Makan Makanan Sehat Terbukti Bisa Bikin Umur Lebih Panjang

104

When you want to live longer…

Change your diet.
 
Iya guys, kamu pasti sering denger lha ya, bahwa makan makanan sehat itu bisa menyehatkan tubuh dan bikin kita lebih fit. Tapi ternyata ngga itu aja guys, makan makanan sehat juga secara saintifik terbukti bisa bikin umurmu lebih panjang sampe 13 tahun! Yep, jadi dari hasil studi yang baru aja dirilis kemarin sama jurnal PLOS Medicine, diketahui bahwa kalo di umur 20 tahun perempuan maupun laki-laki mengganti pola makannya yang “ala barat” (banyak makan daging merah dan makanan processed or ultra processed) ke pola makan yang lebih sehat (kayak banyak sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian) maka harapan hidupnya bisa naik sampe 10 tahun buat perempuan, dan 13 tahun buat laki-laki. Tapi ngga buat orang di umur 20 tahun aja kok guys, makan sehat juga bisa  meningkatkan harapan hidup bahkan buat orang berusia 60 tahun yang umurnya bisa nambah sampe 8 tahun buat perempuan, dan 9 tahun buat laki-laki, kalo mereka banyak makan sayur tadi.
 
Lebih jauh lagi, kalo makan makanan yang plant-based, maka harapan hidup manusia bisa meningkat lebih tinggi, sampe 3,5 tahun buat mereka yang ada di usia 80 tahunan.
 
Nah, kenapa sih makan makanan sehat ini signifikan banget buat tubuhmu? Iya guys, karena menurut Dr. David Katz, seorang ahli lifestyle medicine dan nutrition, hal ini karena makan sehat bener-bener bisa mencegah kamu dari kena penyakit kronis. Nah kalo ngga kena penyakit kronis, maka kamu juga bakal terhindar dari kematian di usia muda, dan ngga meninggal muda artinya more life expectancy.
 
But, but… nasi uduk for breakfast tuh enak bangettt :3