751 Dokter Meninggal Dunia Sejak Pandemi COVID-19 Dimulai

54

When there’s some grim stats on COVID-19…

On tenaga kesehatan, especially doctor…
 
Iya ni guys, ada data yang menyedihkan banget soal angka kematian dokter dan keluarganya sepanjang pandemi covid-19. Jadi baru aja disampaikan oleh Tim Mitigasi Pengurus Besar IDI kemarin, bahwa berdasarkan data yang mereka miliki, per 13 Maret 2022 kemarin, tercatat sebanyak 751 orang dokter yang lost the battle dan meninggal dunia sejak pandemi COVID-19 mulai dua tahun yang lalu.
Nah terus, dibanding tahun 2020 yang mencatat 252 kematian dokter, tahun lalu alias tahun 2021, tingkat kematian dokter naik lebih dari setengahnya, yaitu di angka 495 orang. Oh, in case you’re wondering, di bulan ketiga tahun 2022 ini, udah ada empat orang dokter yang juga meninggal dunia. So sad 🙁
 
FYI, adapun dokter-dokter yang meninggal dunia itu ngga hanya dokter umum aja, tapi juga ada dokter spesialis dan residen alias dokter umum yang lagi pendidikan spesialis.  Adapun provinsi di mana tingkat kematian dokter tertinggi itu terjadi di Jawa Timur, dengan 169 orang. Lalu disusul Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara. Nah itu Top 5 nya tuh guys, dari tingkat kematian dokter tertinggi di Indonesia.
 
Docs, thank you for your service 🙁