Olimpiade Musim Dingin di Beijing Tanpa Salju

138

What’s more serious that your relationship?

Global warming.
Iya guys, masalah global warming ni udah serius banget, di mana pemanasan global bikin suhu bumi memanas (hence the name) dan bikin es di kutub mencair. Nah yang terbaru, kamu tahu kan bahwa sekarang lagi berlangsung Olimpiade musim dingin di China? Ternyata guys, namanya ajatu musim dingin, tapi gaada saljunya.
 
Loh yang kemaren di Tokyo apa?
Yang di Tokyo tahun lalu itu kan Summer Olympics. Ada Summer, ada juga Winter Olympics yang sekarang lagi happening dari 4 Februari kemarin sampai penutupannya di tanggal 20 nanti, di Beijing, China. Nah, masalahnya, di Beijing tuh nggak ada salju, guys. Dan ini adalah untuk pertama kalinya, Olimpiade Musim Dingin bakal digelar dengan tanpa salju beneran sama sekali.
 
Geeez…background, pls.
Sure. Jadi setelah sukses besar menggelar Olimpiade di tahun 2008 lalu, Beijing kemudian ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade musim dingin yang digelar tahun ini gengs. Adapun penetapannya dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia sejak 2015 lalu, dan sejak saat itulah Beijing kemudian siap-siap neh, jadi tuan rumah Winter Olympics. Jadi, beda sama summer Olympics yang digelar pas musim panas, Winter Olympics ini digelarnya pas winter, meaning olahraganya juga yang banyak salju-saljunya gitu deh, kayak ski, hockey, ice skating, dll.
 
Beijing tuh… Ada salju ya?
Biasanya sih ada guys, walaupun emang ga banyak. Namun tahun ini, thanks to climate crisis, meskipun suhu udara udah minus, tapi dari November, Desember, terus ke Januari, cuma sekitar 11 milimeter curah hujan yang ada di Beijing, dan ga ada salju sama sekali. Yang ada malah kabut asap yang juga udah lama jadi issue di kota itu, dan tentunya bakal jadi salah satu rintangan juga nih yang harus dihadapi para atlet yang berkompetisi. Makanya, buat beberapa cabang olahraga, pemerintah China kasih alternatif pertandingannya dipindahin ke salah satu kota dekat Beijing, yang cuman tiga jam jaraknya kalau via darat, namanya Zhangjiakhou. Terus, ada juga beberapa pertandingan yang tetap di Beijing tapi pakai salju buatan.
 
Salju buatan?
Iya. panitia di sana bekerja sama dengan TechnoAlpin, perusahaan asal Italia yang bisa bikinin salju buatan. Saljunya ini pun dibuat beda-beda, tergantung dari olahraga apa salju ini mau dipakai. Salju-salju buatan yang ada ini juga dikontrol kualitasnya, mulai dari kelembabannya, suhunya, dan faktor lain yang berpengaruh buat jadiin saljunya ini ideal dan boleh diadu sama salju beneran. Terus salju buatannya ini ditambah campuran kimia yang bisa mencegah saljunya mencair.
 
OK…
Nah tapiii tetep ada masalah lain yang muncul dan tetep aja, masalahnya juga sekitar lingkungan. Jadi untuk bikin salju buatan ini, pihak panitia butuh sekitar 49juta galon air, dan ini diambil dari suatu wilayah deket Beijing yang udah diakui panitia “tengah mengalami kekurangan air”. Meski begitu, pihak panitia udah meyakinkan bahwa air dari salju yang udah mencair ini nantinya bakal bisa digunakan lagi buat keperluan lain kayak irigasi, pertanian, pariwisata, sampai tata kota.
 
Got it. Any words?
Well, jujur atlet-atlet di sana tuh sebenernya pada worry gengs sama si salju buatan ini. Karena biar gimanapun bakalan beda kan salju buatan sama salju asli, apalagi buat para atlet winter. Misalnya kayak, James Clugnet, pemain ski asal Inggris yang bilang saljunya emang dingin, tapi kalau dirasa-rasa di sebelah track-nya tuh hawa panasnya masih kerasa. Apalagi kalau cuacanya berangin, beuhh itu pasir-pasir dari sebelah juga masuk arena katanya gaes. Makanya kudu ada speed tertentu buat nyampe ke garis finish and they will be alright.
 
I see. Anything else?
Fyi sama kayak Summer Olympics, Winter Olympics juga diadain 4 tahun sekali setelah kemarin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, dan next di tahun 2026, Winter Olympics bakal diadain di dua kota di Italia, Milan dan Cortina. However, agak rumit ni guys mau ngadain Winter Olympics secara emang saljunya gaada. Ini juga bukan pertama kalinya man-made snow digunakan di Winter Olympics. Sebelumnya di Sochi, Rusia pada tahun 2014, 80% dari snow-nya adalah buatan manusia. Terus Winter Olympics selanjutnya di Pyeongchang, Korsel, 90% saljunya juga fake. Meski begitu, keduanya masih mending daripada Beijing yang literally 100%. Kalo gini terus katanya guys, by Winter Olympics 2050, cuma ada 10 lokasi aja yang bakal bisa jadi tuan rumah.