Friday Pause: Y.M.C.A 🙅🙆🏻💁🏻🙋🏼

152


Good morning!

Yeay to Friday! It’s aaaalways our favorite part of the week because who can stand adulting for five days straight? Yep, that’s why we need a break by watching memes, enjoying some funny videos and read some useful tips. Aaaand, you can also listen to our podcast here. Enjoy!


For the love of Meme: It’s sufficient, rite, mom?


When you know your crush very well…

But do you know your body reallllly well?


Yep, karena mengenal tubuh sendiri itu penting banget guys. Jadi kalian pasti udah tahu dong kalau tubuh kita adalah suatu sistem yang saling berpengaruh satu sama lain. Nah, kalau selama ini kita tahunya cuma golongan darah, tinggi badan, berat badan, yang kemudian jadi main focus kita, ternyata ada hal-hal lain yang kalau kita perhatiin sama kayak faktor-faktor tadi. Hal ini karena dengan mengetahui informasi tersebut, maka hal itu bakalan ngebantu kita untuk menjaga diri dari berbagai resiko penyakit di masa depan.
Terus, apa aja sih guys, informasi soal tubuh kamu yang perlu kamu tahu? Nah, di bawah ini kita punya daftarnya. Terus ada beberapa hal yang cara tahunya juga simple dan bisa kamu lakuin sendiri atau pakai alat yang affordable dan bisa kamu dapetin di apotek atau fasilitas kesehatan lainnya. So, get to know your body even further, ini dia hal-hal soal tubuh kamu yang perlu selalu kamu monitor!
  • Blood pressure. Alias tekanan darah. Tekanan darah ini kan ada dua yah, angka pertama dikenal dengan tekanan darah sistolik, yang mana merupakan tekanan dalam pembuluh darah waktu jantung lagi kontraksi. Angka kedua itu tekanan darah diastolik, yang menunjukkan tekanan pembuluh darah waktu jantungnya lagi istirahat atau sebelum kontraksi berikutnya. WHO, udah men-declare kalau tekanan darah normal adalah berkisar 120/80 mmHg sampai 130/85 mmHg. Kalau di bawah ini, atau tekanan rendah, ditandai dengan penglihatan yang kabur, mudah capek, keringat dingin, dll. Sementara kalau ketinggian, juga bahaya gengs, bisa banget berpotensi jadi serangan jantung, stroke, gangguan pada ginjal, dll. Yang bisa kamu lakukan: Selalu monitor tekanan darahmu ke dokter. Atau kalau kamu mulai merasakan gejala-gejala kayak sakit dada, napasnya putus-putus, sakit punggung atau ada perubahan pada pandanganmu, langsung periksakan juga ke dokter ya. Soalnya, hipertensi itu kadang asimtomatis aka ga ada gejalanya.
  • Cholestrol levelsWell, percaya nggak percaya kolesterol tuh emang udah ada di tubuh kita lewat proses produksi yang ada di hati, guys. Kolesterol ini berperan membentuk vitamin D, menyerap lemak, dan membantu proses kekebalan tubuh. Nah, kalau kamu konsumsi lagi makanan yang mengandung kolesterol tinggi hingga menyebabkan kolesterolmu naik, ini yang bahaya karena sesuatu yang berlebih itu nggak baik. Dr. Michael Barber, dokter di Colorado mengungkapkan kalau kadar kolesterol di dalam tubuh nggak boleh lebih dari 240 mg/dL. Kalau ketinggian, bisa berdampak sama fungsi hati yang terganggu, menyebabkan diabetes, sampai ke resiko jantung koroner. Seremmmm. Yang bisa kamu lakukan: Cek darahmu secara berkala untuk mengetahui kadar lipid yang terkandung. Terus kalo kamu emang punya kolesterol tinggi, selalu usahakan untuk menghindari makan berkolesterol tinggi kayak gorengan, jeroan, dll.
  • Golongan darah. Kamu juga harus tahu guys, golongan darahmu itu apa. Hal ini penting kalo kamu mau mendonorkan atau menerima donor darah dari orang lain. Selain itu, para dokter juga bilang bahwa dengan tahu golongan darahmu apa, maka kamu juga akan tahu resiko penyakit apa yang kamu hadapi. Menurut dr. Alexandra Kreps, MD, dari Tru Whole Care, selama ini dunia kedokteran udah melihat kecenderungan bahwa golongan darah tipe O itu punya resiko lebih tinggi untuk penyakit perut, sedangkan golongan darah B, AB, dan A punya resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker pankreas. Nah dengan tahu gini-gini, kamu juga jadi bisa lebih antisipatif kan. Yang bisa kamu lakukan: Tinggal cussss ke dokter untuk cek golongan darah.
  • Kondisi mulutmu. Yep, kamu juga harus mengenal banget kondisi oralmu guys, karena emang kondisi mulut itu berpengaruh sangat kuat sama tubuhmu secara keseluruhan. Misalnya, kalo kamu suka ngerokok, terus menderita diabetes, maka most likely gusimu bakal lebih mudah terkena infeksi dan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa bakteri yang ditemukan di karang gigi itu ada hubungannya sama penyakit jantung. Terus, orang dengan infeksi gusi juga ditemukan lebih beresiko terkena serangan jantung atau stroke dibanding mereka yang ngga punya masalah tersebut.
    Yang bisa kamu lakukan: Sering-sering sikat gigi dan nge-floss untuk menghindari terbentuknya karang gigi. Terus kalo kamu emang menderita diabetes, maka coba deh konsultasi sama dokter gigi-mu, apakah kamu harus lebih sering periksa.
  • Sakit kepala. Iya guys, jangan remehin sakit kepala. Dokter Jose Posas dari New Orleans, Amerika Serikat, bilangnya kalau udah ada gejala lain yang berbarengan sama si sakit kepala ini, resikonya bisa serius bahkan sampai mengancam nyawa. Nah, beberapa gejala berbahaya yang bisa dateng barengan sama sakit kepala di antaranya adalah loss of control di bagian badan tertentu, otot wajah yang lemah, tangan dan kaki lemah, gangguan indera, bahkan sampai mengalami kebutaan. Nah kalo kamu udah mengalami hal itu, atau udah lebih dari dua kali mengalami sakit kepala parah dalam seminggu, mending buru-buru ke dokter deh. Yang bisa kamu lakukan: Jangan ditunda-tunda guys, kalo kamu merasa sakit kepalamu udah terlalu parah dan sering, buruan aja ke dokter. Karena bisa jadi, tubuhmu itu lagi ngasih sinyal bahwa ada sesuatu yang lebih serius terjadi.
  • Kondisi bagian dada. Bukan cuma buat yang cewek, tapi buat yang cowok juga. Jadi gini guys, kondisi dada di masing-masing orang kan beda yah, tapi yang jadi problem adalah ketika kamu udah mulai merasa hal yang ngga biasa di dada kamu, tapi kamu diemin aja. Nah itu bisa fatal akibatnya. Jadi, kamu harus memeriksa dadamu secara rutin dan segera konsultasi ke dokter kalo merasa ada yang ga biasa. Remember, breast cancer tuh nggak cuma terjadi sama perempuan tapi juga sama laki-laki. Yang bisa kamu lakukan: Selalu rutin lakukan Sadari (Periksa payudara sendiri) dan kalo terasa ada benjolan yang aneh-aneh, jangan ragu untuk langsung ke dokter. Nih guys, tutorial untuk melakukan Sadari.
  • Riwayat kesehatanmu sebelumnya. Kalau pengen tahu kondisi kesehatanmu saat ini, para dokter dan ahli medis lainnya nyaranin kamu untuk flashback lagi ke belakang to know your medical records. Mulai dari alergi, riwayat penyakit, kondisi kesehatan ortu, sampai ke riwayat operasi (kalau ada). Karena bukan nggak mungkin kamu bisa terjangkit penyakit yang sama kayak yang pernah kamu derita di masa lalu, dan dengan tindakan yang tepat, hal itu bisa diminimalisir, gengs. Selain riwayat kesehatan diri sendiri, kita harus notice juga sama riwayat penyakit yang diderita di keluarga, in case ada penyakit yang diderita sama mereka yang sifatnya genetik, kayak diabetes, kanker, penyakit jantung, dll. Yang bisa kamu lakukan: Tanya-tanya sama ortu soal riwayat kesehatan mereka, atau kamu juga bisa rajin-rajin monitor kalo ada anggota keluargamu yang sakit atau meninggal karena faktor-faktor penyakit genetik tertentu. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu memonitor berbagai kunjunganmu ke dokter, supaya kamu juga tahu nih, kamu pernah sakit apa aja pas dulu-dulu.


Finally, let’s dig deeper into our… quarantips weekend!

Well, since it’s weekend, drop all of your overthinking-ness and let’s enjoy some fun things that we recommend here instead! 
 
But before…

Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal koruptor ASABRI yang lolos hukuman mati, konflik UEA VS Houthi, dan pemerintah hapuskan pekerja honorer. Cusss! (Us)
  • Hai guys aku mau rekomendasiin film judulnya English Vinglish. Film ini bikin aku jadi semangat belajar Bahasa Inggris di saat aku udah stuck. Film ini juga ngajarin aku kalau kita pasti bisa kalau kita terus berusaha. Film ini lucu dan sedih di saat bersamaan, pokoknya reccomended deh buat kalian tonton. –S
  • Pernah kepikiran ga ngerjain ujian matematika di tengah hutan belantara dan pas jawabannya salah harus bertarung dengan monster? Ya, story Wattpad “Avatar System: Juvenile State” karya rafpieces, bercerita tentang sekolah berteknologi tinggi yang memiliki sistem kurikulum unik di mana semua muridnya harus ‘saling bertarung’ untuk mendapatkan peringkat umum terbaik. Yaapp, UTS/UAS rasa survival game~~ Penasaran? Kuyyy baca yaa!!! Ssstt.. udah ada sequelnya lho~ (Anonymous)
  • Buat yang pengen habisin waktu di weekend dengan baca buku tapi kadang males karena ketebelan, baca Le Petit Prince (Pangeran Cilik) aja. Cocok untuk dibaca saat santai. Makna yang ada di bukunya juga dalem banget, nggak rugi deh. [email protected]_11
  • Belakangan lagi suka dengerin podcast Endgame-nya pak Gita Wirjawan yang biasa ngundang anak-anak bangsa yang membanggakan dan berbicara terkait bidang yang mereka geluti. Banyak banget inspirasi yang didapet dari podcast ini walaupun memang bahasannya cukup berat tapi cukup menarik dan insightful. Mulai dari startup, dunia investasi, politik, spiritual, dunia filantropi, science & technology, sampai olahraga, musik, dan perfilman. Salah satu channel YouTube dan podcast yang beda dari yang lain! Thank you, Pak Gita! (Anonymous)
     
  • Buat yang suka tiba-tiba gak semangat, lelah, or lesu, cobain deh dengerin lagu-lagunya Taylor Swiftmostly lagu-lagu dia tuh temponya sedang-cepat, bikin pendengar jadi semangat lagi untuk melanjutkan aktivitas!!. Swifties, where are you??!!! (Anonymous)
  • Buat yang suka series genre romantic comedy, aku rekomendasiin series judulnya “Kaget Nikah“, seru banget. Salah satu the best series from Indo menurutku.. (Anonymous)
  • Buat yang ada Netflix aku mau rekomendasiin film animasi judulnya “The Willoughbys” ini film cukup relate dengan kehidupan keluarga, gatau kenap kena banget di aku apalagi soundtrack-nya dari Alessia Cara yang judulnya “I choose”. Sekalian dengerin ya! Sincerely, @iamsosuperey 😀
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“Believe you can and you’re halfway there.”
-Theodore Roosevelt-

Thank you note


Terima kasih buat Kim Donghyuk dan Shaisha for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Di suatu sore hari yang cerah, aku nungguin adekku belanja di Alf4mart terdekat. Kutunggu tuh di parkiran luar deket ibu-ibu jual cilok. Terus aku lihat ada bapak-bapak ODGJ yang emang dah sering seliweran di sekitar situ datengin penjual cilok. Bapak ODGJ ini ngomong ngalor ngidul gajelas tapi si ibu penjual cilok seakan listening and understanding gitu dan langsung bungkusin satu porsi cilok dikasih ke bapak ODGJ ini. Such a warm view while waiting for my sister 🙂

-Kimbum-
 
2. Jadi bulan lalu urusan resign-ku udah selesai, tapi aku masih di-hold sama kantor karena ada masalah administrasi yang macet. Dan ini terancam bakal dua bulan nunggu tanpa kejelasan. Aku sebel sih jujur, buang waktuku banget. Lalu kemaren di acara forum bidangku aku ketemu mantan atasanku. Nah, out of nowhere dia tanya soal resign-ku padahal ini masih belum aku umumin gitu kan dan doi beda kantor juga sama aku sekarang. Terus dia bilang kalau sudah yakin dia cuman bisa mendoakan semoga semuanya yang terbaik buat aku. All of sudden aku kayak sedih gitu. Soalnya dulu waktu aku jadi bawahan dia aku sering bikin salah, dan gampang banget emosi dan ngambek😅 tapi bapaknya tetep sabar. Beliau juga sering ingetin staff staff nya buat sholat gitu kalo pas zuhur ashar di kantor, terus kalo ada masalah berani back up, dan yang paling utama tuh beliau juga berani minta masukkan ke kami staff staf nya. Jadi aku menyimpulkan, harusnya dari dulu I can see good in a person. Jadi gak nyesel kayak sekarang karena dulu suka cepet bete dan marah dan memperlakukan orang dengan gak baik. Dan ini relate sama kasusku yang masih di hold sama kantor. Maksudnya yaudah tetep semangat dan sabar dulu jangan ngedepanin bete.. Soalnya nanti aku nyesel aja karena gak menanggapi suatu masalah dengan baik atau bahkan selalu ngedepanin emosi.
-N-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)