Corona Update 14 Februari 2022

129

In a day full of flowers, we’re still here, talking about…

Covid Updates. And as always, we’ll start from…

 
Home.
  • Per kemarin, 13 Februari 2022, total kasus positif COVID-19 di Indonesia menjadi 4.763.252 kasus, dengan kasus aktif 335.340 angka sembuh 4.282.847 dan kasus meninggal 145.065.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (1.040.619 kasus), Jawa Barat (809.130 kasus), Jawa Tengah (502.132 kasus), Jawa Timur (429.535 kasus), dan Banten (193.827 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 188.060.706 dan vaksinasi kedua 135.209.233 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Seiring dengan makin bertambahnya kasus positif COVID-19 di Bali, Plt Kepala Dinas Kesehatan Bali Made Rentin menyebut bahwa pihaknya udah siap untuk meningkatkan layanan kesehatan di seantero Bali. Bli Made bilang, Bali bakalan nambah tempat tidur, nambah alkes, sampai tenaga kesehatannya juga sebanyak 40% dari jumlah saat ini.
  • Nationally, kasus COVID-19 juga lagi mengkhawatirkan guys, sampe mencapai 40ribu kasus per hari di Hari Jumat lalu. Karenanya, pemerintah udah menegaskan bahwa layanan faskes yang ada bakal diperkuat. Hal ini disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama KSP Brian Sri Prahastuti yang menegaskan bahwa kapasitas layanan di seluruh fasilitas kesehatan bakalan ditingkatkan, terutama di faskes-faskes yang emang rujukan Covid. Adapun fasilitas yang bakal ditingkatin adalah terkait ketersediaan obat, layanan di ICU, sampai ke oksigen dan ventilator.
  • Sabtu kemarin. Aparat gabungan baru aja ngebubarin pengunjung yang rame-rame nongkrong di warung angkringan Bali Voozy di Kuta Utara, Bali. Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes bilangnya namanya lagi PPKM Level 3, berarti kan warga ga bole ngumpul-ngumpul, meaning warung angkringan itu udah ngelanggar aturan karena nggak taat prokes. Petugas belakangan ini emang lagi makin menggencarkan patroli khususnya di weekend, karena kasus Covid di Badung yang nambahhhhh terus.
  • Kemarin, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru aja menyebut bahwa pihaknya belum bayar atau ngutang sebesar Rp25,10 triliun ke rumah sakit yang melayani pasien COVID-19 di sepanjang tahun 2021. Menurut Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes Siti Khalimah, pihaknya menanggung biaya penanganan 1,72 juta pasien Covid-19 dengan tagihan total sebesar Rp90,2 triliun. WOW.
  • Buat kamu para penikmat MotoGP, tenang aja guys, karena kemarin Komandan Lapangan MotoGP 2022 Marsekal TNI (pur) Hadi Tjahjanto baru aja mengkonfirmasi bahwa seluruh pembalap dan kru tes MotoGP Mandalika bebas dari COVID-19. Hasil ini diketahui dari hasil tes swab PCR yang dilakukan pada Jumat minggu lalu, dan hasilnya ga ada yang statusnya positif.

Meanwhile, internationally….

  • Per 13 Februari 2022, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 410.295.530 kasus dan 5.811.065 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (77.707.694 kasus), India (42.631.421 kasus), Brazil (27.434.286 kasus), Prancis (21.765.182 kasus), dan Inggris (18.392.137 kasus).
  • Jumat kemarin, China akhirnya memberikan approval bersyarat buat penggunaan obat Covid-19 dari Pfizer yang namanya Paxlovid. Adapun obat Paxlovid ini ditargetkan buat orang-orang yang punya gejala ringan ke sedang, dan yang punya potensi buat penyakitnya tambah parah. Fyi Paxlovid ini tuh udah di-approve duluan di negara-negara Eropa secara darurat for the sake of this Omicron.
  • Kerusuhan di Kanada gara-gara protes vaccine mandates dan Covid restrictions makin parah aja nih, gengs. Sabtu kemarin, padahal udah disuruh pulang tuh kan, tapi demonstran itu malah makin barbar demo di jembatan utama US-Canada Border yang namanya Ambassador Bridge. Dalam kondisi ini, para pihak berwenang udah memerintahkan para demonstran untuk pulang, tapi mereka masih menolak dan going strong.
  • Masih ingat Perancis yang udah berdamai sama Covid dengan mencabut aturan penggunaan masker? Mulai minggu ini, kamu-kamu yang udah divaksin dan mau liburan ke Perancis udah bisa masuk ke sana tanpa harus PCR lagi, gengs. Cukup nunjukin bukti vaksin doang aja, you udah bisa masuk ke Prancis dan foto ala-ala Emily in Paris. Tapi kalau yang belum vaksin, kamu harus tes dulu dan cuma boleh untuk alasan esensial aja.
  • Pemerintah Amerika Serikat minggu lalu baru aja memutuskan untuk menunda penggunaan vaksin Pfizer buat anak di bawah lima tahun dengan alasan BPOM sama masih butuh data lebih katanya. Keputusan ini diambil setelah mereka nge-review penggunaan vaksin itu dan diputuskan bahwa pemberian vaksinasi buat sekitar 18juta anak usia di bawah lima tahun masih harus butuh banyak data supaya memenuhi standar. Kemungkinannya, delay-nya ini akan berlangsung selama dua bulan guys.
  • Setelah dua tahun pandemi, Filipina akhirnya membuka lagi pintu gerbang internasionalnya buat turis asing demi kembali membangkitkan sektor pariwisatanya. Kamis minggu lalu, sebanyak 200 turis yang mostly datang dari China dan AS akhirnya mendarat juga di negaranya Duterte itu. Fyi turis dari negara asing yang datang ke Filipina tuh nggak perlu lagi karantina guys, cukup dengan nunjukin bukti vaksin aja.
  • Minggu lalu, pemerintah Hong Kong mengumumkan warganya untuk “brace urself” karena mereka kemungkinan bakal kekurangan stok sayur dan daging lantaran banyak supir truk yang biasanya ngangkutin stoknya dari China terkonfirmasi positif Covid. Secara kalau urusan makanan segar, 90% yang ada di Hong Kong tuh diimpor dari China guys, termasuk seafood juga. Nah, karena penerbangan juga dibatasi, dan via darat supirnya lagi nggak bisa kerja, yaudah kekurangan stoklah mereka. Tapi disampaikan kemarin, pemerintah di China dan Hong Kong, mereka lagi kerja sama dan memperkuat detil-detil yang ada biar pengiriman logistiknya bisa dilakukan sesegera mungkin dan stok di Hong Kong balik normal lagi.