Kapal Kargo Terbakar di Laut Portugal

78

When you loooove fancy stuff…

You really need to read this story.
 
What happened?
Jadi gini guys, minggu lalu ada sebuah kapal kargo yang terbakar di laut Portugal. Jadi kapal yang bernama Felicity Ace ini rencananya mau cusss dari Jerman ke Rhode Island di Amerika Serikat, tapi yha kebakaran tadi gengs. Dan yang bikin miris, kapalnya ini membawa 4ribuan unit mobil mewah yang semuanya udah ga terselamatkan.
 
Whaaaaat???
Iya, jadi mobil-mobilnya ini rencananya emang mau dijual di AS, dan merek yang dibawa adalah Audi, Lamborghini, Volkswagen, Porsche hingga Bentleys. Nah sekarang, kapalnya masih terombang-ombing di lautan dengan api yang udah padam karena diyakini, ehem, udah gaada yang bisa dilalap api lagi. Artinya, mobil-mobil tadi udah ludes semua guys. Nah adapun crew kapalnya selamat semua dan udah dievakuasi sama pihak berwenang setempat.
 
Mereka nggak papa kan?
Nggak papa. Dari official statement-nya angkatan laut Portugal, dijelaskan bahwa nggak ada yang luka dari kejadian ini. Crew kapal yang jumlahnya ada 22 orang itu juga udah langsung dibawa ke hotel deket situ buat pemeriksaan lebih lanjut. Terus, sampe sekarang penyebab kebakarannya juga masih diinvestigasi karena belom ketauan.
 
OK…
Nah kalo kamu mau tau total kerugian dari kebakaran ini, jeng jeeeeng jumlahnya mencapai setengah miliar US$. Yep, jadi nilai harga semua mobilnya aja tu mencapai US$334,5 juta, terus salvage cost-nya mencapai US$150juta, dan semua itu yaudah guys ilang aja. Pihak berwenang bilang, kalo nanti apinya udah reda dan kapalnya udah dianggap aman, maka kapal tersebut bakal diderek aja ke daratan terdekat baik di Eropa atau di Kepulauan Bahama.
 
OMGGGG 
Nah guys, hal ini tentunya amsyong banget buat para produsen mobil yang mobilnya on board. Porsche sendiri udah ngirim surat ke para dealer bahwa mobil-mobil baru bakal segera dibikin lagi ASAP. Yep, Porsche bisa dibilang rugi banget karena di kapal itu, mereka punya 1,100 mobil termasuk Porsche terbaru, new 2022 Porsche Boxster Spyder. Selain itu, mobil-mobil mewah hasil custom mereka juga abis semua. Wadawwww…
 
OK. Anything else?
Well, terkait insiden ini, pengamat asuransi Suki Basi bilang bahwa hal ini tuh menunjukkan bahwa emang dunia supply-chain itu sensitif dan sangat-sangat beresiko. Terus, kejadiannya juga bad timing banget, di mana saat ini tengah terjadi krisis pasokan bahan baku mobil, hingga menyebabkan terhambatnya proses pembuatan mobilnya itu sendiri.