Friday Pause: I love this record baby 🎉🎊

460


Good morning!

Welcome, welcome, to Friday! So, do you have any weekend plans lined up? Some self-care? Reading books at home? Or do you prefer going out with friends? Well, whatever it is, remember to always practice the safety protocols and don’t get sick. Happy weekend!


For the love of Meme: When you realized that it’s only February…


When you want to feel happy instantly…

And it’s not when your crush suddenly texts you…
 
Yep guys, pernah ngga kamu misalnya ada di situasi yang stressful banget, sampe kamu super anxious, panik, bingung, tapi sikonnya tuh lagi bener-bener mendesak sampe kamu ngga punya waktu banyak untuk menenangkan diri? Yep, we’re talking about beberapa menit sebelum mulai presentasi, atau tiba-tiba dapet berita buruk padahal bentar lagi kamu ada interview kerjaan, sampe deadline yang belum selesai dan atasan yang nagihin terus sampe rasanya kamu pengen… berenti kerja aja dan retire early di Bali (us can relate!).
 
Nah, kalo kamu ada di kondisi yang acutely stressful seperti ini, penting banget untuk kamu bisa buru-buru recollecting yourself dan ngga terus-terusan berada dalam kondisi tersebut. Soalnya, being stressed bikin kamu ngga berfungsi secara maksimal, dan yang terjadi malah banyak hal terbengkalai. Iya, contohnya aja, kalo kamu stres karena telat dan buru-buru harus ke kantor, biasanya adaaa aja yang ketinggalan. Mulai dari kunci kosan, atau dokumen penting. Terus juga misalnya stres pas mau presentasi, yang ada karena gugup, kamu jadi lupa mau ngomong apa. Nah biar ngga gitu terus, mimin punya beberapa hack yang bisa bikin kamu de-stress instantly, and when we say instant it’s only… 60 seconds or less! Yukk cek yuk guys apa aja!
 
Leggooooo….
  • Imagine someone you really loveIt might sound cliché but yes, dengan menghentikan sejenak pikiran stress kamu dan beralih ke mikirin orang yang kita sayang, bisa itu anak, orang tua, saudara, temen, gebetan atau bahkan hewan peliharaan, kamu bisa jauh lebih rielks, guys. Hal ini juga disampaikan Susie Moore, seorang life coach asal Amerika Serikat yang bilang dengan mikirin orang-orang yang kita sayang, what they look like, bau parfumnya kayak apa, terus gimana dia interaksi sama kita tuh bisa bikin personal connection yang bisa bikin bahagia dan ampuh banget buat nge-release stres. Yuk coba yuk, coba pikirin Kim Taehyung. Tuh, mulai senyum-senyum sendiri kan? 😉
  • Get yourself a worry timeYep, everybody, meet: worry time. Atau waktu yang udah kamu siapin untuk menghadapi semua ke-worry-an kamu. Jadi, menurut Director of the American Institute for Cognitive Therapy Robert Leahy, perasaan worry dan anxiety itu biasanya dialami orang tanpa kenal waktu, mau pagi atau malam. Nah namun, sebenernya kamu bisa juga lho guys ngontrol pikiran-pikiran negatif tadi kalo kamu udah punya schedule-nya. Misalnya, kamu kasih waktu sekitar 10 menit di break makan siang untuk “worry time” dan bener-bener duduk sendiri dan confront your worry-thoughts. Jadi, ketika di waktu lain kamu merasa anxious, kamu bisa langsung ingetin diri kamu sendiri “There’s a special time for this” dan langsung alihkan pikiranmu ke hal lain. Dengan begini, kamu juga akan merasa lebih baik karena kamu bisa mengontrol anxiety dan stress kamu, dan bukan dengan ngacangin perasaannya gitu aja.
  • Throw yourself a partyYes, party, dance, atau dengerin lagu kesukaanmu yang emang udah terbukti banget bisa nge-boost mood secara instant. Not a dance person? Oh, jangan sedih. Simply gerakin badan kamu putar ke kiri ke kanan maniseeee itu udah cukup banget, gengs. Gerakin badan dan keluarin deh itu hormon dopamine yang ada di tubuh kamu.
  • Jangan ragu untuk kasih pelukan. Nah, kalo ini buat partner/anakmu yang lagi stres gengs. Jadi kalo kamu lagi sama mereka, dan kamu liat mereka anxious or super stress, coba deh kasih mereka bear hug aka pelukan lebar. Yep, pelukan memang udah terbukti bisa bikin tubuh rileks dan meningkatkan mood secara instan *Pantesan love language mimin physical touch xixixix* Terus juga ada satu metode namanya ‘Three-breath hug’ di mana waktu kamu pelukan, lakukan itu sambil menarik napas dan membuangnya bersama secara tiga kali. Metode ini ampuh sebagai reliever dan bisa bikin perasaan lebih calm, dan meringankan anxiety level partnermu.
  • Look at what makes you happy. Finally, hal lain yang bisa bantu kamu de-stress instantly adalah dengan ngeliat foto hal-hal yang kamu sukai atau orang yang disayang. Yep, apalagi di era super digital gini guys, kamu bisa banget misalnya ganti wallpaper hape sama foto ortu kamu, atau peliharaan kesayangan kamu. Terus wallpaper-nya juga bisa kamu ganti-ganti misalnya seminggu sekali. Nah, secara phone’s is now everyone’s best friend, foto-foto si mood booster tadi juga bakal jadi hal yang pertama kamu liat pas main hape. Yep, coba yuk taruh foto Kim Taehyung di lock screen hape. Hepi kan?

So, let us know if it works for you or not ya guys, and remember, if you think it’s necessary, please look for professional help. You should realllly take your mental health seriously.



Finally, here’s your weekly tips to enjoy! 


Rihanna’s being pregnant is probably the biggest news of the week. And, if you want to wrap up the weekend with something more relaxing, check out the quarantips below!
 
But before…

Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal polemik museum Holocaust di Minahasa, Eropa mulai hidup normal, dan pesawat Susi Air dikeluarin paksa. Cusss! (Us)
  • Aku mau rekomendasi dengar podcast Si Kutu Buku dan YOLO, coba baca buku Atomic Habits dan The Psychology of Money. Atau bisa coba ke PIK untuk sekedar jalan-jalan, maupun makan banyak kuliner yang nge-trend sekarang.
  • Mau rekomendasiin salah satu novel yang aku rasa heartwarming. Novel Annisa Ihsani yang judulnya Teka Teki Terakhir. Kalian bisa baca di aplikasi perpustakaan lo.
  • Kalo lagi nyari tontonan yang ringan, 55:15 Never Too Late
    Advertisement
     termasuk yg ga boleh dilewatkan. Cerita 5 tokohnya asik buat diikutin dan bisa relate jugaa sama masalah yg mereka hadapi. Diawali dengan backstory yang solid + komedi2 khas Thai, momen-momen penuh haru, dan ditutup dengan akhir yang heartwarming😭🥲🤧🥺 Teruss aktor-aktonya believable banget dari raut wajah, gestur. Jadi percaya kalo mereka itu emang versi tua dan muda. Nonton ini sedikit banyak meringankan resah-resah Quarter Life Crisis. Apa yang akan dihadapi di depan, keinginan yg terpendam, dan ketidakpastian.Terus berasa disemangatin juga untuk live life to the fullest. merayakan hidup, tidak menyiakan kesempatan dan menghargai waktu yg dimiliki.
  • Aku pribadi akhir-akhir ini ngisi libur kuliah dengan belajar gambar hehe. Buat siapa aja yang lagi belajar gambar, aku mau rekomendasiin channel YouTube chommang_drawing!! Menurutku penjelasannya mudah dimengerti dan gambar-gambarnya cukup simple buat diikutin sebagai latihan. Oh ya, selain itu aku juga lagi sering explore lagu-lagu di Spotify. I recommend you guys these songs: “Coffee’s on me” by Sunset Rollercoaster and “Nine Stories” by Hazel English 😀 (@sususappyy on Twitter)
     
  • Hai! aku mau rekomendasiin salah satu buku yang eye-opening dan broaden my horizon banget! judulnya ‘Tuesday with Morrie‘. Ini salah satu buku yg paling terkesan untuk aku karena buku ini nemenin dan bantu aku melewati masa-masa krisis. I hope the same thing goes on you! (sailor moon)
  • Aku mau rekomendasi dengerin George Ezra, male soloist from UK, yang akan/sudah rilis album baru pada 28 Januari 2022. Kalau kamu pernah dengerin Budapest atau Shotgun, nah itu dia penyanyinya. Langganan juga newsletter-nya yang disampaikan secara personal dan menyenangkan untuk dibaca, kaya newsletter dari CMU ini. Cek aja infonya di website resmi Gold Rush Kid. Sincerely, @twiras (instagram.com/twiras)
  • Aku lagi suka banget sama album The Weeknd yang baru, Dawn FM. Konsep albumnya kayak kita lagi dengerin radio dan lagu-lagunya itu bernuansa 80s/90s dan bervariasi mulai dari upbeat, slow, ada yang dimix sama hiphop (bareng Lil Wayne). Coba dengerin deh! @franatasya
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
““People who love themselves, don’t hurt other people. The more we hate ourselves, the more we want others to suffer.”
 
 -Dan Pearce-

Thank you note


Terima kasih buat Mort, Aul, Gifta, Bakpao & Sabrina for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Mungkin cerita kaya gini banyak didenger ya terlebih di zaman pandemi yang ga berkesudahan ini. Jadi minggu kemarin aku terkonfirmasi COVID-19. Karena gejalanya ga berat boleh lah isoman di rumah, tapi karna ibu ada komorbid dan ga yakin aman kalo di rumah akhirnya lapor puskesmas. Nah di sini angel storiesnya dimulai salut banget sama pihak puskesmas yang langsung sigap dan tanggap sekeluarga langsung di swab dan diminta isoman. Aku juga boleh isoman terpusat di RIT (Ruang Isolasi Terkonsentrasi. Waktu sampai di RIT lebih kaget lagi karena kebanyakan orang keliatan happy dan enjoy dan semuanya ramah banget saling tegur sapa dan ga sungkan basa basi. Agak takjub karena aku pikir di kondisi kaya gini kita ga akan sempet untuk bersosialisasi. Dan karena semua orang kelihatan happy, it kinda boost my mood too. Ditambah temen sekamar di ruang isolasi juga baik dan membantu banget petugasnya juga sangat sangat membantu. So mungkin di luar sana banyak temen-temen yang sedang isoman atau terpuruk karna tiba tiba dinyatakan positif Covid, stay strong yaa! Remember thiss, too, shall pass. ❤

-E 🖤-

 
2. My angel is… my partner. Sedang ada di masa-masa kurang baik but he’s always there for me, to support and accompany me through the days. Jadi punya tempat buat cerita, berkeluh kesah dan menyemangati selalu. Thank you, YHT 🙂
-STH-

 

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)

Advertisement