Tonga Setelah Erupsi Gunung Berapi Bawah Laut

103

Who’s just hit by eruption and tsunami?

Tonga.
Yep, setelah erupsi yang terjadi dari gunung berapi bawah laut beberapa hari lalu, situasi di salah satu negara di kepulauan Pasifik yaitu Tonga masih dalam proses recovery nih, gengs. And, Thank God nggak ada korban massal dalam bencana ini.
 
Remind me againletusannya separah apa sih?
Parah banget gengs. Jadi diyakini, letusan gunung berapi itu adalah yang terbesar dalam 30 tahun terakhir ini di bumi. Gede banget kan tu, sampe-sampe gambar dari satelit menunjukkan ledakan yang selevel ledakan nuklir. Letusan ini sampe mengakibatkan tsunami di Kawasan Pasifik sampai ke Jepang dan west coast Amerika Serikat, dan lanjut terus sampe menyebabkan minyak tumpah di Peru.
 
Oke, terus-terus? 
Nah menariknya guys, despite its massive volcanic eruption, jumlah orang meninggal dan kerusakan infrastruktur yang terjadi di Tonga bisa dibilang minimal banget. So far ada dua orang korban jiwa, dan yang jadi masalah adalah sumber air yang terkontaminasi abu. Selain itu, abu juga menetupi landasan pacu bandar udara di ibu kota Nuku’alofa, dan kini lagi buru-buru dibersihin sama pemerintah setempat, biar bantuan dari negara lain bisa datang dan leluasa mendarat di negara mereka. Adapun yang bakal ngebantu mereka salah duanya adalah tetangga sendiri, Australia dan Selandia Baru.
 
Sounds good…
Yep, Menhan Selandia Baru Peeni Henare udah nyiapin bantuan berupa dua kapal angkatan laut yang isinya air minum dan kebutuhan esensial lain buat warga di Tonga. Selain itu, Selandia Baru juga udah ngirimin helikopter yang bakal berguna banget buat proses evakuasi di sana. Ada juga beberapa orang tim survei dan tim penyelam yang berangkat selama tiga hari dari Selandia Baru menuju Tonga, gengs. Australia sendiri nyiapin kapal yang udah stand by di Pantai Timur Brisbane.
 
Terus sekarang keadaannya gimana?
Menurut konfirmasi dari Selandia Baru, selain abu dan beberapa kerusakan puluhan di rumah yang terletak di bibir pantai, kerusakan juga terjadi pada listrik dan koneksi telepon lokal yang udah dipulihkan lagi meskipun belum yang stabil-stabil banget. Terus, ada seorang wanita dari Inggris yang dinyatakan hilang dan masih dalam tahap pencarian. Untuk korban meninggal sendiri baru tercatat dua orang, makanya sampai sekarang masih dibilang nggak ada korban massal dalam bencana ini. Nah tapi ada masalah baru nih yang dikhawatirin sama Tonga…
 
Masalah apa tuh? 
Masalah COVID-19 dong, what else wkwkw. Sampai sekarang Tonga tuh salah satu negara yang masih belum menemukan satupun kasus COVID-19, dan dengan bantuan dari negara-negara lain yang berdatangan, mereka tuh takutnya ada tsunami lain yang terjadi selain tsunami yang sekarang lagi mereka hadapi, yaitu tsunami COVID-19 ini. Padahal mereka emang mengharapkan ada bantuan, dan negara-negara kayak Aussie dan Selandia Baru di atas juga mau bantu.
 
OK. Anything else?
Again ya guys, meskipun letusan gunung berapinya gede banget, namun kehidupan warga di sana udah berangsur-angsur kembali normal. Jadi si tsunami yang ditakutkan sama banyak pihak itu ternyata hanya setinggi 80cm aja, hingga memungkinkan warga untuk dievakuasi.