2.5 Juta Warga Ukraina Jadi Pengungsi di Luar Negeri

56

When things are getting more concerning in Ukraine…

Yep, it’s been two weeks since the Russian invasion to Ukraine began.
Dan sejauh ini, udah ada lebih dari 2,5 juta warga Ukraina yang menjadi pengungsi di luar negeri setelah meninggalkan negaranya. Angka ini disampaikan oleh Komisioner UNHCR Filippo Grandi dalam keterangannya kemarin waktu setempat.
 
Ouch… that’s a lot…
Yep, dan kata Filippo, saat ini jumlah pengungsi dari Ukraina ini adalah yang paling cepat pertambahannya di Eropa sejak Perang Dunia II. Karenanya, Uni Eropa juga harus bersiap-siap dengan isu baru, yakni refugee crisis di mana negara-negara tujuan bakalan menampung para pengungsi tadi. Menurut Filippo, kondisi dengan Ukraina saat ini tuh jadi ngingetin sama refugee crisis yang terjadi juga di tahun 2015 lalu, di mana Eropa kedatangan hampir satu juta pengungsi dari Suriah.
 
Go on…
Nah dalam hal Ukraina ini, kebanyakan pengungsi yang meninggalkan negaranya adalah perempuan dan anak-anak, secara kan emang cowok-cowok di Ukraina dilarang meninggalkan negaranya untuk ikut bertahan melawan agresi militer Rusia. Adapun para pengungsi ini paling banyak ditampung oleh Polandia dengan jumlah pengungsi mencapai 1,7 juta, selanjutnya ada Hungaria (255.000), Slovakia (205.000), hingga Moldova (107.000).
 
Di situ-situ aja jadinya?
Engga guys, ini literally hampir ke seluruh Eropa. Jadi di Jerman, udah ada sekitar 123ribu pengungsi yang nyampe per minggu lalu. Tapi tuh Jerman ngga memberlakukan pemeriksaan perbatasan antara Polandia dan negaranya, jadi bisa jadi jumlah yang masuk lebih dari itu. Terus juga Perancis udah menerima 7.251 refugees, Inggris udah ngasi visa ke 760 Ukrainians, dan di seantaro Eropa, negara-negara kayak Austria, Kroasia, Estonia, Yunani, Irlandia, Italia, Lithuania, Belanda, Portugal dan Swedia masing-masing tuh udah menerima ribuan pengungsi Ukraina.
 
I see…
Across the pond, Kanada dan Amerika Serikat juga udah menyatakan komitmennya buat menampung para refugees dari Ukraina ini. Minggu lalu, Kanada ngumumin bahwa pihaknya bakal mempercepat proses aplikasi buat warga Ukraina yang daftar permanent residency biar buru-buru di acc. Gitu juga dengan Amerika Serikat yang udah menegaskan komitmennya untuk menampung para pengungsi ini.
 
Hiks 🙁 Anything else?
Well, selain para pengungsi yang udah meninggalkan negaranya, UNHCR juga memperkirakan bahwa ada sekitar 12 juta orang yang masih tinggal di Ukraina yang membutuhkan bantuan kemanusiaan. Terus seiring dengan makin lamanya invasi ini berlangsung, maka supply kebutuhan pokok di sana juga makin menipis, di mana mulai banyak daerah yang mengalami kelangkaan makanan, obat-obatan dan penghangat. Terus guys, kalau invasinya berlarut-larut, maka EU memprediksi bahwa jumlah refugees Ukraina di luar negeri nantinya bisa mencapai 7juta orang.