Demonstrasi Besar-besaran Sudah Terjadi Selama 10 Hari di Kanada

109

When things got hotter….

In Ottawa, Canada.
 
What happened?
Jadi di Ottawa, Kanada, kini tengah berlangsung demonstrasi besar-besaran yang udah terjadi selama 10 hari. Terus bukannya mereda, aksi demonstrasi ini malah makin panas, dan saking chaos-nya, pemerintah setempat sampai nge-declare emergency status buat Ottawa.
 
Demo kenapa emang?
Jadi semuanya berawal dari waktu pemerintah Kanada menetapkan aturan yang menyebut bahwa buat warga yang mau nyebrang ke perbatasannya Canada-US itu udah harus vaksin dulu. Nah warga kemudian enggak terima dan dari situ, aksi demo terjadi. Adapun aksinya berpusat di depan gedung parlemennya Ottawa. Terus seiring berjalannya waktu, tuntutannya juga makin banyak.
 
Apa ajatu…
Ya awalnya kan menolak vaccine mandates tadi, terus jadinya mereka menuntut supaya seluruh aturan pembatasan COVID-19 diakhiri aja, mulai dari mask mandates, social distancing, kapasitas di ruang publik, dll sampe mulai muncul seruan yang menolak pemerintahannya Justin Trudeau sang perdana menteri.
 
Wow okay….
Fyi demonstran ini didominasi sama sopir truk, karena merekalah yang terpengaruh langsung sama aturan vaksinasi tadi. Secara, mereka kan yang harus nyetir cross-country gitu. Terus jadinya sebagai bentuk protes, para sopir ini markirin truk-truknya di tengah jalan sampe ngalangin jalan, terus bangun tenda di situ, sampe bikin pusat kotanya Ottawa ‘paralyzed‘ aka lumpuh. Para sopir ini juga menghidupkan sirene, fireworks, pokoknya chaos deh dan ga mau pulang maunya segala aturan pembatasan karena Covid ini dicabut sama pemerintahannya Pak Justin Trudeau.
 
Terus reaksi pemerintah sendiri gimana?
Bingung juga guys. Massa yang udah chaos kayak gitu bikin Walikota Ottawa Jim Watson kewalahan sampe Pak Jim sendiri bilang kalau mereka udah ‘losing the battle‘, karena biar udah disuruh pulang juga, para sopir tadi masih bertahan. Terus seiring dengan makin lamanya mereka stay di sana, kondisi juga mulai ngga terkontrol di mana sampe Hari Minggu kemarin aja, udah ada 60 aksi kriminal yang diusut polisi terkait demonstrasinya. Adapun aksi kriminal yang dilakukan adalah kayak pencopetan, penrusakan fasilitas umum, hingga ucapan-ucapan rasis dan hate crimes. Karenanya, banyak yang khawatir juga kalo demo ini bakal berujung bangkitnya aksi ekstrim kanan gitu.
 
Hiks. Anything else?
Nggak cuma di Ottawa, di Toronto dan Quebec City juga warga udah mulai pada melakukan aksi demonstrasi. Polisi-polisi di sana juga udah turun ke jalan dan bersiap siaga buat segala chaos dan disruption yang terjadi sepanjang demo, gitu juga di Quebec City yang orang-orangnya udah turun demo sejak Kamis kemaren mempermasalahkan hal yang sama.