Penyakit Jantung Jadi Efek Jangka Panjang Terkena Covid-19

330

When you need more reasons to keep your guards up…

Towards COVID-19.
 
Iyaa, buat kamu-kamu yang belum kena COVID-19, kamu harus hati-hati banget ya guys, jangan sampe ketularan. Karena ternyata, kena Covid tuh punya efek jangka panjang terhadap kesehatan jantungmu. Yep, dalam data terbaru dari Kemenkes-nya Amerika Serikat, diketahui bahwa orang-orang yang udah pernah positif Covid tuh punya resiko besar kena penyakit kardiovaskular dalam jangka waktu satu tahun setelah kesembuhan mereka.
 
Dalam hasil penelitian yang di-publish di Jurnal Nature Medicine minggu ini, disebutkan bahwa para researchers meneliti data pasien veteran sebanyak 153ribu orang yang pernah terinfeksi COVID-19, dan diliat juga perkembangan kesehatannya setahun setelah sembuh. Hasilnya diketahui bahwa jika dibandingkan sama orang-orang yang ngga pernah kena COVID-19, mereka yang pernah kena punya kemungkinan lebih besar untuk mengalami berbagai penyakit jantung kayak gagal jantung, serangan jantung, stroke, hingga dysrhytmia. Ga tanggung-tanggung guys
Advertisement
, datanya juga menunjukkan bahwa orang yang pernah terinveksi COVID-19 sebelumnya punya kemungkinan penyakit jantung lebih tinggi sebesar 60% dan hal ini tentunya mengancam nyawa. Terus ni, main parah Covid-nya, maka makin parah juga resiko sakit jantungnya.
 
Yep, makanya tiati terus ya gengsss…
Advertisement