Seseorang Tak Dikenal Menyebrang Perbatasan Korea Selatan & Utara

89

When you’re seeing “Crash Landing on You” in real life…

Yep, we’re not joking.
Jadi hari minggu kemarin, tentara penjaga perbatasan di Korea Utara dan Korea Selatan dikezoetkan dengan munculnya seseorang yang nyebrang dari Korea Selatan ke Korea Utara.
 
EH?
Yep, pergerakan ini berhasil ditangkap oleh sensor thermal-nya militer Korsel, meski sampe sekarang belum diketahui identitas asli dari si penyebrang. However, dalam keterangan resminya, militer Korsel bilang bahwa most likely sih orang itu adalah warga Korut yang nyebrang ke Korsel tahun lalu. Terus tahun ini, doi balik lagi ke negaranya. Tapi yha masih diduga ya gengs.
 
Ini gimana kejadiannya sih.
Well, jadi dalam tangkapan CCTV-nya tentara Korsel, ditemukan bahwa orang tersebut memanjat kawat berduri yang terletak di area buffer zone, yang memisahkan kedua Korea. Sebenernya pergerakan ini udah terekam sejak jam 6:40 sore, tapi para tentara tadi baru ngeh ada kejadian tersebut pada jam 9:20 malam. Jadinya yha most likely si penyebrang udah nyampe di Korut. Menemukan hal ini, militer Korsel langsung menuju lokasi kejadian, dan ditemukan, guys, bekas-bekas pemanjatannya tadi.
 
Ya ampuuun…
Nah hal ini tentu bikin geger Korsel, secara penyebrangan di wilayah buffer zone ini jarang terjadi dan bahaya banget. Hal ini adalah karena zona yang juga disebut Demilitarized Zone (DMZ) ini merupakan area perbatasan yang pengawasannya paling ketat di dunia. Yoi guys, ga kayak di film Crush Landing on You yang bisa nyangkut di pohon gitu, aslinya DMZ ini dikelilingi oleh pagar berduri, sensor, ranjau ledakan, pos militer, hingga patroli tentara yang ketat banget. Ga tanggung-tanggung, setiap harinya ada 2jutaan tentara dari kedua negara yang udah siap perang kalo ada apa-apa di perbatasan tersebut. Terus kalo malem juga pencahayaannya terang banget, sampe ya sebenernya ga memungkinkan deh, orang bisa lolos gitu.
 
Tapi kira-kira siapa ya tu orang?
Yang pasti bukan Captain Ri gengs, xixixixi. Masih menurut keterangan resmi dari militer Korsel, bisa aja ni orang adalah warga Korsel yang mau ke Korut, atau mata-mata Korut yang mau balik ke negaranya, atau bisa jadi juga, warga Korut yang kabur ke Korsel, tapi enggak bahagia jadi mau pulkam aja? Nah yang pasti sih, Korsel udah meng-confirmed bahwa ngga ada satupun dari tentaranya yang berjaga di wilayah DMZ tadi yang ilang pas malam kejadian.
 
Terus, pihak Korut udah dikabarin?
Udah guys, kata pihak Korsel, abis kejadian mereka langsung nginfoin ke tentara Korut untuk meminta perlindungan, in case orang yang nyebrang itu adalah warga Korsel. Namun, so far belum ada ada respons dari Korut dan media di sana juga belum ada laporan apa-apa.
 
Emang sering kejadian nggak sih nyebrang-nyebarang gini?
Sering guys, secara pembangunan ekonomi yang jomplang banget antara kedua negara bikin banyak warga Korut yang berusaha pindah ke Korsel. However, status perang antara kedua negara yang belum berakhir bikin hal itu hampir mustahil, sehingga mayoritas warga Korut yang berhasil pindah ke Korsel itu terbangnya ke China dulu, terus ke Asia Tenggara, baru deh ke Korsel. On the other hand, penyeberangan dari Korsel ke Korut lebih jarang lagi, walaupun tahun lalu warga Korut sempet dihebohkan dengan warganya yang berenang dari Korsel lewat sungai untuk bisa pulkam. Hal ini kemudian bikin Kim Jong-un me-lockdown kota di tempat orang itu nyampe, karena takut tu orang bawa virus corona.
 
Ampun deh. Anything else?
Well, in a totally unrelated news, kamu harus tahu guys bahwa dalam pesan tahun barunya kemarin, pemimpin Korut Kim Jong-un meng-address soal kelangkaan makanan di negaranya yang berat banget. Beliau juga meminta jajarannya supaya terus meningkatkan produksi pertaniannya. Hal ini of course menarik perhatian publik global, secara Korut super tertutup banget soal kondisi dalam negerinya. Ditambah lagi pas pandemi COVID-19 menyebar, Korut me-lockdown negaranya dan sampe sekarang mereka belum meng-klaim satu pun kasus positif.