Friday Pause: Do you get De Javu? 💔

580


Good morning

It’s that weird time of the week when there’s a Friday in between holidays,- and truthfully, you’d probably not in the “work mode” that much, lol. Oh and btw, we have a few announcement to tell: Since International Women’s Day is just next week, we will have a series of talk with female experts on so many different topics. Always tune in our Instagram and see you next week!


For the love of Meme: Can we just… have a peaceful time ffs?


When you and your bestie are meant to be together…

Hi guys!
 
So, raise your hand if your bestie(s) is your best person? Yep, kadang kita bisa sedeket itu sama sahabat, sampe ga heran, dalam beberapa kasus, sohibmu adalah orang terdekatmu, sampe melebihi kedekatanmu sama keluarga atau pasangan. Nah, emang bener nih, as people put it: Your best friend is the sibling you choose for yourself. Kadang mereka orang pertama yang kita kabarin kalo abis putus, atau lagi sedih banget, atau pas hepi-hepi juga maunya bisa berbagi sama sang bestie.
 
Terus, you care of each other so much. Meski yhaa ada lah berantem-berantem dikit, tapi kamu tahu nih, agak ga mungkin membayangkan mereka ga ada di hidup kita. Ada yang udah temenan selama tiga tahun, lima tahun, sepuluh tahun. Or maybe… Belasan or puluhan tahun? Ada kan?? Nah ternyata, menurut para ahli, emang ada semacam signs nih kalau hubungan kamu sama your bestie bakalan stick terus dan stay no matter what dan awet sampai tua. Mau tahu apa aja tanda-tandanya bahwa emang kamu dan bestie-mu bakalan stick to each other for a veeeery long time? Check this out!
  • Celebrate each other’s success. Yess ini penting banget, gengs. Kamu dan bestie-mu emang meant to be together kalo dalam setiap pencapaian yang diraih, kalian selalu saling support dan saling bangga. Mulai dari SMA aja deh, kalo emang bestie-mu dapat nilai tinggi atau masuk PTN yang dia udah mimpi-mimpiin, kamu genuinely happy dan bangga buat mereka. Begitu juga sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa kamu trully care sama mereka, dan artinya, kamu emang tulus pengen mereka bahagia. Kalo udah kayak gitu, otomatis kamu bakal temenan lama kan? Sebaliknya, kalau kalian saling sirik, most likely bakal susah nih me-maintain hubungan, karena ya gimana mau temenan lama kalo pencapaian orang lain justru jadi sumber ketidakbahagiaan kita?
  • It’s all about take and give. Sama kayak hubungan percintaan, konsep take and give ini perlu juga diberlakukan dalam hubungan pertemanan. You can’t just take or give all the time, kan? Misalnya nih bestie-mu manfaatin kamu terus, dan kamu merasa dimanfaatkan. Kalau nggak di-address, lama-lama kamu bakal merasa ga tahan dan eventually walk away from the friendship. Jadi dalam berteman juga harus “saling”, saling bantu, saling dukung, saling ada pas temen butuh. That way hubungan kalian bakalan way beyond benefits, tapi mereka bakal jadi “your go to person” yang ngga sungkan-sungkan kamu tolong, dan kamu tahu mereka juga akan menolong kamu.
  • Komunikasi itu kuncinya. Oke, repeat after us: Apa pun yang terjadi antara gue dan sahabat, gue bakalan komunikasiin ke dia, whatever it takes. Karenaaaaa, apapun masalahnya tuh bakalan lebih mudah kalau diomongin dan dikomunikasiin, biar sepait apapun itu masalah dan resikonya. Jadi, kalo kamu udah di tahap bisa menyampaikan ke sahabat, misalnya: “Gue ga suka nih lo ngacangin gue melulu pas lo udah punya pacar. Gue ngerasa kayak kurang dihargai.” Terus mereka mau dengerin dan mau resolve issue-nya bareng-bareng, artinya they are your bestie. Karena, mereka genuinely care about your feeling, dan kamu juga ngga merasa insecure ketika kamu menyampaikan itu ke mereka. Because deep inside, you know they will listen.
  • Punya common interestsWell, banyak yang bilang kalau persahabatan yang oke itu dibangun dari common interest. Bisa jadi karena sama-sama into skincare and make up misalnya, atau karena sama-sama into crypto (Who knows?). Karena dari situ kan pasti jadi lebih sering cerita, sering sharing, dll. Makanya dari situ hubungannya juga bisa langgeng. Tapi ya kalaupun gaada common interest bukan berarti persahabatan kamu ga bakal langgeng gengs. Tetep aja yang paling penting dari semua hubungan adalah usaha. Usaha untuk lebih pengertian, usaha untuk ada pas mereka butuh, even usaha untuk bisa ketemuan at least sekali seminggu juga buat kamu-kamu yang udah kerja merupakan bentuk komitmen kamu untuk persahabatan kalian.
  • Respect each other’s decision. Sekalipun kamu dan bestie punya banyak kesamaan, tapi pasti ada aja yang beda. Ntah itu cara berpikir, value, atau yang lain-lain kan. Nah, kalau misalnya kamu dan bestie kamu bisa menghargai keputusan masing-masing tanpa maksa atau saling nge-judge, itu juga bisa jadi salah satu tanda bahwa your friendship is meant to last. Tapi inget ya guys, aturan ini ngga berlaku kalo you or your bestie’s dating a sc*mbag.
  • Grow together, evolve the relationship. Yha namanya hidup kan nggak gini-gini aja. Pasti bakal terus berkembang, misalnya dari SMA, terus masuk dunia kerja, nikah, berumah tangga, punya anak, dll. Dalam fase-fase itu, people might change, but the good news is, you might also change, and you’re growing together. Yep, pastikan bahwa kamu dan bestie-mu selalu bersama dalam berbagai fase kehidupan, atau kalau emang ngga memungkinkan, at least
    Advertisement
     komunikasi dan updates-nya ngga terputus. That way hubungan kamu dan sahabatmu bakal makin erat, because you’re practically growing up together.
  • Last but not least, always know what to do. Yes, temen yang baik, yang bakalan stick lama sama kamu, bakalan tahu apa yang harus mereka lakukan walaupun mungkin kamu nggak suka itu. Misalnya, dia liat pacar kamu jalan sama orang lain. Walaupun ini bakal nyakitin buat kamu, tapi mereka bakal tell you anyway, because you deserve to know, and you deserve someone better. Nah abis itu… mereka juga ga akan ninggalin kamu patah hati sendirian. Mereka bakal berusaha untuk selalu ada buat kamu, atau at least check in every now and then supaya kamu ngga sedih terus.


Now, here comes the weekend tips!


Yep, as always, we’re practicing democracy here in this email. So if you have any fun/cool things you want the world to know, share it! 
 
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal TNI-Polri disusupi paham radikal? Sanksi buat Rusia, dan JHT balik ke aturan lama!
  • Our International Women’s Day IG Talk today with dr. Puteri. Yep, it’s all about you, women!
  • Ok so I’m late joining the hype but seriously, EP Nadin Amizah yang terbaru “Kalah Bertaruh” itu bagussssss banget. Cuman lima lagu, dan liriknya puitis khas Nadin banget. Cocok banget buat didengerin pas lagi me time, atau didengerin di mobil pas jalan pulang. Duh. Oya, tonton live session-nya “Cinta dan bentuk kalah lainnya” biar makin nge-feel sama lagu-lagunya, guys!
  • Aku rekomen dengerin “Jikjin” dari Boygroup Treasure. Ini tipikal lagu YG jadi buat kalian yang demen musiknya Bigbang, Blackpink dan kawan kawan this might be your cup of tea. @lippietonin on Twitter.
  • Aku mau rekomendasiin lagu yang biasanya aku dengerin pas malem-malem atau pas hujan juga cocok, judulnya Flower dari grup iKON. Lagu mereka beragam sih, coba dengerin yang lain juga gapapa soalnya lagu mereka enak-enak. Kalo aku juga biasanya dengerin Just Go sama Don’t Forget sebelum tidur. (Nsty)
  • Kita udah denger kabar bahwa Rusia dan Ukraina sedang suasana panas. Turut berharap semua segera mereda. Btw aku punya rekomendasi novel yang berlatar di era Perang Dunia ke II yaitu Dua Belas Pasang Mata (Twenty Four Eyes) – Sakae Tsuboi. Novel ini diambil dari sudut pandang seorang guru, ibu, dan istri yang harus kehilangan orang di sekitarnya. Di novel ini kita juga akan sedikit dikenalkan tentang Pasifisme. Semoga kalian suka. Sehat selalu guys @buka_bukuku1
     
  • Mau merekomendasikan animated movieEncanto (2021). Aku baru nonton ini, dan di sini banyak nyanyi2, suara casts-nya bagus-bagus. Ga heran masuk Oscar Nomination 2022.Cocok untuk anak-anak, jadi kebawa joget. Genre film ini comedy (dikit), family, heart warming. Banyak dibikin terharu dan sedihnya, mungkin yang perlu di-highlight di sini “i love my family”, trigger warning untuk yang mau nonton ini hehe afiafz (ig)
  • Mau rekomendasiin film Downfall yang ada di Netflix, jadi tau di balik kecelakaan pesawat Lion Air itu kesalahannya ada dimana. Cheers!
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“You educate a man; you educate a man. You educate a woman; you educate a generation.” 
 
-Brigham Young-

Thank you note


Thanks to Meta, Cya, Ibrahim, rakhirunnisa, & hamba allah for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Advertisement