PM Kanada Memberlakukan UU Darurat Untuk Hentikan Aksi Demonstrasi

66

When things got pretty messy….

In Canada.
Iya nih guys, jadi hari Senin kemarin, for the first time in forever Perdana Menterinya Kanada Justin Trudeau memberlakukan Undang-Undang Darurat buat menghentikan aksi demonstrasi besar-besaran yang sampai sekarang masih happening di sana. Di Undang-Undang ini, dijelaskan orang-orang bakalan dibatasi kebebasannnya berkumpul, sampai yang ngedanain aksi protes ini rekeningnya bakalan dibekukan, guys.
 
Waduh.. Tell me more.
Oke. Jadi, kan di Kanada, emang lagi ada demo yang udah berlangsung selama beberapa minggu ke belakang. Demonya lumayan chaos, secara para pendemo ini banyak yang menduduki jalan sampe nutupin akses penghubung antara Amerika Serikat dan Kanada. Kebanyakan dari pendemo ini adalah supir truk, yang later on joined by masyarakat biasa dengan tuntutan yang sama, yakni: jangan ada lagi tu wajib vaksin buat mereka-mereka yang mau nyebrang dari Kanada ke AS dan sebaliknya.
 
HAH gimana si?
Iya, jadi dalam aturannya sekarang, orang-orang yang mau nyebrang dari Kanada ke AS dan sebaliknya tuh harus menunjukkan sertifikat udah fully vaccinated. Otherwise, mereka bakal harus isoman selama 12 hari. Nah para sopir yang emang kerjanya bolak-balik US-Canada ga mau dong, dan kebijakan ini dinilai membatasi kebebasan banget. Makanya mereka protes, dan akhirnya protes ini menyebar ke banyak kota-kota di Kanada dengan tuntutan yang makin luas: Sudahi semua aturan pembatasan, sampe Trudeau plz lo mundur aja.
 
Ya ampuun…
Nah karena kondisi di sana yang makin ngga terkontrol, sampe-sampe jalanan ditutup pendemo dan bikin kerugian ekonomi yang makin besar, makanya Trudeau memberlakukan undang-undang darurat itu guys. Sebenernya sih UU-nya itu bisa banget sampe menurunkan militer untuk menghadapi pendemo, tapi Trudeau udah memastikan bahwa hal itu ngga akan terjadi. Cuma aturannya bakal membatasi kebebasan orang-orang buat bergerak dan berkumpul, terus bakal ada pembekuan rekening buat orang-orang yang ngemodalin demo ini.
 
Hah tujuannya apa sampe harus begitu?
Well, dalam keterangannya kemarin, Trudeau bilang bahwa ini semua tuh semata-mata buat bikin Kanada aman. Soalnya, aksi para demonstran yang nutup jalan bener-bener ngerusak ekonomi dan membahayakan masyarakat, jadi aksi begini ga boleh dibiarin. Terus juga pemerintah sama sekali ngga melanggar aturan dengan membatasi kebebasan berekspresi dan protes secara legal.
 
Ok. Anything else?
Well, untuk bisa memberlakukan undang-undang darurat ini, proposalnya juga harus di-acc parlemen guys, jadi gabisa ujug-ujug disahkan sama Trudeau doang. Selain itu, pemerintah setempat juga tengah menggodok aturan yang bakal menghentikan berbagai pembatasan terkait pandemi COVID-19, misalnya aja di Ottawa yang wajib vaksinnya bakal dihentikan per Maret mendatang. Jadi yhaaa maybe sebentar lagi para pemrotes itu udah bisa pulang guys.