Amerika Cuaca Buruk, Argentina Mengalami Kebakaran Hutan

97

When things are getting worse in Argentina…

Due to fire.
 
Here we go again….
Iya guys, sedih banget deh. Jadi masih nyambung sama berita di atas, Amerika Selatan tuh sekarang lagi mengalami cuaca buruk, termasuk Argentina. Nah, saking parahnya keadaan di sana, Argentina sampe mengalami kebakaran hutan yang berkepanjangan sejak Desember tahun lalu, dan totalnya sejauh ini ada sampe 1,5juta hektar lahan yang terbakar.
 
How come?
Well, it’s the combination of pretty much everything. Dari mulai kekeringan parah, kelembaban yang juga rendah, hingga gelombang panas yang akhirnya bikin mudah banget buat sekumpulan api menjalar ke berbagai wilayah. Ditambah lagi, hujan udah lama nggak turun hingga menyebabkan apinya susah banget dipadamkan.
 
Oh no…
Yep. Adapun pusat apinya ada di bagian timur laut Argentina, di satu kota namanya Corrientes. Terkait perkembangan di daerahnya yang kian mengkhawatirkan, pemerintah setempat akhirnya memberlakukan emergency status dan bencana agrikultur. Terus, otoritas sana juga memperkirakan bahwa api telah menyebar di setidaknya 6% dari total luas provinsi tersebut, yang terletak di antara Uruguay dan Paraguay.
 
Hiks… terus warganya gimana?
Well, mayoritas warga yang tinggal di kawasan tersebut udah dievakuasi, karena emang tingkat kabut asapnya yang parah banget dan membahayakan kesehatan. Yang menyedihkan lagi guys, dari seluruh area yang terbakar, 10% di antaranya adalah part dari Ibera National Park, yang merupakan rumah bagi 4.000 spesies tumbuhan dan hewan. Bisa dipastikan, habitat mereka punah gara-gara kebakaran ini.
 
Terus respons pemerintah gimana dongs?
Nah, sampai saat ini, otoritas setempat masih berusaha buat mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menghentikan kobaran api. Para petugas pemadam kebakaran bersama-sama warga berusaha buat menghalau api supaya ngga makin menyebar, dan banyak juga selebriti di Argentina yang menggalang dana untuk bahu membahu memadamkan kebakaran. Selain itu, ada sedikit glimmer of hope ni guys, karena sejak Senin kemarin, hujan mulai turun di kawasan tersebut dan diharapkan bisa membantu memadamkan api.
 
Got it. Anything else?
Kebakaran lahan di Argentina ini jadi deja vu sama kebakaran besar-besaran yang juga terjadi sama negara tetangga Argentina, Brazil dua tahun lalu. Dan sebenernya, kejadian wildfire yang makin sering terjadi ini penyebabnya ngga lain adalah pemanasan global, yang bikin suhu makin panas dan kondisi makin kering. Kalo udah kering, api jadi lebih mudah muncul dan eventually bikin kebakaran hutan makin banyak terjadi. Hiks…