Rusia & Ukraina Semakin Panas, BNPB : Lebih Dari 5,000 Bencana Alam Terjadi di Indonesia Tahun 2021, Kapal Kargo Terbakar di Laut Portugal, Penyakit Jantung Jadi Efek Jangka Panjang Terkena Covid-19

154

Hello there,

Hi hi. Welcome to Thursday. It’s so weird that we realllly couldn’t find tempe and tahu yesterday, and also, cooking oil is disappearing from grocery store shelves. So, in this weird time, we hope you can still find comfort in your food. Enjoy.


Another chapter to anticipate from….

Ukraine VS Russia.
Iya guys, kali ini kita masih bakal bahas konflik yang terjadi sama Rusia dan Ukraina yang sekarang makin panas nih, setelah Senin lalu waktu setempat, Presiden Rusia Vladimir Putin yang lagiii JUJUR gajels maunya apa, mengakui kemerdekaan dua wilayah di Ukraina yang pro-Rusia, namanya Donetsk dan Luhansk.
 
Terus kenapa?
Well, imagine kalo kita NKRI punya daerah yang pengen merdeka. Let’s say namanya “Provinsi Impor Terus”. Nah Provinsi ini tuh emang secara historis deket banget sama Malaysia, misalnya ya. Terus tiba-tiba, Perdana Menterinya Malaysia bilang, “Eh itu gue mengakui ya bahwa Provinsi Impor Terus adalah negara merdeka. Bukan bagian Indonesia lagi.” Gimana perasaan kamu?
 
Ya bete lah.
Exactly. Itulah yang dirasakan sama Ukraina pas Putin ngomong begitu. Tapi emang si Donetsk dan Luhansk ini (let’s call them DL) adalah dua daerah separatis pro-Rusia yang pengen merdeka dari Ukraina. Mereka yang berbatasan langsung dengan Rusia ini bahkan dipimpin sama pemimpin yang pro-Rusia, dan pada referendum di tahun 2014 lalu, warga DL emang pengen join Rusia aja. Terus yha keinginan ini bersambut dengan Putin yang dalam pidatonya di televisi itu bilang bahwa: Ya gue ngakuin mereka adalah negara republik, merdeka, termasuk undang-undangnya, pokoknya mereka merdeka titik.
 
Idih buset…
Nah, as if pidatonya itu belum cukup bikin dunia heboh, Putin kemudian ngirim tentara Rusia ke DL tadi dengan alasan buat menjaga perdamaian. OK at this point kebayang ga guys banyaknya tentara itu di perbatasan Ukraina dan Rusia? Jadi sebelumnya udah ada 150ribuan tentara yang di-deploy emang udah beberapa lama, terus ditambah lagi dengan masuknya tentara khusus yang ke DL ini, dan jadinya suasananya makin mencekam dan hawa-hawa perang makin terasa.
 
Pak Putin gaada tukad-tukadnya ya…
Well, sebenernya doi juga mengumumkan ini setelah sebelumnya, DPR di sana yaitu the Federation Council secara bulat mendukung Putin untuk menempatkan “tentara penjaga perdamaian”-nya di dua wilayah tadi. At the same time, langkah Putin ini bikin banyak negara Barat (which Putin gedeg banget) menganggap bahwa doi mau menginvasi Ukraina, tapi kata Rusia sih, lha kan w bebas mo menempatkan tentara di mana aja, selama masih di dalem teritori gue….
 
Tapi sebenernya mau dia apasi?
Maunya sebenernya udah jelas banget guys: Amerika Serikat dan kawan-kawannya di NATO aka North Atlantic Treaty Organization (NATO) harus berjanji untuk jangan pernah menerima Ukraina jadi anggota, karena hal ini bisa mengancam keamanan nasional Rusia. Kenapa? Karena letaknya yang berdekatan, dan NATO ini punya perjanjian bahwa satu diserang, semua diserang. Jadi Rusia males banget kan kalo Ukraina nge-geng sama negara-negara Barat gitu, secara doi melihat NATO sebagai ancaman. Kayak, kamu punya tetangga, tapi tetangga itu nongkrongnya sama musuh kamu mulu. Sebel kan.
 
Nah kalo gitu NATO tinggal nolak aja kan?
Tidak semudah itu, Fernando. Karena NATO punya aturan “Open Door Policy” di mana siapa aja dari Eropa boleh join. Tapi Putin sih liatnya ga gitu. Masih dalam pidatonya yang super lama Senin kemarin, Putin bilang emang NATO ngeliat Rusia ini sebagai ancaman juga buat negara Barat. Makanya mereka ga mau janji. Terus ada yang menarik ni guys, kata Putin: Ya iya sih, negara-negara Barat pada bilang ke gue, “Ngapain sih lo khawatir banget, kan Ukraina ga bakal jadi anggota NATO besok juga.” And he was like, “Iyaa ga besok tapi bisa besoknya lagi, dan lagi, jadi mending lo semua janji untuk ga nerima sama sekali,” to which NATO gamau.
 
Rumit yha…
Iya. Nah guys, terkait pengakuan Rusia ini, Ukraina sendiri bilang bahwa mereka ga gentar dan ga akan nyerah pada siapa pun. However, everybody knew... bahwa walaupun di-backup sama negara-negara NATO, Ukraina dan tentaranya ga akan bisa bertahan nih kalo diserang Rusia, karena kekuatan militer Rusia sekuat itu.
 
Ay lord. Anything else?
Well, now everybody is still holding their breaths soal langkah Putin selanjutnya. Namun kamu perlu tahu guys bahwa deklarasinya Putin ini langsung mendapat reaksi dari negara-negara di dunia. Misalnya, Presiden Biden of the US langsung ttd Perpres yang memerintahkan dihentikannya seluruh kegiatan bisnis AS di kedua wilayah tadi. Terus, Uni Eropa juga udah setuju untuk menjatuhkan sanksi ke Rusia, to which Putin reacts, “Yaealah w diblackmail lagi.” Terus China, yang sohibnya Rusia bilang bahwa yaa w concern, dan ada Jepang yang dengan tegas menyatakan bahwa mereka siap ikut menjatuhkan sanksi pada Rusia kalo Putin melakukan invasi. Eh tapi ada yang dukung Putin ni guys, yaitu Presiden Suriah Bashar Al-Assad yang bilang doi bakal kerja sama ama dua daerah tadi.

What’s happening so often in Indonesia?

Price hike on everything?
That. But also, natural disasters. 
 
What happened?
Iya guys, jadi baru aja ni, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan hasil catatannya bahwa di tahun 2021, telah terjadi lebih dari lima ribu bencana alam di seluruh Indonesia. Akibatnya, masyarakat yang terdampak juga ga sedikit, dan kerusakan infrastrukturnya juga parah banget ni guys.
 
Tell me more
Okay. Jadi kemarin, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Abdul Muhari, menjelaskan bahwa bencana-bencana yang terjadi di tahun 2021 didominasi oleh bencana yang sumbernya dari curah hujan, suhu dan angin (Kayak kekeringan, banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, hingga puting beliung). Nah bencana ini dinamai juga Bencana Hidrometeorologi. Adapun frekuensi bencana yang terjadi di tahun 2021 tuh naik dibanding tahun 2020, sampai 16,2% kenaikannya.
 
Whoaaaa
Yep. Pak Abdul juga menjelaskan detailnya, yakni kita mengalami 24 kali gempa bumi, 15 kali kekeringan, dan satu erupsi gunung berapi. Nggak cuma itu, kita juga mengalami 1.794 banjir, 1.577 cuaca ekstrem, 1.321 tanah longsor, dan 579 kebakaran hutan sepanjang tahun 2021 kemarin. Terus, in case you’re wondering, bencana alam tuh paling banyak terjadi di Jawa Barat guys. Dengan 1.358 kali bencana yang udah dialami warga sana. Di bawah Jawa Barat, ada Jawa Tengah, Jawa Timur. Aceh, dan Kalimantan Selatan.

Tell me more about the damage…
Ya itu parah juga sih. Dari ribuan bencana alam yang terjadi sepanjang 2021, ada ratusan ribu warga yang terdampak. Plus, infrastruktur kayak jalan, jembatan, perumahan warga, dan fasilitas umum juga mengalami kerusakan guys. Masih dari data BNPB, ada sekitar 4 ribuan fasilitas umum yang rusak di seluruh Indonesia gara-gara bencana, terus ada 150 ribu rumah warga yang juga ikut terdampak karena bencana alam.
 
Sad 🙁
Tru :(. Jadi kalo kamu masih inget, di Desember tahun lalu ada kejadian Gunung Semeru erupsi. Akibatnya, terjadi banjir lahar panas yang mengarah ke rumah-rumah warga hingga warga jadi harus dievakuasi. Selain itu, erupsi ini juga menyebabkan kabut abu vulkanik yang parah banget dan akibatnya, ada sekitar 50 orang yang meninggal dunia. Selain Semeru, ada juga banjir di Sintang yang for the first time in forever, bertahan sampe berbulan-bulan karena emang hutan-hutan di sana udah abis banget dialihfungsi. Saking parahnya, Pak Jokowi sampe melakukan kunjungan ke Sintang, Kalimantan Barat untuk melihat langsung kondisinya. Di kejadian ini guys, ada 25 ribuan kepala keluarga yang terdampak.
 
What about gempa?
Ada juga. Selain di Jakarta beberapa waktu lalu, gempa juga terjadi di Mamuju dan Majene, Nusa Tenggara Barat yang menyebabkan dua ribu masyarakat dievakuasi dari tempat tinggal mereka. Terus ada juga gempa NTT yang kekuatannya sampai 7,4 SR, di mana gempanya terasa sampai ke Labuan Bajo, Adonara, sampai ke Maumere.
 
Banyak ugha sih ni. Did anyone say anything?
Nah terkait kondisi ini, BNPB udah dapat arahan dari Presiden Jokowi buat mengawal semua proses rehabilitasi dan rekonstruksi sampai orang-orang yang terdampak bencana bisa hidup kembali selayaknya sebelum bencana terjadi. Pak Suharyanto selaku Kepala BNPB juga menyebut bahwa hal itu mereka lakukan, misalnya pas terjadi gempa di Jawa Barat awal tahun 2021 kemarin. Kata Pak Yanto, udah ada seribuan rumah yang lagi otw dibangun, terus hampir 200an rumah yang udah ready dan siap ditempati lagi.
 
Harus ada langkah pencegahan gitu gak si?
Iya ada. Masih dari Kata Pak Suharyanto, pencegahan sama mitigasi bencana tuh penting banget, gengs. Program-programnya juga udah disiapkan mulai dari kajiannya kayak gimana, terus gimana prepare buat peringatan dini, komunikasi krisis, sama evakuasi masyarakat nanti gimana itu juga penting gengs buat pencegahan sama mitigasi bencana ini.
 
I see. Anything else?
Btw kamu kamu juga harus tahu bahwa keberadaan media maupun media sosial tuh penting banget sangat tengah menghadapi krisis maupun bencana. Hal ini karena media bisa menjadi salah satu sarana untuk mengedukasi masyarakat, biar proses pencegahan dan mitigasi sama rekonstruksi dan rehabilitasi orang-orang terdampak juga bisa makin lancar, gengs. Gitu juga dengan sosial media. Yang penting jangan menyebarkan info-info hoaks yang bikin warga makin panik ya gengs.

When you loooove fancy stuff…

You really need to read this story.
 
What happened?
Jadi gini guys, minggu lalu ada sebuah kapal kargo yang terbakar di laut Portugal. Jadi kapal yang bernama Felicity Ace ini rencananya mau cusss dari Jerman ke Rhode Island di Amerika Serikat, tapi yha kebakaran tadi gengs. Dan yang bikin miris, kapalnya ini membawa 4ribuan unit mobil mewah yang semuanya udah ga terselamatkan.
 
Whaaaaat???
Iya, jadi mobil-mobilnya ini rencananya emang mau dijual di AS, dan merek yang dibawa adalah Audi, Lamborghini, Volkswagen, Porsche hingga Bentleys. Nah sekarang, kapalnya masih terombang-ombing di lautan dengan api yang udah padam karena diyakini, ehem, udah gaada yang bisa dilalap api lagi. Artinya, mobil-mobil tadi udah ludes semua guys. Nah adapun crew kapalnya selamat semua dan udah dievakuasi sama pihak berwenang setempat.
 
Mereka nggak papa kan?
Nggak papa. Dari official statement-nya angkatan laut Portugal, dijelaskan bahwa nggak ada yang luka dari kejadian ini. Crew kapal yang jumlahnya ada 22 orang itu juga udah langsung dibawa ke hotel deket situ buat pemeriksaan lebih lanjut. Terus, sampe sekarang penyebab kebakarannya juga masih diinvestigasi karena belom ketauan.
 
OK…
Nah kalo kamu mau tau total kerugian dari kebakaran ini, jeng jeeeeng jumlahnya mencapai setengah miliar US$. Yep, jadi nilai harga semua mobilnya aja tu mencapai US$334,5 juta, terus salvage cost-nya mencapai US$150juta, dan semua itu yaudah guys ilang aja. Pihak berwenang bilang, kalo nanti apinya udah reda dan kapalnya udah dianggap aman, maka kapal tersebut bakal diderek aja ke daratan terdekat baik di Eropa atau di Kepulauan Bahama.
 
OMGGGG 
Nah guys, hal ini tentunya amsyong banget buat para produsen mobil yang mobilnya on board. Porsche sendiri udah ngirim surat ke para dealer bahwa mobil-mobil baru bakal segera dibikin lagi ASAP. Yep, Porsche bisa dibilang rugi banget karena di kapal itu, mereka punya 1,100 mobil termasuk Porsche terbaru, new 2022 Porsche Boxster Spyder. Selain itu, mobil-mobil mewah hasil custom mereka juga abis semua. Wadawwww…
 
OK. Anything else?
Well, terkait insiden ini, pengamat asuransi Suki Basi bilang bahwa hal ini tuh menunjukkan bahwa emang dunia supply-chain itu sensitif dan sangat-sangat beresiko. Terus, kejadiannya juga bad timing banget, di mana saat ini tengah terjadi krisis pasokan bahan baku mobil, hingga menyebabkan terhambatnya proses pembuatan mobilnya itu sendiri.

When you need more reasons to keep your guards up…

Towards COVID-19.
 
Iyaa, buat kamu-kamu yang belum kena COVID-19, kamu harus hati-hati banget ya guys, jangan sampe ketularan. Karena ternyata, kena Covid tuh punya efek jangka panjang terhadap kesehatan jantungmu. Yep, dalam data terbaru dari Kemenkes-nya Amerika Serikat, diketahui bahwa orang-orang yang udah pernah positif Covid tuh punya resiko besar kena penyakit kardiovaskular dalam jangka waktu satu tahun setelah kesembuhan mereka.
 
Dalam hasil penelitian yang di-publish di Jurnal Nature Medicine minggu ini, disebutkan bahwa para researchers meneliti data pasien veteran sebanyak 153ribu orang yang pernah terinfeksi COVID-19, dan diliat juga perkembangan kesehatannya setahun setelah sembuh. Hasilnya diketahui bahwa jika dibandingkan sama orang-orang yang ngga pernah kena COVID-19, mereka yang pernah kena punya kemungkinan lebih besar untuk mengalami berbagai penyakit jantung kayak gagal jantung, serangan jantung, stroke, hingga dysrhytmia. Ga tanggung-tanggung guys, datanya juga menunjukkan bahwa orang yang pernah terinveksi COVID-19 sebelumnya punya kemungkinan penyakit jantung lebih tinggi sebesar 60% dan hal ini tentunya mengancam nyawa. Terus ni, main parah Covid-nya, maka makin parah juga resiko sakit jantungnya.
 
Yep, makanya tiati terus ya gengsss…

“Apa yang mau direvisi?”
 
Tanya Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar kepada Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah yang bilang bahwa aturan Permenaker soal Jaminan Hari Tua (JHT) bakal direvisi. Jadi gini guys, sebelumnya Bu Ida bilang bahwa dia udah dipanggil sama Pak Jokowi untuk menyederhanakan aturan soal JHT, makanya, aturannya itu bakal direvisi, Tapi menurut Pak Timboel tadi, ya apa yang mau direvisi, secara kalo diubah, aturannya bakal bertentangan sama Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Nah lo… bingung kan??
 
When the regulations start to look like your skripsi…

Announcement


Thanks to Atsila, morning person, anon, and seseorang for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

There are so many ways to say I love you. And you can explore all of them here.