Chinese New Year 2573 Updates

115

Now, let’s talk about yesterday’s Chinese New Year…

Yep, di tahun macan ini, semoga kita selalu sehat, sukses, dan cuan selalu! Nah guys, in case you were busy catching up some Netflix series yesterday, ini dia rangkuman perayaan Hari Raya Imlek 2573 kemarin!
 
Tell me.
OK. Jadi acaranya sendiri digelar dengan relatif aman dan khidmat, di mana banyak masyarakat Tionghoa yang merayakan tahun baru ini. Adapun sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas udah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang paduan protokol kesehatan (prokes) bagi umat Konghucu yang bakal melaksanakan ibadah Imlek 2573 Kongzili di tengah pandemi. Beberapa aturannya adalah: umat Konghucu diminta untuk enggak mudik, dah ibadah Imlek di Klenteng dibatasi maksimal 10 persen dari total kapasitas.
 
Okeh terus…
Nah terus, di Jakarta sendiri polisi menurunkan sebanyak 1.965 personel demi mengamankan perayaan Imlek. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, ribuan personel itu merupakan gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres di berbagai wilayah. Terus, para personel itu diturunkan untuk mengamankan 287 lokasi Vihara di area Polda Metro Jaya.
 
Jadi di vihara aja nih?
Enggak juga. Untuk mengatur lalu lintas, polisi juga menurunkan hingga 200 orang personel. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, sambil mengawasi lalu lintas, pihaknya juga melakukan pengawasan protokol kesehatan di beberapa tempat.
 
OK…
Nah bertepatan dengan perayaan ini, kemarin, Pak Presiden Joko Widodo juga mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek melalui akun Instagramnya. Beliau menyebut bahwa  di masa sulit seperti saat ini, harapan harus tetap ada. Beliau menyampaikan, “Tantangan dan ujian datang silih berganti, namun manusia telah dibekali kekuatan, keberanian, dan kemampuan untuk menghadapinya. Karena itulah, di masa-masa sulit ini segenap lampion harapan tetap kita apungkan. Gong Xi Fa Cai.”
 
Terus perayaannya gimana?
Seru sih guys, kayak misalnya di Bandung, di mana ada sebanyak 260 batang lilin yang udah selesai diproduksi dan dipajang di area Vihara Dharma Ramsi. Menurut pengelola sekaligus relawan di Vihara Dharma yang bernama Ramsi Asikin, produksi lilin Imlek ini udah berjalan sejak 6 bulan lalu. Ke-260 lilin tersebut terdiri dari 60 batang lilin besar dengan bobot sekitar 100 kilogram sebanyak 30 pasang. Terus juga di Semarang, warga melakukan gotong royong dalam membersihkan klenteng Tay Kak Sie. Ini merupakan tradisi yang dari tahun ke tahun dilakukan untuk menyambut Imlek. Meanwhile di Jakarta sendiri, ada pertunjukan barongsai di LRT, dan bunderan HI juga meriah dengan berbagai ornamen Imlek. Seru kan?
 
Nice… anything else?
Well, kamu juga perlu tahu ni guys bahwa kemarin, bertepatan dengan Imlek, ada 25 orang napi penganut Konghucu yang menerima remisi dari Ditjen PAS di Kemenkumham. Adapun para napi ini terbanyak ada di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung dengan jumlah 11 narapidana, terus Kanwil Kalimantan Barat sebanyak 3 narapidana, serta Kanwil Kemenkumham Banten, DKI Jakarta, dan Riau masing-masing 2 narapidana.