Penutupan Olimpiade Musim Dingin

121

Now, let’s wrap up to: Winter Olympics 2022

Yang baru aja berakhir kemarin.
 
Tell me.
OK. jadi kan di tahun ini Winter Olympics aka Olimpiade Musim Dingin baru aja digelar di Beijing, China. Nah, kemarin banget nih, kompetisinya berakhir dan udah dilaksanakan closing ceremony-nya. Terus, the next Winter Olympics bakal diadakan di Milan-Cortina, Italia di tahun 2026 nanti.
 
Nice…
Nah pada ajang multievent ini guys, keluar sebagai juara utama adalah Norwegia dengan total 16 emas, 81 perak, dan 13 perunggu. Terus di posisi kedua ada Jerman dengan 12 emas, 10 perak, dan 5 perunggu. Selanjutnya ada tuan rumah China dengan 9 emas, 4 perak, dan 15 perunggu, dan di posisi keempat ada Amerika Serikat dengan 8 emas, 10 perak, dan 7 perunggu. Kompetisi ini sendiri diikuti oleh 91 negara dan 2.871 atlet, dan merupakan ajang olahraga multievent kedua yang digelar pas lagi pandemi, setelah Tokyo Olympics tahun lalu.
 
Rite. The pandemic.
Nah, good news-nya ni guys, bahwa dari 66.937 tes COVID-19 yang digelar di Olympics bubble pada Sabtu kemarin, cuma satu aja yang hasilnya positif. Terus dalam upacara penutupan itu hadir langsung presiden China Xi Jinping yang didampingi oleh presiden federasi Olimpiade Thomas Bach.
 
So all sound good?
Uhmmm not really. Karena meskipun terbilang sukses diselenggarakan, tapi namanya doang tuh winter, padahal salju yang dipake 100%  boongan. Yep, meskipun ini bukan pertama kalinya Winter Olympics digelar pake salju boongan, namun ini pertama kalinya kalo bener-bener 100% semuanya salju boongan aka gaada salju aslinya samsek. Penyebabnya ga lain ga bukan adalah climate crisis yang bikin Beijing, yang jadi host city buat Winter Olympics kali ini nggak turun salju. Tapi untungnya atlet-atlet di sana pada nggak ada masalah sih dan Olimpiade tetap berjalan.
 
Anything about the athletes?
Yep. Pada event ini, muncul sosok Eileen Gu, seorang freestyle skier yang born and bred di Amerika Serikat, namun memilih untuk bertanding dengan membawa bendera China. Secara kondisi China sama AS lagi panas mulu kan guys, keputusan Eileen ini kerap menjadi bahan perbincangan antara kedua negara, di mana di China, doi dielu-elukan. tapi di AS ya dicap sebagai kurang nasionalis. Terus ada juga ada Nathan Chen, atlet skating yang meraih emas dan berhasil mengalahkan pemenang sebelumnya asal Jepang yang dua kali meraih emas Yuzaru Hanyu. Finally, kamu juga harus tahu soal Kamila Valieva, atlet skating asal Rusia yang disebut memakai dopping, karena pake obat jantung yang dilarang. Nah, secara Kamila ini umurnya masih 15 tahun, doi ngga kena sanksi dan masih boleh tetep bertanding. Meski ya penampilannya turun banget dan berkali-kali jatuh.
 
Btw Amerika Serikat jadinya bertanding?
Yoi. Meskipun secara diplomatik Amerika Serikat memboikot Winter Olympics yang diadain di Beijing, namun mereka tetap ngirimin atletnya untuk bertanding. Meski begitu, ya ngga ada satupun perwakilan dari pemerintahannya Joe Biden yang datang, ga kayak pas Tokyo Olympics di mana First Lady Jill Biden dateng ke Tokyo. Oh iya, in case you’re wondering, AS ini memboikot Winter Olympics sebagai bentuk protes atas dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pemerintahnya Xi Jinping terhadap warga minoritas muslim di Xinjiang.
 
OK. Anything else?
Balik lagi ke Closing Ceremony Winter Olympics ini, so far President International Olympics Committee Thomas Bach puas banget sama Beijing, guys, dan dia bilang bahwa ini adalah Olimpiade yang tak terlupakan. Katanya, “If we want to finally overcome this pandemic, we must be faster, we must aim higher, we must be stronger, we must stand together.”