Corona Updates 7 Maret 2022

41

Mondays always start with… COVID-19 updates.

Things are looking good in so many parts of the world. But still, mask on, and let’s catch up!


From home.

  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di Indonesia menjadi 5.723.858 kasus, dengan kasus aktif 500.418 angka sembuh 5.073.522 dan kasus meninggal 149.918.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (1.194.129 kasus), Jawa Barat (1.032.032 kasus), Jawa Tengah (590.810 kasus), Jawa Timur (548.148 kasus), dan Banten (272.371 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 191.835.428 dan vaksinasi kedua 147.280.509 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Jumat lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan bahwa selama dua tahun pandemi ini, pemerintah provinsi Jawa Barat udah kehilangan Rp5 Triliun. Kang Emil bilang, hal ini terjadi karena anggaran yang harusnya udah bisa dipakai buat bangun jalan dan infrastruktur lain itu harus dialihkan dulu buat penanganan COVID-19 sama Bansos. Meski begitu, Kang Emil tetap memastikan bahwa kalau pandemi udah lewat, maka pemerintah bakalan fokus lagi bikin jalan, jembatan, sampai rumah ibadah.
  • Per Sabtu kemarin, udah ada sebanyak 429 tenaga kesehatan aka nakes di Kulon Progo, Yogyakarta yang terkonfirmasi positif Covid. Disampaikan Jubir Satgas Covid Kulon Progo Baning Rahayujati, para nakes tadi tertular dari lingkungan tempat tinggal, bukan dari pasien. Jadi walaupun udah banyak yang positif kayak gitu, layanan kesehatan masih tetap buka. Pun juga 264 nakesnya masih isolasi di rumah aja.
  • Jubir Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menyebut bahwa di akhir Februari kemarin, udah ada 15 provinsi yang mengalami tren penurunan kasus COVID-19. Adapun provinsi yang dimaksud adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, sama Papua Barat. Sama satu lagi Sulawesi Selatan yang joined the group per Rabu minggu lalu.
  • Mulai hari ini, pemerintah bakal menguji coba aturan masuk Bali bebas karantina buat para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang udah divaksinasi COVID-19 lengkap serta booster. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Sabtu kemarin. Pak Sandi berharap kebijakan ini bisa jadi kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu.
  • Belakangan ini, beredar potongan Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 9/2022 yang berisi soal keterangan bahwa pandemi udah dicabut. Nah, hal ini kemudian dikonfirmasi oleh Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari yang menyebut bahwa surat itu hoaks, jadi jangan percaya ya gengs.

Meanwhile, Internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 445.141.070 kasus dan 5.995.315 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (79.265.854 kasus), India (42.962.953 kasus), Brazil (29.040.800 kasus), Prancis (23.191.580 kasus), dan Inggris (19.256.835 kasus).
  • Kabar gembira buat hadirin hadirot yang mau naik haji, karena baru aja Sabtu kemarin, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan kalau orang-orang yang datang ke sana nggak perlu lagi buat tes PCR atau dikarantina. Covid restrictions lain juga udah dilonggarkan kayak di masjid nggak perlu lagi social distancing, terus orang-orang kalau di luaran nggak perlu lagi pakai masker. Yang masih harus pakai masker cuman kalau lagi di dalam masjid atau keadaan indoor lainnya doang.
  • Di Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) minggu lalu baru aja mengumumkan bahwa akhir dari pandemi udah dekat. Hal ini diketahui dari data yang dikumpulkan CDC, di mana jumlah daerah dengan angka covid-19 yang tinggi turun dari 1.200 daerah pada 24 Februari lalu, jadi 472 daerah pada 3 Maret. Nah, seiring dengan makin rendahnya penularan ini guys, maka diyakini per musim panas mendatang, kondisi di sana udah berangsur normal.
  • Mulai minggu ini, Belgia bakal mulai menyudahi berbagai aturan pembatasan sosialnya, dan warga udah ga harus pake masker lagi. Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Alexander De Croo dalam keterangan resminya Jumat lalu. Kata Pak Alex, pake masker jatohnya sebagai rekomendasi aja, dan cuma diwajibkan buat mereka yang berusia 12 tahun ke atas, atau di transportasi umum. Terus COVID-19 Safe Ticket, kayak PeduliLindungi-nya di kita, udah ngga perlu diperlihatkan lagi kalo mau masuk ke tempat-tempat hiburan atau mengunjungi event.
  • Di Asia, Jepang juga bakal makin melonggarkan aturan perbatasannya, di mana pemerintah bakal meningkatkan jumlah pengunjung dari luar negeri yang boleh masuk ke negara tersebut. Dalam keterangannya minggu lalu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyebut bahwa jumlah orang yang boleh masuk ke Jepang meningkat dari 5.000 orang jadi 7.000 orang per hari, dan buat pelajar dari luar negeri, bakal ada kategori terpisahnya. Hal ini dlakukan demi mendatangkan lebih banyak pelajar dan pekerja dari luar negeri ke Jepang.
  • Due to invasi Rusia ke Ukraina, pemerintah Irlandia udah mencabut berbagai Covid restictions yang berlaku di negaranya. Menteri Kesehatan Irlandia Stephen Donelly baru aja mengumumkan minggu lalu bahwa international travelers yang mau masuk Irlandia udah nggak perlu lagi nunjukin bukti vaksin, atau tes PCR. Hal ini dilakukan biar orang-orang yang mau terbang ke Irlandia jadi lebih mudah, terutama orang-orang Ukraina. Pun case di sana udah positif banget progresnya, makanya restrictions-nya bisa dikendorin.
  • Western Australia dengan ibu kota Perth, yang jadi daerah paling luas di Aussie Kamis kemarin resmi membuka kembali border mereka for the first time ever sejak ini pandemi COVID-19 menyebar. Meski begitu, aturan ini cuma berlaku buat yang fully vaccinated doang. Jadi Kamis kemarin ada 5 ribuan orang yang datang ke Perth dan bakalan nambah lagi nambah lagi in upcoming weeks. FYI guys, Western Australia ini jadi state yang paling akhir buka border, selang empat bulan sama Sydney, kota terbesar mereka buka border.