Hujan Salju di Gurun Sahara

104

When you’ve been singing “for snow to fall on the Sahara”..

Anggun got it right.
 
Maksudnya?
Yoi guys, Gurun Sahara, gurun pasir terluas di dunia yang terletak di Benua Afrika baru aja mengalami kejadian super jarang yakni hujan salju sejak awal minggu kemarin. Terus ternyata, fenomena ini udah terjadi 4 kali dalam 42 tahun terakhir.
 
Wow kok bisa?
Iya bisa. Jadi salju ini baru aja turun di wilayah sahara yang terletak di Ain Sefra, Aljazair. Penyebabnya adalah fenomena antisiklon yang bertiup dari Eropa, lalu melintasi Asia Tengah, Arab Saudi, Aljazair, dll. Dalam perjalanannya, antisiklon ini mengumpulkan uap air hingga menjadi beku dan jadilah salju di Sahara.
 
Ada hubungannya sama krisis iklim ga?
Well tbh para ilmuwan agak kesulitan kalau harus menghubungkan hujan salju ini dengan climate crisis. Tapi biar bagaimanapun, Roman Vilvan, seorang ahli Hidrometeorologi dan Pemantauan Lingkungan bilangnya ini pasti ada aja hubungannya antara salju di gurun sahara, musim dingin yang berkepanjangan di Amerika Utara, cuaca yang hangat di belahan Eropa, dan hujan terus-terusan yang akhirnya jadi banjir di Eropa Barat sama climate crisis ini. Cuma belum bisa dibuktikan secara ilmiah aja.
 
Still worrying though…
Ya iya, karena seiring dengan makin parahnya krisis iklim, cuaca yang ekstrim dan ngga menentu juga makin sering terjadi. Selain fenomena salju di area gurun pasir, hujan juga makin sering terjadi di wilayah Artik, yang sebelumnya hampir ga pernah mengalami hujan. Hasil penelitian bahkan menunjukkan dalam 4 atau 5 dekade lagi, Arctic bakal lebih sering mengalami hujan daripada turunnya salju. Hal ini of course mengkhawatirkan guys, secara salju berfungsi untuk menstabilkan suhu di permukaan bumi.
 
:(… Anything else?
Selain Gurun Sahara, kawasan Saudi Arabia juga sempat mengalami salju di tahun 2018 kemarin. Selanjutnya di tahun 2020, suhu di sana turun sampe di bawah 0 derajat dan bikin pemerintah setempat harus mengeluarkan peringatan badai salju. Terus negara-negara Arab lain kayak Lebanon, dan Iran yang juga terkubur salju setinggi 100an meter.