1 Juta Anak Afghanistan Jadi Buruh

93

For when things are getting worse for children in Afghanistan…

Kenapa emang?
Karena hasil survei terbaru dari lembaga Save the Children menemukan bahwa sejauh ini ada sekitar satu juta anak di Afghanistan yang jadi buruh anak.
 
Whaat? Noooo ūüôĀ
Iya¬†guys,¬†sedih kan? Jadi emang sejak Afghanistan balik ke tangan Taliban tahun lalu, otomatis pemasukan Afghanistan yang bergantung sama bantuan internasional terhenti. Hal ini karena rezim Taliban yang dinilai negara-negara Barat sama sekali ngga menghargai HAM dan hak-hak perempuan, jadi yhaa berbagai bantuan buat mereka di-stop, bahkan aset Afghanistan yang ada di luar negeri juga dibekukan.¬†Amidst all of this chaos,¬†pemerintahan Taliban juga¬†hasn’t yet found¬†a way to make moneyyy,¬†jadinya negaranya udah mau¬†collapse¬†secara ekonomi. Selain 98% a.k.a hampir semua warganya mengalami kelaparan, ternyata anak-anak di sana juga mayoritas mengalami malnutrisi dan kini jadi harus jadi¬†buruh anak.
 
Hiks. Tell me more.
OK. Jadi dalam research-nya, Save the Children menemukan bahwa setengah dari penduduk Kabul, ibukotanya Afghanistan udah nggak punya income sama sekali. Terus nationally, sepertiga penduduk udah nggak punya pendapatan, dan seperempat dari mereka masih punya pemasukan itupun nggak nyampe setengah dari pendapatan mereka sebelum jatuh krisis. With that being said, penduduk di kota jadi yang paling kena dampak nih dari near-collapse situation di Afghanistan.
 
Kasian banget…
Yep, makanya buat membantu perekonomian keluarga yang porak poranda itu, biar mereka bisa makan dan¬†survive, anak-anak di bawah umur harus mulai kerja. Tentunya kerjaan yang mereka lakukan sangat berbahaya dan ngga¬†safe¬†sama sekali, kayak kerja jadi pembantu di rumah orang-orang kaya di sana, atau kerja kasar di pasar maupun jalanan. Meski udah kerja, harga makanan yang mahal banget bikin mayoritas anak-anak ini cuma bisa makan roti dan air aja selama beberapa bulan terakhir.¬†Which leads to…
 
Acute malnutrition.
Hiks. Sedih deh guys, jadi masih menurut save the children, satu dari dua anak di Afghanistan saat ini tengah mengalami malnutrisi parah karena kurang makan dan makanan bergizi. Bukan ini aja, anak-anak Afghanistan juga terancam dengan penyakit radang paru-paru yang mematikan, di mana penyakit ini menjadi penyebab kematian atas satu dari lima anak di sana.
 
Hiks. Alright. Anything else?
Yep. Jadi kalo kondisinya begini terus, UNICEF memprediksi bahwa setengah dari anak-anak berusia satu sampe lima di Afghanistan bakal mengalami malnutrisi parah. Penyebabnya karena gaada makanan, gaada akses air minum, sampe sanitasi yang minim. Ditambah lagi setiap winter, anak-anak bakal lebih menderita karena udaranya yang dingin bikin mereka lebih vulnerable untuk kena berbagai macam penyakit.