China Eastern Airlines Jatuh

40

What are people mourning about?

Airline crash, in China.
Kabar duka kembali datang dari dunia penerbangan guys, di mana kemarin, sebuah maskapai penerbangan asal China, China Eastern Airlines mengalami kecelakaan. Pesawat ini membawa 132 orang dan jatuh di sebuah gunung yang berlokasi di Guangxi, China Selatan.
 
🙁 tell me more.
Menurut keterangan resmi dari China’s Civil Aviation Administration, penerbangan pesawat Boeing 737-800 itu berangkat dari Kota Kunming menuju Guangzhou, ketika pesawatnya mulai hilang kontak ketika tengah terbang di atas kota Wuzhou. Dari 132 orang yang onboard, sembilan di antaranya adalah crew members, dan so far udah dikonfirmasi bahwa nggak ada warga negara asing di penerbangan tersebut.
 
Terus terus…
Nah sejauh ini, otoritas setempat menyebut bahwa enggak ditemukan tanda-tanda penumpang yang selamat. Selain itu, belum ditemukan juga ni penyebab kecelakaannya, dan otoritas sana lagi terus melakukan investigasi. Terkait kecelakaan ini, Presiden China Xi Jinping juga udah memerintahkan tim SAR buat melakukan upaya pencarian dan penyelamatan, dan supaya segera ditemukan penyebab kecelakaannya. Sejauh ini, pemerintah China udah menurunkan sampe seribu petugas untuk melakukan upaya SAR tadi.
 
Hiks…
Selanjutnya menurut data dari FlightRadar24, pesawat China Eastern berangkat dari kota Kunming pada pukul 13.11 waktu setempat. Lalu pelacakan penerbangan berakhir pada pukul 14.22 waktu setempat di ketinggian 982 meter atau 3.225 kaki, dan kecepatan 376 knot. Harusnya, pesawat ini mendarat di Guangzhou pada pukul 15.05 waktu setempat.
 
Ini pesawatnya dari Boeing ya?
Yep, tapi in case you’re wondering, ini bukan pesawat 737-Max yang mengalami kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia pada 2018 lalu, bukan guys. Pesawatnya kali ini adalah Boeing 737-800, dari series yang lebih lama, dan udah berumur sekitar tujuh tahun. Meski begitu, pesawat ini diketahui punya rekor safety yang yang bagus banget. Meanwhile, sebagai negara dengan aturan penerbangan paling ketat di dunia, China masih belum membolehkan pesawat 737-Max untuk mengudara. Nah seiring dengan kecelakaan ini, saham Boeing langsung anjlok hingga 8 persen. Selain Boeing, saham China Eastern Airlines yang udah terdaftar di bursa saham AS juga ikut terjun bebas hingga 15,8 persen usai kejadian tersebut.
 
Anything else?
FYI guys, kecelakaan ini bisa jadi merupakan kecelakaan terburuk sepanjang satu dekade terakhir, secara negeri Tirai Bambu itu udah lebih dari satu dekade ini enggak pernah mengalami yang namanya kecelakaan pesawat, thanks to regulasi yang ketat dan pesawat yang masih baru. Adapun kecelakaan penerbangan terakhir sebelum ini adalah back in 2004, ketika penerbangan dari Kota Baotou di Mongolia menuju Shanghai jatuh ke danau beku yang menewaskan 55 orang. Adapun penyebab dari kecelakaan tersebut adalah es yang yang ditemukan di sayap pesawat.