogging di sekitaran komplek, atau as simple as beli sayur ke tukang sayur di depan gang. Direct exposure ke matahari itu terbukti bisa meningkatkan mood kamu, apalagi kalau dilakukan di pagi hari.
Solusi: Coba deh kalau bangun tidur tuh jalan dulu keluar 30 menitan. Hirup udara segar, kena sinar matahari. Ngaruh banget tuh guys sama mood kita seharian.
 
Ngecek handphone terlalu sering. For most of us, handphone adalah barang yang paling ga bisa jauh-jauh dari genggaman. Iya, bukan tangan pasangan, tapi handphone. Bangun tidur, cek hp, mau tidur, matiin hp. Kalau dirata-ratain, bisa puluhan kali lah kamu ngecek handphone setiap harinya. Nah, dengan meng-expose diri kita pada banyak isi di dalam handphone, ada kemungkinan kita kewalahan sendiri dan muncullah mood yang berubah-ubah.
 
Solusi: Udahan dulu main handphone-nya. Iya, ini cara paling ampuh dan paling susah tapi cuma ini caranya biar kita bisa sedikit nge-detox diri dari handphone dan seisinya. Kalo emang ga bisa entirely jauh-jauh dari handphone, at least pas kamu harus fokus kerja, coba taro layar handphone kamu menghadap ke bawah, dan letakkan handphonenya di tempat yang kamu ga bisa liat (misalnya di belakang laptop). That way, kamu ga akan tergoda untuk ngecek notif hape setiap waktu.
 
Doomscrolling. Atau scroll-ing hape all the time. Iya, sama kayak yang di atas, cuma kalo ini lebih ke konsumsi berita yang terus menerus kamu lakukan. Iya, tanpa kamu sadari, pas kamu scrolling timeline itu banyaak banget informasi yang bakal masuk ke kepala kamu. Ada berita bagus, ada yang engga, ada yang bikin seneng, tapi ada juga yang bikin emosi Nah, demi menjaga mood kamu biar ga cranky, mending kurang-kurangin doomscrolling dan fokus sama hal yang ada di depanmu aja.
 
Solusi: Gausah doomscrolling guys, kamu udah dapet cukup banyak berita dari email kita kok EHEHEHE. Kalo emang ga mau kudet, cukup batasi konsumsi berita kamu cukup pagi-pagi aja atau malam pas mau tidur.


Finally… here’s some fun things to do on the weekend!

If you don’t have anything planned for the weekend, here’s some quarantips for you!¬†
 
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our¬†podcast!¬†Hari ini kita ngebahas soal tipu-tipu Crazy Rich palsu, mayoritas warga Rusia dukung Putin, dan waspada cuaca ekstrem!
  • Karena hari Jumat kemarin (3 Maret) aku lihat ada yang rekomendasikan film dokumenter “Downfall”, aku mau rekomendasikan dokumenternya Air Crash Investigation S20E04 yang juga nyeritain soal Boeing 737 Max 8 tapi dari sisi malfungsi pesawatnya-yang mana Downfall mengambil pov kesalahan Boeing.¬†IG: tmmoditta
  • Hi y’all¬†aku mau rekomendasiin lagu-lagunya¬†Coldiac¬†hehe salah satu indie pop band Indonesia yang lagunya enak-enak banget!! Aku rekomen untuk dengerin yang judulnya “Vow”, “Sampaikan”, “Kilau”, dan “Wreck This Journal”. Aku selalu dengerin mereka karena¬†lifting mood¬†banget biar pas jalanin hari ga suntuk hehe.¬†And I hope y’all feel the same, hope you always have a nice day everyone –virthena
  • Hai, aku mau rekomen album terbarunya Tulus yang baru rilis tanggal 3 Maret kemarin! Judulnya “Manusia” yang berisi 10 lagu tentang bagaimana perjalanan hidup seorang manusia. Mulai dari perasaan dan kenangan kita saat masih belia, pertanyaan tentang tujuan hidup, perasaan ditinggalkan orang-orang terkasih, perayaan momen kehidupan, hingga pada akhirnya memberikan apresiasi tentang perjuangan diri kita sendiri. Semuanya dikemas dengan apik melalui penggunaan bahasa Indonesia yang lebih matang, tetapi tidak meninggalkan kesan puitis. Sentuhan musik yang diberikan pun mudah membawa pendengar hanyut ke dalam makna lirik yang disajikan. Oh iya, dan dalam album ini, Tulus turut berkolaborasi dengan talenta musik lain seperti Ari Renaldi sebagai produser, Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompil sebagai penulis lagu. Ga hanya itu, bahkan¬†arrangements¬†orkestra yang di-compose¬†sama Erwin Gutawa bakalan kamu denger jugaa! Intinya semua lagu di album ini indah banget dan cocok untuk nemenin kamu waktu lagi¬†me time.¬†Enjoy!¬†(ig: margarethaseda).
  • Buku yang lagi gue baca dan rekomendasikan adalah ‚ÄúNoise‚ÄĚ ditulis oleh Daniel Kahnemann, Olivier Sibony, Cass R. Sunstein. Buku yang menjabarkan bagaimana banyak sekali batas-batas pengetahuan sekaligus bias dan ‚Äúgaduh‚ÄĚ dalam bagaimana kita mempertimbangkan segala sesuatu. Lewat buku ini jadi paham ni metode apa yang bisa jadi pegangan untuk memangkas apa yang disebut ‚Äúgaduh‚ÄĚ (dan bias) sebelum kita memutuskan hal. Seperti tipikal buku Daniel Kahnemann sebelumnya¬†Thinking, Fast and Slow, kita diajak untuk mengaudit pemikiran diri dan variabel-variabel diluar diri agar berada di keputusan yang benar atau minimal¬†less-harmful. (Anonymous)
  • Mungkin udah banyak yang tau, tapi buat kalian yang belum tau, David Fincher’s¬†movies are lit.¬†Bisa banget buat mengisi waktu pas weekend, apalagi buat penggemar film-film dengan twist ending. Kalau bingung mau mulai dari yang mana, you can start with¬†Fight Club¬†or¬†The Game-available on Netflix. (frn)
  • Kalo kamu suka¬†explore¬†tempat-tempat yang ga¬†mainstream¬†tapi tetep seru dan¬†safe¬†buat solo trip, ide tempat buat di-explore¬†dari YouTube¬†Fontianika Sharing Something¬†bisa dicek.
     
  • Craving for some coming-of-age series? The Hockey Girls di Netflix cocok banget buat dijadiin tontonan! Menurutku ini paket komplit banget. Mulai dari¬†sex education, parenting, romance, achieving dreams, sampai how it feels like being a girl in sport.¬†(Twitter:¬†@bi99w)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“I‚Äôm a great believer in luck, and I find the harder I work, the more I have of it.”
 
-Thomas Jefferson-

Thank you note

Thanks to Amanda, anon & billy for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)