Joe Biden Menandatangani Pencairan Uang Afghanistan

51

What’s coming slower than your gajian?

Afghanistan’s money.
Iya guys, jadi kalo kamu aja udah ngerasa lama banget nih, nungguin gajian dari bulan ke bulan, maka, meet: Afghanistan. Yang duitnya masih ketahan di Amerika Serikat sejak pemerintahan mereka diambil alih oleh Taliban pada Agustus tahun lalu.
 
Hah gimana?
Nah jadi kamu tahu kan bahwa tahun lalu, tentara Amerika Serikat yang udah ada di Afghanistan selama 20 tahun akhirnya memutuskan cabs aka pulkam. Dengan begitu, pemerintahan Afghanistan yang tadinya ada di bawah kuasa pemerintah pro-Amerika jadi beralih ke kelompok Taliban, yang dianggap sebagai kelompok ekstrimis fundamentalis.
 
Terus…
Nah jadi sebelum tentara AS cabs, pemerintahannya Afghanistan itu punya duit sebesar US$7miliar guys. Dana ini adalah dana punya mereka yang dikumpulin aja gitu, dari hasil bantuan kemanusiaan, pemasukan dll, sampe tabungan rakyat Afghan yang biasa-biasa aja, dan ditaro di Federal Reserve of New York, US. Nah, as soon as tentara AS cabs, dana ini langsung dibekukan oleh pemerintahan AS, dan gajelas juga siapa yang bisa nyairin. Secara Taliban ga diakui sebagai pemerintahan oleh pemerintahannya Biden dkk.
 
Go on…
Meanwhile di Afghanistan, kelompok Taliban udah berkali-kali minta supaya: Plz banget itu duit balikin karena kita perlu banget nih buat rakyat. Parah banget guys di sana tuh sekarang tengah terjadi extreme poverty, di mana 98% aka hampir seluruh warganya kekurangan makanan. Terus PNS-PNS kayak guru, dokter, dll juga belom gajian sejak Agustus tahun lalu itu, sampe bikin sistem layanan masyarakat juga hampir collapse. Saking miskinnya, sampe sekarang tuh di Afghanistan banyak yang barter anaknya, for food :(.
 
Sad 🙁 
Iya. Makanya Jumat kemarin banget nih, akhirnya Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani executive order yang menyetujui pencairan duitnya Afghanistan tadi. Tapiiii duitnya ngga bakal langsung jatuh ke tangan Taliban guys, tapi bakal dibagi dua, yakni buat bantuan kemanusiaan di Afghanistan, dan buat kompensasi para keluarga korbannya 9/11.
 
9/11??
Iyakk benar. Peristiwa bersejarah yang terjadi di 11 September 2001 itu kan emang masih membekas banget yah, bahkan kita yang bukan keluarga korban pun sampai sekarang masih nyesek. Apalagi keluarga korban. Nah, rupanya keluarga korban peristiwa 9/11 nggak pernah dapat kompensasi atas peristiwa mengerikan itu, guys. Karenanya, dana ini kemudian digugat sama para keluarga biar bisa dijadikan kompensasi buat mereka. Nah terkait hal ini, pemerintahannya Biden udah koordinasi sama berbagai pihak dan most likely sih, bentar lagi para keluarga ini bakal tahu berapa dana yang bakal mereka dapatkan dari kompensasinya.
 
Terus buat warga Afghan-nya?
Ya bagian mereka bakal tetep dikirim ke Afghanistan guys, tapi dalam bentuk bantuan kemanusiaan. Tujuannya supaya duitnya juga ga jatuh langsung ke tangan Taliban. However, banyak yang bilang proses ini bakal lama dan ribet banget, dan sistem keuangan di sana tuh udah hampir collapse juga. Jadinya sangat dikhawatirkan kondisi di Afghanistan bakal makin parah.
 
Sad… anything else?
Well, as if the near-total collapse and COVID-19 were not bad enough for Afghanistan, WHO juga baru aja ngumumin bahwa saat ini lagi terjadi infeksi cacar di Afghanistan. Terus bulan lalu aja, ada 150 orang yang meninggal karena wabah ini. Hal ini juga makin mengkhawatirkan, secara mayoritas anak-anak di Afghanistan itu malnutrisi dan mengalami food insecurity, makanya mereka makin mudah tertular penyakit menular kayak cacar ini.