Bank Dunia Menunda Pencairan Dana Bantuan Afghanistan

35

Who’s not gonna get their money?

Taliban.
 
Yoi, kelompok konservatif Taliban yang kini tengah berkuasa di Afghanistan lagi-lagi harus gigit jari gara-gara nggak dapat duit dari bantuan internasional. Hal ini karena kemarin, Bank Dunia memutuskan untuk menunda dulu pencairan duit bantuan kemanusiaan buat Afghanistan senilai US$600juta.
 
Kok bisa sehhh?
Gara-gara php-in para murid cewek guys. Iya ni, kamu pasti masih inget kan soal Taliban yang awalnya udah bilang bahwa mereka bakal ngebuka lagi sekolah buat anak-anak cewek kelas 6 and higher. Namun, literally beberapa jam sebelum waktu yang dijanjikan terjadi, Taliban ujug-ujug meng-cancel pembukaan itu. Padahal anak-anak cewek ini udah berbulan-bulan ngga sekolah. Adapun alasan peng-cancel-an Taliban adalah karena mereka masih memproses aturan sekolah buat cewek yang sesuai dengan syariat Islam. Namun buat lembaga internasional, hal ini red flag banget karena isu perempuan, kesetaraan gender, sampai hak menempuh pendidikan buat semua anak adalah isu penting banget yang harus dipenuhi haknya klo u mau dapet duit.
 
Terus terus?
Nah yaudah, karena ulahnya Taliban ini, akhirnya World Bank aka Bank Dunia, melalui Afghanistan Reconstruction Trust Fund aka ARTF harus ngambil tindakan dengan nge-freeze bantuan dana buat empat project di Afghanistan senilai US$600juta. Padahal rencananya, uang segitu bakal dipakai buat project di bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, dan kehidupan masyarakat sehari-hari buat masyarakat sana.
 
Got it. 
Yep, padahal awal bulan kemarin, World Bank udah nge-acc bantuan senilai US$1 Miliar buat project-nya ARTF. Tapi karena ada php tadi, World Bank langsung ngeluarin guidance yang intinya kalau mau ni duit cair, Taliban harus ngedukung kesetaraan gender dan akses ke hak dan pelayanan buat anak-anak perempuan di sana. Termasuk dengan ngebolehin mereka belajar di sekolah no matter what. Dananya sendiri bakalan di-unfreeze kalau tujuan World Bank dan organisasi internasional lain sama kebutuhan masyarakat Afghanistan bisa match.
 
Got it. Anything else I should know?
For context, ARTF itu adalah organisasi lama yang dibekukan sama Taliban setelah mereka akhirnya take over pemerintahan Afghanistan pada Agustus lalu. Padahal, Afghanistan itu ketergantungan banget dengan dana bantuan internasional, di mana 70% pengeluaran mereka berasal dari foreign aid. Nah karena di-freeze ini, ekonomi Afghanistan udah hampir collapse dan jumlah orang miskin makin banyak. However, setelah tau pengumuman WB tadi, pemerintahan Taliban udah menyatakan bahwa anak perempuan udah bisa sekolah bulan ini.