Lonjakan Kasus Covid-19 di India

78

When things are getting more concerning in India…

Due to Covid.
 
Again?? 
Yep. Kemarin, India baru aja melaporkan 58ribu kasus yang terkonfirmasi positif covid19 dalam 24 jam terakhir, naik 56% dari hari sebelumnya. Adapun 56% ini adalah lonjakan kasus harian tertinggi yang pernah dialami India, lebih tinggi dari yang terjadi di tahun lalu, sampai media-media di sana bilang ini sebagai sebuah ‘ledakan’.
 
OMG…
Yep, jadi India tuh emang udah melihat tren kenaikan  kasus mulai dari tahun baru kemarin di tanggal 1. Terus di hari Selasa, kasus harian mereka ada di angka 37.123 kasus. Selanjutnya varian Omicron yang super gampang menular itu bikin angka kasus naik drastis sampe 58 ribu . Padahal di minggu terakhir sebelum tahun baru itu jumlah kasusnya sempat rendah, which is di 100.000an aja, out of 1 milyar orang yang ada di India, dengan total kematian 534 orang.
 
Is it because of the Omicron variant?
Most likely yes. Berdasarkan keterangan dari pejabat Kemenkes di sana, kasus Covid varian Omicron di India udah mencapai 2.135 kasus. Tapi karena lack of capacity here and there, angka kasusnya tuh sebenarnya bisa aja lebih tinggi dari itu, cuma nggak terdeteksi aja. Menurut Rachna Kuchier, seorang pakar kesehatan masyarakat di India bilang bahwa meskipun Omicron ini emang lebih mild daripada varian yang udah-udah, tapi kalau kasusnya sebanyak itu, yaa health care system-nya bakal kewalahan juga.
 
Terus terus… 
Nah faktor lain yang bikin kasusnya sampe meledak ini adalah pemilu yang rencananya akan digelar bulan depan. Namanya pemilu kan ya guys banyak kumpul-kumpul, kampanye dll, dan masyarakat India banyak yang ngga pake masker dan berdesak-desakan. Terkait perkembangan ini, partai politik-partai politik di sana udah banyak yang menunda kampanye offline-nya, tapi teteup aja guys, virusnya udah keburu menyebar.
 
Respon pemerintahnya gimana dong tuh? 
Nah soal ini, pemerintah India kan udah menargetkan masyarakatnya terutama yang remaja usia 15 sampai 18 tahun buat divaksin. Per tanggal 3 kemarin, udah ada 3,8 juta anak muda yang udah divaksin di sana. Vaksinasi ini bakalan terus ditingkatkan sama otoritas daerah masing-masing, kayak di Gujarat yang pengen 3.6 juta anak mudanya segera divaksin dosis pertama minggu ini. Terus nih, Pemerintah di sana udah menginstruksikan masyarakatnya buat stay at home aja dulu.
 
That’s all?
Nggak dong. Di berbagai daerah, udah ditetapkan berbagai kebijakan pembatasan kayak sekolah, pusat kebugaran, dan toko-toko yang boleh buka dua hari sekali. Terus pesta pernikahan juga cuma boleh diadain secara intimate doang dan dihadiri sama maksimal 20 orang. Terus Mumbai, pusat ekonomi negara itu, udah melarang pertemuan empat orang atau lebih, lho guysLast but not least, di ibukota New Delhi, kereta api dan metro cuma boleh menampung penumpang dengan kapasitas maksimal 50% aja. Hal ini kemudian justru bikin orang-orang pada berkerumun dan ngantre di stasiun :))
 
Got it. Anything else?
Fyi sama kayak negara-negara lain di Eropa dan Amerika Serikat, Omicron ini udah jadi varian paling banyak yang menginfeksi orang-orang India. Hal ini sekaligus memperkuat anggapan bahwa varian ini adalah varian yang tingkat penularannya tinggi banget dan cepat banget, no matter riwayat perjalanan mereka dari mana.