Masa Jabatan Gubernur & Wakil DKI Jakarta Berakhir 2022

85

Who’s on the running towards Jakarta’s next top governor?

A lot of politicians.
 
EH? 
Iya guys, karena di Oktober 2022 nanti, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Bersama wakilnya Ahmad Riza Patria bakalan mengakhiri masa jabatannya sebagai gubernur dan wakil gubernur. Yep, tahun ini emang udah menginjak tahun kelima Pak Anies menjabat sebagai DKI 1. Jadi udah waktunya beliau diganti.
 
Time flies yha…. 
I know right. To refreshen you up, di 2017 lalu ada tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. Ada Basuki Tjahaja Purnama aka Pak Ahok dan Pak Djarot Saiful Hidayat, ada Mas AHY yang bergandeng sama Mpok Syliviana Murni, dan Pak Anies Baswedan sama Bang Sandiaga Uno. Sempat ada putaran kedua yang mempertemukan Pak Ahok VS Pak Anies, lalu dimenangkan Pak Anies dan Pak Sandiaga Uno yang kemudian dilantik pada 16 Oktober 2017.
 
Yes I remember
Nah kemudian di tahun 2018, Pak Sandi mundur karena mau maju jadi cawapres bareng Pak Menhan Prabowo Subianto. Selanjutnya posisi beliau digantikan oleh rekan separtainya di Gerindra, yakni Ahmad Riza Patria. Namun, Bang Riza baru dilantik langsung sama Pak Presiden pada 15 April 2020 karena emang lobi-lobian politiknya kenceng tu guys, soal sosok DKI 2. Jadi emang lumayan lama Pak Anies ngejomblo. Anyway setelah terhitung lima tahun menjabat, Pak Anies dan Pak Riza akhirnya bakal mengakhiri masa jabatannya, tapiiii ga langsung ada penggantinya, karena kita belum bakal ada pilkada di tahun ini.
 
Hah kok bisa? 
Tanyakan pada kura-kura hijau aka DPR. Ehehehe. Beneran gengs, secara kan yang punya wewenang untuk ngatur timeline pemilu tuh DPR dan pemerintah pusat yah, nah dalam aturan pemilu yang baru, Pilkada ini bakal semuanya dibarengin sama Pilpres, Pileg, dll di tahun 2024. Nah lho… 2019 aja udah puyeng ya guys harus nyoblos 4 surat suara.
 
Iya, buset…
Tapi yaudah, palu udah diketok, Pilkada DKI Jakarta bakal diundur di tahun 2024. Meski begitu, Pak Anies ngga ujug-ujug bisa lanjutin tugasnya sebagai gubernur karena kalo urusan masa jabatan sih ya tetep aja lima tahun. So what will happen adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal mengusulkan nama-nama untuk jadi pejabat (Pj) sementara sampe pemilu digelar. Adapun syarat Pj ini adalah orangnya harus ASN, minimal eselon 1.
 
Yah nyesel deh w gaikut CPNS.
Same. Nah sejauh ini sih, Kemendagri dan Istana Kepresidenan masih belum ada info-info soal penjabat pengganti Anies. Namun, udah dari jauh-jauh hari, sejumlah pihak ngingetin keduanya supaya penjabat sementara yang dipilih nantinya sebagai Plt Gubernur enggak berasal dari TNI dan Polri, pokoknya harus dari PNS. Nah makin nyesel kan u gaikutan CPNS??
 
Huft… But I’ve been hearing some names…
Oh iya. Pilkada diundur bukan berarti bursa calonnya ngga panas guys. Meski digelarnya pada 2024 mendatang, namun dari sekarang kita udah denger banyak nama calon bermunculan. Misalnya, Ketua DPRD DKI asal Gerindra M. Taufik menyebut ada tiga nama potensial jadi Cagub, yakni kadernya sendiri yang jadi Wagub saat ini Bang Riza Patria, mantan Walikota Tangerang Selatan Mbak Airin Rachmy Diani (?????) hingga Menteri Investasi RI Bang Bahlil Lahadalia. Terus Golkar juga punya calon potensialnya, yakni Ahmed Zaki Iskandar yang kini menjabat sebagai Bupati Tangerang. Finally, Nasdem juga lagi menggadang-gadang kadernya sendiri asal Tanjung Priok, Ahmad Sahroni untuk maju sebagai Gubernur. Tapi Bang Roni sendiri bilang doi sih maunya jadi presiden aje.
 
Got it. Anything else I should know? 
Fyi selain Pak Anies di Jakarta, ada gubernur-gubernur lain yang masa jabatannya juga habis di tahun ini, kayak Pak Wahidin Halim di Banten, Pak Erzaldi Gubernur Bangka Belitung, Pak Rusli Habibie Gubernur Gorontalo, Pak Ali Gubernur Sulawesi Barat, dan Pak Dominggus Gubernur Papua Barat. Di Aceh juga gitu, Pak Nova Iriansyah akan mengakhiri akan mengakhiri masa jabatannya sebagai gubernur tahun ini.