Seragam Satpam Akan Diganti Lagi

113

What’s more confusing than your relationship?

Polisi and Satpam’s uniform
 
Hah kenapa emang? 
Lagi rame ni gengs, bahwa seragam Pak Satpam dan Pak Polisi yang warnanya sama bikin banyak orang kecele. Yep, kamu tentunya tahu bahwa sekarang tuh udah nggak ada lagi satpam yang pakai setelan putih bawahan navy gitu.  Semuanya udah diganti ke coklat muda, which is 11 12 sama polisi, Nah karena suka bikin bingung, jadinya seragam satpam bakalan diganti lagi, gengs.
 
Dulunya kenapa diganti ke coklat muda ini emang? 
Well, menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri pada saat itu Brigjen Pol Awi Setiyono, ada sejumlah alasan nih kenapa seragam satpam kemarin diganti dari putih navy ke coklat muda . Yaitu biar menumbuhkan kebanggaan para satpam sama pekerjaan mereka, juga biar satpam tuh punya kedekatan emosional sama Polri. Makanya dibikin mirip gitu. Adapun warna cokelat dipilih karena filosofinya yang melambangkan kesederhanaan, bersahaja, kejujuran, dan keanggunan. Eh tapi malah nyaru karena orang-orang banyak yang bingung dan nggak bisa bedain. Dikira polisi, eh ternyata satpam.
 
Aku pernah tuh hehehehe
Tosss. Polri pun mengakui kalau warna seragam satpam dan polisi ini emang terlalu mirip, guys. Makanya sekarang mau diubah lagi itu seragam satpam jadi warna krem, dengan bawahannya sama kayak sebelumnya which is coklat tua. Pihak dari divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan bilangnya warna krem ini masih dalam proses pengkajian, dan bakalan diperkenalkan ke publik pas hari ulang tahunnya Satpam ke-41, 31 Januari nanti.
 
Berarti Pak Satpam bakal langsung pada ganti seragam lagi ni?
Yeaa most likely tapi enggak langsung di bulan ini juga, guys. Kalau ngikutin peraturannya, perubahan penggunaan seragam ini bakalan diatur dalam Peraturan Kapolri kan, Terus, implementasi dari aturan itu baru bisa berlaku setahun setelah Peraturan Kapolri-nya keluar. Kayak peralihan dari putih navy ke coklat muda kemarin, peraturannya keluar di 2020, tapi barui bisa direalisasikan di 2021. Yang ini juga gitu.
 
Got it. Did anyone say anything? 
Ada. Angota Komisi III DPR RI, Habiburokhman bilang jangan diganti itu seragamnya. Kata Pak Habib, seragam satpam yang dibikin mirip sama polisi bisa kasih efek psikologis ke orang-orang yang mau melakukan kejahatan, eh nggak jadi karena mereka ngeliat orang yang sekilas kayak polisi. Terus, lebih lanjut Pak Habib juga ngomong jangankan manusia dibikin mirip polisi, patung juga kayak gitu, ada patung mirip polisi, biar orang-orang pada patuh.
 
… 
Selain Pak Habib, Santoso yang sama-sama anggota di Komisi III juga bilangnya lebih baik seragam satpam tuh dipertahanin aja. Dan jangan terlalu sering diganti. Soalnya hal ini bakalan bikin susah orang-orang di dunia usaha karena harus keluar duit lagi buat seragam satpam yang baru. Kayak, orang udah susah karena pandemi, jangan dibikin susah lagi tolong, gitu guys.
 
Tapi ada yang setuju nggak sih? 
Ada dong. Tim #Yay kita kali ini adalah Pak Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto sebagai Ketua Kompolnas RI. Doi bilang bahwa dari awal dirinya nggak setuju kalau seragam satpam dan polisi ini dibikin mirip. Menurut beliau, emang harus ada perbedaan antara dua profesi ini, dan kalaupun mau menghargai satpam, ya bukan dengan bikin seragamnya mirip sama polisi ceunah. Daripada fokus ngurusin seragam, lebih baiki fokus ke hak, kompetensi, pembinaan karier, dan profesionalitasnya gitu.
 
Got it. Anything else I should know?
Fyi lahirnya Satuan Pengamanan aka Satpam di Indonesia nggak terlepas dari peran Jenderal Polisi Awaloedin Djamin, Kapolri periode 1979-1982.  Satpam ini dibentuk karena kekhawatirannya beliau yang merasa jumlah anggota polri terbatas banget kalau harus melindungi masyarakat di lingkup-lingkup kecil kayak pertokoan atau perkantoran, sampai akhirnya di Desember 1980, satpam secara resmi lahir. Dari sejak berdiri sampai sekarang, seragam satpam juga mengalami berbagai perubahan. Dari biru-biru dan putih biru, sampai cokelat muda kayak sekarang.