Letusan Gunung Bawah Laut di Tonga

67

Now, let’s talk about what’s happening on the other side of the world….

In Tonga. 
Iya guys. Sabtu kemarin, telah terjadi letusan gunung bawah laut yang menimbulkan peringatan tsunami di Kawasan Pasifik Selatan dan west coast-nya Amerika Serikat. Letusan ini terjadi di dekat sebuah negara kecil namanya Tonga, dan menyebabkan gelombang laut yang kuat sampai ke pesisirnya Amerika Serikat.
 
Wait, where is it again? 
Tonga. Tonga adalah negara persemakmuran Inggris yang ada di Kawasan Oceania, tetanggaan sama Fiji, Wallis, Samoa, dan Vanuatu. Tonga ini merupakan negara kepulauan dengan luas total sekitar 750 ribu kilo meter persegi. Terdiri dari 170 pulau, negara ini dibagi ke tiga bagian, ada Tangatapu di Selatan, Ha Apai di tengah, dan Vava u di utara.
 
Ok, now tell me about the eruption… 
Sure. Jadi gunung api bawah laut yang meletus itu namanya Hunga-Tonga-Hunga-Ha Apai. Gunungnya meletus pertama kalinya tuh hari Jumat kemarin, dan melemparkan gumpalan abu sejauh 20 km ke udara. Jadi emang awalnya aktivitas gunung ini udah dilaporkan meningkat sejak Desember tahun lalu, tapi sempat mereda sampai tanggal 11 naik lagi, dan akhirnya meletus lagi tiga hari kemudian. Dan nggak berhenti sampai di situ, ada lagi letusan kedua, gengs.
 
Letusan kedua? 
Yes. Letusan kedua terjadi besokannya di hari Sabtu sore. Di situ, BMKG-nya Australia mencatat udah ada gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di dekat-dekat ibukotanya Tongo, Nuku’alofa. Di Samoa juga gitu, ada gelombang tsunami setinggi 0,7 meter di Pago-Pago, ibukota mereka. Cuaca di sekitaran situ jadi parah banget gara-gara letusan gunung ini. Bahkan, ilmuwan dari New Zealand, Emily Lane bilangnya erupsi ini kekuatannya siginifkan banget, karena gelombangnya bisa sampe ke New Zealand which is jaraknya sekitar 2.500 km. Jauh banget kan…
 
Wow, ok…. 
Salah satu korban terdampak gelombang ini adalah Raja Tonga sendiri Raja Tupou VIsince gelombangnya juga masuk ke Nuku’alofa, Ibu kota negara tempat di mana istana raja itu berada. Raja Tupou VI kemudian diamankan polisi dan tentara untuk proses evakuasi ke sebuah vila yang lebih aman, terus para penduduk juga udah diarahkan untuk berlindung di tempat yang lebih tinggi.
 
Terus, wilayah mana lagi yang terdampak?
Tsunaminya ini kan terjadi di Pasifik bagian selatan, yang mana itu di bagian baratnya ketemu Amerika Serikat. Karenanya, National Service Seattle langsung gercep men-declare peringatan tsunami di daerah pantai pasifiknya AS. Di California juga gitu, sejumlah pantai di sana langsung ditutup, dermaga dan pelabuhannya juga, dan cuma diaktifkan for emergency only menyusul adanya peringatan tsunami. Nggak cuma di AS, di sepanjang garis pantai Jepang juga men-declare peringatan tsunami, karena gelombang dari Tonga udah nyampe ke Pulau Amami Oshima di Kagoshima setinggi 1,2 meter, terus Pelabuhan Kuju di Iwate juga ditemukan gelombang setinggi 1,1 meter.
 
Got it. Anything else? 
Fyi ini tuh bukan pertama kalinya gunung tersebut meletus. Di tahun 2014, gunungnya juga pernah erupsi hingga menghasilkan pulau baru yang penuh dengan berbagai tumbuhan yang mekar plus burung hantu. Terus, berkaitan sama letusan kali ini, sejauh ini belum ada kerusakan berarti yang dilaporkan dari gelombang tsunami baik yang terjadi di Tonga, Samoa, Jepang, dan daerah-daerah lain. Orang-orang di sana cuma diminta untuk nggak dulu pergi ke pantai sampai emergency peringatan tsunami dicabut.