Friday Pause: I’m a starboy ⭐

147

Good morning!

Welcome again to Friday. Finally the weekend is just ahead of us, so if you are planning to hang out with your friends or loved ones tomorrow, remember to always follow the health protocols. Yep, don’t let your guard down too fast. And before we head off to the memes and cool stuff, let’s start with our podcast here. Let’s go!


For the love of Meme: It’s the critical time of the month again…


Now let’s talk about the elephant in the room: Ga punya duit.

Hey hoo guys!

Udah masuk tengah-tengah bulan gini, kamu udah masuk ke fase bokek belom nii? Yep, sebagai hard-working millennial or Gen Z yang most likely living paycheck to paycheck, kamu pasti pernah ngerasain yang namanya ga punya duit. Perasaannya bete, bingung mo makan apa yang murah, sampe mengais-ais promo supaya bisa dapet diskon.
Nah, cape ga sih guys, kalo kamu harus terus-terusan merasa khawatir tiap menjelang akhir bulan, karena keuanganmu menipis? Belum lagi misalnya, kamu juga ngga punya tabungan, ga punya emergency fund, pokoknya dompetmu beneran kempes, pes, pes! Kalo kayak gitu gimana solusinya ya? Karena ga mungkin juga kan kamu tiba-tiba jadi Rafathar (walaupun pengen… ehehe) karenanya, mimin punya beberapa tips nih, buat kamu-kamu yang cape ga punya duit mulu! (and that’s not including jaga lilin). Cusss!
  • Bikin budget di awal bulan. Sounds rempong karena harus bagi-bagi antara housing, groceries, electricity, wifi, dll, tapi trust us guys, kalo ada budgeting tuh, hidup kamu juga bakal lebih gampang! Nah biar ga terasa berat, jadi the moment kamu gajian, langsung tuh kamu pisah-pisahin buat keperluan apa aja. Misalnya kamu nge-budget-in buat pengeluaran satu minggu tuh 500ribu aja, nah pastikan di minggu pertama-mu emang cuma ada 500ribu di checking account/dompet kamu. Sisanya kamu umpetin deh tu, di saving account atau akun-akun kamu yang lain. Tujuannya ya biar kamu ngga tergoda buat menarik uangnya kalo pas budget 500ribu kamu abis. Jadi lebih disiplin juga gitu kan.
  • Berhemat. Ya ini juga males banget si tapi ya mau gimana. Bener kok guys kata orang jaman dulu, jangan sampe lebih besar pasak daripada tiang. Misalnya bulan ini kamu bisa nabung sampe 500ribu per bulan, coba kamu liat-liat pengeluaranmu, kira-kira apa nih yang budget-nya bisa di-cut. Misalnya kalo kamu sekali makan Rp20ribu, seandainya kamu meal prepping, bisa jadi lebih murah ngga? Kalo iya, coba deh metode itu. Hal serupa juga bisa kamu lakukan ke kebutuhan-kebutuhan lain, misalnya kamu langganan subscription services kayak Apple Music, Spotify atau Netflix, tentunya bakal lebih murah kalo kamu bisa pake family plan bareng keluarga atau temen-temenmu. Mayan kan tu.
  • Nabung sebelum belanja. Yep, jadi pas kamu gajian, hal pertama yang kamu harus lakukan adalah menyisihkan tabungan kamu dulu, baru sisanya kamu spend. Dengan begini, kamu jadi punya tabungan pas ada emergency atau kebutuhan sewaktu-waktu yang engga kamu duga. Selain itu, nabung dulu juga bikin budgeting kamu lebih terkontrol. Hayooo kalo abis gajian kamu langsung spend sana sini, most likely akhir bulan gaada sisa ga sih? Jadi ga nabung kaan….
  • Gausah bandingin diri kamu sama orang lain. Nah ini nih, trait paling toxic ni guys, apalagi di era digital kayak gini, di mana gampaaang banget kamu liat temen-temenmu hidup hedon dan hepi-hepi. Terus kamu juga jadi pengen padahal kamu tahu kamu ngga bisa afford itu. Jadinya kamu malah maksain, terus overbudget, ujung-ujungnya jadi gesek kartu kredit. Haduuu jauhi deh guys kebiasaan kayak gitu. Lagian juga gaada lifestyle hedon seenak apa pun yang lebih enak daripada bangun tidur tenang ga punya utang. Ehehehe.
  • Bayar utang cepet-cepet. Yep, ini for the sake of your peace of mind. Jadi kalo emang kamu punya utang, usahain kamu bayar secepetnya. Biar apaaa? Ya biar idup kamu tenang. Ga dikejar-kejar debt collector, atau orang yang kamu utangin. Kalo emang merasa penghasilanmu ga cukup nih untuk melunasi hutang dengan cepat, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengalokasikan bonus atau THR kamu (yang bentar lagi neh!) ke bayar utang. Dengan begitu, hidupmu tenanggg guys.
  • Make some side hustle. Yep, kalo bisa sih, penghasilan kamu jangan dari satu sumber aja. Apalagi di era digital kayak sekarang guys, di mana handphone-mu bisa memberikan banyaaaak banget opportunities buat kamu make money. Yep, kamu bisa jualan online, bikin konten, sampe menawarkan jasamu di internet. Also, yang oke juga dari side hustle digital ini adalah kamu ngga perlu modal banyak-banyak. Cukup punya hape dan jaringan internet, dah bisa mulai deh!
  • Investasi. Nah kalo kamu udah berhasil nabung, udah punya budget buat kehidupan at least sampe enam bulan ke depan, dan udah bayar semua utang-utang kamu, sekaranglah saatnya investasi! Yep, opsi ini harus setelah yang tadi-tadi itu selesai semua ya guys, jangan sampe kamu belum punya tabungan, malah loncat ke investasi. Hal ini karena yang namanya investasi, pasti ada resiko kerugiannya, dan jangan sampe kalo kamu rugi, tabungan buat kehidupan sehari-harimu yang jadi korban. Terus, kalo mau berinvestasi juga kamu harus hati-hati dan jangan sampe kena yang bodong-bodong. Mulai dari doing your own research, understanding your risk profile, sampe talking to the expertsRemember, kalo ada investasi yang too good to be true, most likely itu scam guys. Be careful!


Weekend is for relaxing… and some cool recs!

Say bye to your midday anxiety, because now, all you have to do is just relaxing! Here, we have a cool list you can enjoy during the weekend…
 
But before…

Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal budget SMS blast KPK, child labour in Afghanistan, dan masih soal BRIN-PDIP yang ngurusin riset di negeri +62. Leggo!
  • Buat yang suka adult animated sitcom kayak The Simpsons, Family Guy, atau American Dad, cobain nonton Bob’s Burgers deh. Ceritanya tentang struggling burger restaurant yang dikelola satu keluarga nyentrik. Tokohnya lucu-lucu dan aneh tapi nggak lebay, berasa nonton The Simpsons seasons awal. Bisa dilihat di Disney Hotstar ya, tiap minggu ada season baru. (Anonymous)
  • Buat kalian yang lagi capek/hectic banget dan butuh hiburan, gue saranin nonton, “Macadam Stories” (2015). Jadi ada 3 cerita karakter di apartemen di film ini. Bapak-bapak yang pura-pura jadi photographer demi dapetin perhatian mbak crush, seorang ibu yang baru aja kehilangan anaknya dan kebetulan tetangganya di apartemen ngingetin dia ke si anak dan seorang astronaut yang nyasar pendaratannya malah ke rooftop apartemen ini dan akhirnya diurus sama ibu-ibu di apartemen itu sampai dia dijemput NASA. Absurd but heartwarming. Bisa ditonton di KlikFilm. (Mukhtarul)
  • Buat yang mau eksplor musik baru tapi nggak tahu cari di mana atau males cari, aku mau rekomendasiin playlist Discover Weekly-nya Spotify. Tiap pekan, algoritma Spotify akan kasih kita 30 lagu yang disesuaikan dengan listening history kita. Aku sudah coba dua pekan terakhir dan lagu-lagu yang dikasih memang secocok itu dengan seleraku. Buat yang mau coba, tinggal search aja di Spotify dan di-like, supaya bisa selalu update. (Anonymous)
  • Hi! I recommend to watch movies from Studio Ghibli, karena vibes dari filmnya itu bikin adem ajaa gitu, so it makes your weekends more huftt adem. (ex : Ponyo, Kiki’s Delivery Service, dll). (Anonymous)
  • Hi, girls! Ada rekomendasi film dokumenter garapan Netflix yang wajib untuk kamu tonton, “Tinder Swindler“. Tentang penipuan di dating apps dan perempuan wajib nonton aku rasa agar lebih berhati-hati dan awareHonestly, aku ga begitu into dengan dokumenter, tapi yang ini ngga berasa kayak dokumenter. Digarapnya dengan sangat apik, emosi penonton dibawa naik-turun dan aku juga ikutan kesal dan tegang. Happy watching! (Shelty)
  • Aku rekomendasiin banget untuk nonton The Grand Budapest Hotel (2014) yang disutradarai oleh Wes Anderson, which is, film garapan beliau itu khas dengan camera works-nya yang epik dan unik banget. Storyline film ini juga simple tapi segar, dengan selipan humor yang bikin kita gak ngantuk nontonnya. Oh iya, please note ada beberapa scene di film ini yang agak ‘brutal’. It’s still a great movie tho! (Anonymous)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“Breathe, let go, and remind yourself that this very moment is the only one you know you have for sure.”

-Oprah Winfrey-

Thank you note


Thanks to Xxx, Alya, Sabata, Imamprimadi, & Seseorang for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)