Corona Updates 7 Februari 2022

84

Another Monday, another Covid Updates…

And yes, same as previous Mondays, we’ll start your Covid updates from…

 

Home.

  • Per kemarin, 6 Februari 2022, total kasus positif COVID-19 di Indonesia menjadi 4.446.694 kasus, dengan kasus aktif 140.254 angka sembuh 4.161.987 dan kasus meninggal 144.453.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (908.085 kasus), Jawa Barat (724.748 kasus), Jawa Tengah (488.247 kasus), Jawa Timur (402.603 kasus), dan Kalimantan Timur (158.697 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 186.019.239 dan vaksinasi kedua 130.122.520 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Mulai minggu ini, Kota Semarang meniadakan PTM aka Pertemuan Tatap Muka selama dua minggu, dan balik lagi ke Pembelajaran Jarak Jauh aka PJJ. Hal ini disampaikan Hendrar Prihadi, Walikota Semarang Jumat kemarin setelah ngeliat tren kenaikan kasus yang terjadi di Semarang dua minggu terakhir. Fyi kasus harian di Semarang tuh lonjakannya dari yang 67 kasus per hari, naik drastis jadi 148 kasus di hari Jumat kemarin, guys.
  • Sabtu kemarin, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bilang selama sebulan ke depan, orang-orang kelompok rentan kayak lansia dan yang punya penyakit bawaan tuh kalo bisa ngga keluar rumah dulu guys. Karena dari data pemerintah, diketahui bahwa mayoritas pasien COVID-19 yang meninggal berasal dari kelompok ini, khususnya kalau belum divaksin.
  • Jumat kemarin, Kemendikbud Ristek memberikan kebebasan ke orang tua siswa untuk memilih apakah anaknya mau sekolah tatap muka apa online aja, seiring dengan meningkatnya kasus Omicron di berbagai daerah yang ada di PPKM Level 2. Hal ini disampaikan hari Jumat kemarin oleh Sekretaris Jenderalnya Kemendikbud Ristek, Suharti. Bu Suharti juga bilang bahwa kebijakan terkait sekolah tatap muka ini disesuaikan lagi sama kondisi Covid di daerah itu, jadi kalau emang kondisinya terkendali, ya sok aja PTM 100%, tapi kalau keadaannya nggak gitu, ya jangan dipaksain. Sekolah di bawah Kemenag juga udah dibatasi 50% kapasitasnya buat di PPKM Level 2.
  • Jumlah orang yang positif Covid di lingkungan DPR RI terus bertambahguys. Per Sabtu kemarin, total di DPR yang positif udah mencapai 228 orang. Terkait perkembangan ini, DPR akhirnya bikin kebijakan yang WFO cukup 30% aja, ditingkatin lagi dari yang sebelumnya 50%.
  • Ketua MUI Bidang Fatwa KH Asrorun Niam Sholeh menyatakan Sabtu kemarin bahwa pemerintah so far masih bisa mengendalikan COVID-19. Makanya MUI masih memperbolehkan orang-orang buat salat berjamaah di masjid, termasuk salat Jumat. Asal prokesnya diterapin aja katanya.
Meanwhile, internationally….
  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 393.322.716 kasus dan 5.734.624 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (76.458.488 kasus), India (42.188.138 kasus), Brazil (26.484.546 kasus), Prancis (20.731.613 kasus), dan Inggris (17.870.379 kasus).
  • Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sama istrinya baru aja dikonfirmasi positif Covid varian Omicron. Hal ini disampaikan langsung sama Erdogan lewat akun Twitternya hari Sabtu kemarin. Tapi untungnya mereka cuma kena gejala ringan, gaes. Disampaikan juga kalau Erdogan bakalan tetap menjalankan tugasnya sebagai presiden, meskipun dari rumah. Oh iya, fyi Erdogan ini udah dapat vaksin booster sejak pertengahan tahun lalu.
  • Korea Selatan baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal memperpanjang aturan pembatasan masyarakat yang berlaku  selama dua minggu ke depan. Adapun beberapa aturannya adalah tempat-tempat kayak bar, gym, dan restoran udah harus tutup di jam 9 malam. Jumat kemarin, PM Korsel Kim Boo-kyum bilangnya perpanjangan ini dilakukan buat menghalau penyebaran Omicron di tengah puncak libur Lunar New Year minggu-minggu ini.
  • Well, another record-breaking moment from Amerika Serikat. Di sana, varian Omicron tuh udah dideteksi di 49 negara bagian out of 50 states yang ada di sana. Terus Jumat kemarin, total kematian di AS due to Covid udah mencapai 900 ribu orang guys, dengan 2.400 kasus positif per harinya. That being said, AS masih memegang rekor sebagai negara dengan kasus kematian tertinggi di dunia.
  • Setelah berbagai restrictions yang diberlakukan dan aturan karantina yang ditetapkan, Selandia Baru akhirnya pelan-pelan bakalan reopening bordernya lagi dalam waktu dekat ini. PM Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan bahwa warga negaranya yang ada di Australia udah boleh pulang dan masuk New Zealand lagi per 27 Februari nanti, dan progress ini bakal dilanjutkan ke New Zealanders dari negara lain yang udah fully vaccinated, mulai 13 Maret. Rencananya, NZ bakalan full reopening lagi di Oktober nanti, tapi “We are not quite there yet,” kata Jacinda Ardern.
  • Another update from Jimin BTS yang awalnya didiagnosis kena radang usus dan harus dioperasi akhir bulan lalu tanggal 30. Nah, sebelum dioperasi kan tes PCR dulu tuh, ternyata doi positif. Operasinya tetap berjalan dan sukses. Jimin dirawat di sana selama semingguan dan Sabtu kemarin udah dibolehin pulang. Untungnya PCR doi juga udah negatif dan selama di rumah sakit, nggak ada gejala berat yang dialami sama Jimin BTS ini.
  • Kayak yang kamu udah tahu, saat ini kan Winter Olympics lagi berlangsung yah di China. Namun demi mencegah penularan COVID-19 di venue acara, para bartender dan pelayan yang bertugas di resor ski Zhangjiakou, China jadi mengenakan pakaian hazmat biru dan putih kayak astronaut pas melayani para pelanggannya. Meski para bartender ini berhazmat lengkap, namun para pelanggannya sendiri engga guys. Mereka cukup pake masker aja yang juga dibuka ketika mam.