Friday Pause: I’m gonna hit this city 🏎️🚗

428

Hello

Yuhuuu it’s finally Friday! Are you excited? Happy? Relieved? Whatever you are feeling right now, remember that we can always make it better; with podcast, memes, tips, and recs. Yep, we got it all right here. Let’s catch up!


For the love of Meme: Calories don’t count on the weekend….


When the news make you feel overwhelmed…

Iya guys... ngerasa ga sih?
 
With all the things going on in the headlines, mulai dari perang di Ukraina, global warming yang makin mengancam, minyak mahal tapi langka, sampe perpanjangan masa jabatan presiden, kamu mungkin jadi ngerasa kayak: Apa banget woy ni berita??? Kok negatif semua siii? Belum lagi isu-isu hankam yang kadang depresif banget, kayak pembunuhan lah, sexual assault lah, human rights violence lah, dll. Isn’t it too much for you to handle? Yep, begitu lah realita kehidupan sekarang guys, di mana akses seluas-luasnya ke informasi juga ternyata bisa bikin kita overwhelmed dan berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan mental kita.
 
Nah, namun dengan kondisi saat ini yang super update dan connected, rasanya ngga mungkin juga ya kalo kamu bener-bener menutup diri dari akses informasi. Karena mau ga mau, ada aja tu infonya muncul, baik ga sengaja baca, atau dibahas sama temen. Nah, supaya kamu nggak overwhelmed dengan banyaknya berita buruk belakangan ini, kamu harus tahu nih bahwa ada juga cara-cara untuk mengonsumsi berita in a healthier way. Ini dia daftarnya. Leggoooo.
  • Tentuin timing-nya mengkonsumsi berita. Iya tentuin waktunya dalam sehari kamu mau menghabiskan waktu buat baca berita berapa menit, karena walau bagaimanapun, otak butuh “down time” untuk mencerna dan memproses informasi. Jadi, tentukan aja misalnya nih kamu cuma mau baca berita 30 menit, yaudah cukup 30 menit aja. Pake reminder yang belakangan ini udah mulai banyak di handphone-handphone supaya kamu ngga kebablasan gengs.
  • Disiplin. Setelah udah ditentuin timing-nya, ya udah stick to it. Misalnya, kamu udah fix nih, bahwa Senin sampe Jumat mau baca berita dari emailnya Catch Me Up! aja ah biar ga kudet, nah yaudah dicek terus inboxnya tiap pagi guys, jangan sampe lewat EHHEEHE. Para ahli sih bilangnya kalau udah ada waktunya tuh lebih bagus, jadi kamu punya jadwal yang lebih teratur *wink* jam 6 pagi WIB *wink*. However, usahakan jangan baca berita sebelum tidur di malam hari, karena takutnya kamu jadi emosional atau sedih pas bacanya, dan itu tentu berpengaruh buat mood kamu pas mau bobo. Soalnya kan kalo mau bobo tuh harus rileks aja gitu mood-nya.
  • Pilih medium yang paling enak. Ini penting banget guys, kalau kamu merasa paling ke-trigger kalau ngeliat live footage, berarti kamu harus hindari TV. Kamu kan bisa aja nge-consume segala informasi yang nggak menampilkan visual, kayak radio atau podcast gitu. Begitu juga dengan sosial media. Kalo ada akun-akun yang footage-nya triggering, mending dihindari aja guys dan bener-bener follow akun-akun yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Have a trusted friend to fill in. Iya, hal ini juga penting buat kamu yang mau jauh-jauh dulu dari berita tapi teteup mau update sama isu terkini. Minta diceritain aja sama temen kamu, yang mana dia bisa bantu kamu buat nge-filter mana berita yang sebaiknya kamu tahu, mana yang nggak. Atau, biar ga keseringan, kamu bisa minta dia update isu-isu yang kamu concern aja, gausah semua, dan bikin schedule misalnya per minggu atau per 3 harian. Jadi ada jarak dan filter-nya gitu.
  • Have yourself a space from any kind of toxicity. Mau itu temen toxic yang suka broadcast message ga jelas, atau berita-berita yang nge-trigger segala anxiety dan panic attack kamu. Kamu harus inget guysyou are what you consume. Coba deh, relax dikit, have some positive energy lewat bacaan atau tontonan kamu, terus ketawa bareng bestie(s). Kamu juga bisa berusaha stay busy in a healthy way dengan fokus aja sama diri kamu sendiri. Exercise, meditate, read books, atau bobo, yang penting kamu nge-distract diri kamu dari pemberitaan. Yep, hal ini ngaruh banget tuh buat mental state kamu supaya teteup bisa stabil di tengah pemberitaan di media yang lagi banyak negatifnya.
  • Last but not least, subscribe to email kita. Yep, one final message from our marketing team; jangan lupa ajak temen-temen juga buat subscribe emailnya CMU! ya guys! Gratis, gampang, ga ribet, dan yang pasti… we will try to catch you up! as less depressing as possible. Because despite everything, your mental health is the most important <3

Anyway, setelah kamu lakuin hal-hal di atas tapi masih nggak works juga, ada beberapa alternatif lain actually. Kayak, schedule-in worry time, atau distract yourself with volunteering and stuff, and look for professional help.



Now it’s your favorite part, weekly recs!


If you don’t have anything planned for the weekend, here’s some quarantips for you! 
 
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
Advertisement
  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal Jepang yang diguncang gempa magnitudo 7,3, subsidi minyak goreng dicabut, dan NFT masuk ke Instagram. Leggo!
  • Super happy lihat recs di Friday Pause! Aku langsung buka Netflix, YouTube, googling buku, cek podcast. Thank you so mucho 🖤
    Today, aku mau share salah satu buku yang bermanfaat banget, terutama buat yang kerja di startup atau sedang membangun startup sendiri. Judulnya, “The Lean Startup” by Eric Ries. Super insightful dan helpful untuk tim kecil yang masih di Pre-Seed atau Seed stage! Di tempatku, kita review dan diskusi satu chapter setiap minggu.(Twitter: @212trftr)
  • You guys should check out DPR’s music (bukan DPR yang itu yaa). We’re talking about Dream Perfect Regime, independent label yang isinya kumpulan beberapa artis yang making new and distinctive musicality and production. Coba deh dengerin “Nerves“-nya DPR IAN (his album, MITO, is dope!) and Jasmine/Kiss Me-nya DPR Live, then you’ll know how cool they are! (frn)
  • The Little Book of Sloth Philosophy. Bacaan ringan tentang belajar dari cara hidup kukang (sloth) yang super lambat. Kayaknya cuma buku ini yang merayakan kemalasan. Cocok buat yang capek sama hustle culture alias kerja/produktif melulu. Walaupun kita gak bisa hidup selambat kukang, tapi bisa nyoba buat selow dikit dikit. Ga perlu produktif 24/7! (Anonymous)
  • Gara-gara nonton Inventing Anna, disebut-sebut Fyre Festival. Jadi penasaran Fyre Festival apaan, dan ternyata ada dokumenternya di Netflix, Fyre The Greatest Party That Never HappenedDokumenter ini sebenernya ada dua versi dengan latar pencerita yang berbeda pula. Nah untuk yang di Netflix ini latar penceritanya adalah orang-orang dibalik acara Fyre itu sendiri a.k.a tim marketing-nya. Adalah Billy McFarland seorang muda, berani dan berbahaya tentunya hehe.. Punya ide besar membuat sebuah party kelas atas super duper mewah nan eksklusif, menggaet rapper terkenal untuk kolaborasi membuat event, menarik investor dengan jutaan dollar dan endorsement acara yang menggaet Bella Hadid hingga Kendal Jenner untuk promosi acara. Ribuan tiket terjual dengan harga fantastis, namun bukan kemewahan akomodasi yang didapat para peserta pesta saat berada di tempat party Bahama, namun justru seperti gembel di antah berantah. Yup, para peserta pun merasa Billy McFarland melakukan fraud terhadap semua pembeli tiket. Ide fantastis dengan eksekusi meringis.. seru sih rasanya udah ngawang-ngawang ya kan bisa party all day long tapi malah zonk.. so go on check it out !! (Anonymous)
  • Belakangan ini aku suka dengerin podcast yang guest star-nya mba Dian Sastro, dan semua isinya ngerubah cara pandang aku ke dunia banget, coba deh tonton.
  • Aku mau rekomendasiin buku judulnya Pachinko, tentang kehidupan 4 generasi imigran Korea selama di Jepang. Buku ini tebel sih tapi ceritanya bagus dan bakalan ada seriesnya juga sebentar lagi, yang main Lee Min Ho!
  • Kalo kalian perlu tontonan rom-com ringan coba deh nonton Notting Hill nya Julia Roberts. Film lawas kayak gini adegannya ga banyak tapi dialognya on point banget! Tante Julia juga cantik bangeet <3
  • Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“How you love yourself is how you teach others to love you.” 
 
-Rupi Kaur-

Thank you note


Thanks to Dewi for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Advertisement