Indeks Persepsi Korupsi Indonesia

72

What’s showing some *slow* progress?

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia.
 
Eh?
Yoi guys, jadi kemaren, NGO antikorupsi yaitu Transparency International Indonesia (TII) baru aja merilis ranking korupsi negara-negara gitu, dan di tahun ini, Indonesia mencapai skor 38 atau naik satu poin dari tahun sebelumnya. Ini menempatkan RI di rangking 96 dari 180 negara yang dilibatkan.
 
Emang itungannya gimana?
Jadi tiap tahun, TII merilis indeks korupsi yang diitung berdasarkan scoring, di mana indikator 0 (sangat korup) sampe 100 yang berarti (sangat bersih). Nah Indonesia tahun ini skornya 38, naik satu aja dari tahun lalu yang ada di angka 37.
 
OK…
Nah terus guys, negara yang punya skor dan rangking yang sama ama Indonesia di antaranya adalah Argentina, Brazil, Turki, Serbia, dan Lesotho. Empat di antaranya, termasuk Indonesia, merupakan bagian dari G20. However, di ASEAN sendiri, Indonesia ada di bawah Singapura dengan IPK 85, Malaysia 48, Timor Leste 41, dan Vietnam 39.

Terus, ada poin menarik ga?
Ada. Jadi dalam website-nya, tranparency.org ngasih catatan khusus buat Indonesia, di mana ditemukan bahwa negara dengan skor antikorupsi rendah cenderung merupakan negara-negara dengan populasi padat, kayak China, India, Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh. Terus, TI juga menyorot kemungkinan melemahnya lembaga antikorupsi atau, dalam beberapa kasus, enggak adanya lembaga yang mengoordinasikan tindakan melawan korupsi di negara-negara tersebut.
 
Hiks 🙁 Ada komentar dari KPK ga?
Ada dong. Menurut Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding kemarin, yha makasih ya TI atas scoring-nya. Terus, Bu Ipi bilang bahwa CPI ini merupakan gambaran kondisi korupsi di Indonesia yang masih harus terus dibenahi. Beliau juga menyampaikan apresiasinya atas upaya segenap elemen bangsa untuk mendorong peningkatan skor CPI tadi.
 
OK. Anything else?
FYI, adapun negara dengan indeks persepsi korupsi tertinggi di antaranya adalah Denmark, Finlandia, dan Selandia Baru (88); Norwegia, Singapura, dan Swedia (85); Switzerland (84); Belanda (82); Luksemburg (81); dan Jerman (80).