Maluku Utara Provinsi Paling Bahagia di Indonesia

131

When all you want is to be happy…

Don’t we all?
Nah guys, kalo kamu pengen bahagia, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah ke… Maluku Utara.
 
HAH kenapa emang?
Karena menurut riset yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan dipublikasikan minggu lalu, Maluku Utara ini emang tercatat sebagai provinsi paling bahagia di Indonesia. Adapun tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia ini diukur dari tiga dimensi, yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affection) dan makna hidup (eudaimonia).
 
Go on…
Nah yang menarik, dari sepuluh provinsi yang paling bahagia di Indonesia, enggak ada satu pun yang terletak di Pulau Jawa. Sebaliknya, justru Banten jadi provinsi yang indeks kebahagiaannya paling rendah. Meanwhile, ibu kota Jakarta ada di posisi paling nggak bahagia ke delapan, tepat di atas Sumatera Utara.
 
I see…
Selanjutnya, data BPS juga menunjukkan bahwa ada sejumlah dimensi kebahagiaan di Banten yang berada di bawah indeks nasional. Contohnya, pada indeks dimensi kepuasan hidup, angka Banten berada di bawah rata-rata nasional, karena kalo nasional berada pada angka 75,16, sementara Banten 72,61.
 
I believe it’s not all about the location…
Oh iya enggak guys. Ada juga dari status pernikahan, di mana kata BPS, orang Indonesia yang udah menikah ditemukan lebih bahagia daripada status lainnya. Jadi kata BPS, penduduk dengan status perkawinan menikah memiliki indeks kebahagiaan tertinggi dibandingkan dengan penduduk status perkawinan lainnya yaitu sebesar 72,1. Dalam Indeks Kebahagiaan 2021, penduduk dengan status perkawinan belum menikah memiliki indeks sebesar 71,58.
 
This is getting more interesting. Tell me more!
Selain itu, ditemukan pula bahwa penduduk berjenis kelamin laki-laki  lebih bahagia dibanding yang perempuan. Hal lain yang juga menarik adalah, penduduk dengan jumlah anggota keluarga empat orang adalah yang paling bahagia dibanding jumlah lainnya. Finally, tahu nggak guys warga dengan tingkat pendidikan apa yang paling bahagia? Yep, S1 maupun S2. Jadi diketahui bahwa mereka dengan tingkat pendidikan tertinggi itu yang paling bahagia dibanding level pendidikan lainnya. Adapun yang kebahagiaannya paling rendah adalah yang tidak pernah sekolah.
 
Ouch… anything else?
Well, dalam melakukan penelitiannya ini, BPS melakukan survei yang dilaksanakan pada rentang waktu 1 Juli sampai 27 Agustus 2021. Adapun unit analisis adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random), dan metode sampling yang digunakan untuk memilih sampel adalah two stage one phase sampling. Adapun total sampel rumah tangga untuk keperluan estimasi tingkat kebahagiaan hingga level provinsi di Indonesia sebesar 75 ribu rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi.