Flu Burung Terdeteksi di Israel

71

When you’ve had enough Covid….

Meet your old friend, Flu Burung.
 
Lah masih ada aja itu flu burung?
Iya gengs. Belum selesai dengan pandemi COVID-19, kini dunia kembali dikejutkan dengan flu burung yang baru aja terdeteksi di Israel. Akibatnya, puluhan ribu unggas dari mulai bangau, ayam, hingga kalkun harus dimusnahkan.
 
Waduh….
Iya nih guys, wabah flu burung yang terjadi ini udah menewaskan 5.000 bangau di sebuah cagar alam nasional bernama Hula Nature Reserves. Dari situ, pemerintah langsung gercep ambil tindakan dengan menutup berbagai cagar alam populer di sana untuk umum. FYI guys, saking devastating-nya wabah ini, Kementerian Pertanian Israel bilang bahwa ini adalah tragedi penularan virus yang parah banget, dan enggak pernah terjadi sebelumnya.
 
Terus gimana 🙁
Saat ini, pemerintah Israel lagi gercep memunsnahkan unggas-unggas yang ada di sana demi membendung penularan vuris flu burungnya. Selain itu, Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett juga lagi open discussion sama pihak-pihak terkait buat mengatasi wabah ini, dan gimana caranya biar wabah ini nggak menular ke manusia. Meskipun sampai sekarang, belum ada laporan yang masuk terkait infeksi ke manusia karena flu burung ini.
 
I see…
Nah so far, di Cagar Alam Hula Reserve sendiri, terdapat 30 bangau yang keliatan sakit dan lagi diobservasi di tempat lain. Dari ribuan bangau yang ada di situ, setelah wabah ini merebak, setidaknya cuma ada 250an ekor yang masih kelihatan di sana. Itu pun udah diamankan sama pihak berwenang biar nggak terkontaminasi sama virus yang mungkin masih menyebar.
 
Tapi ada kemungkinan menular ke manusia nggak sih?
Tetap ada dong. Meskipun emang sejauh ini belum ada kasus transmisi ke manusia, tapi Kementerian Lingkungan Israel mengkhawatirkan para pemburu bangau yang bisa banget terkontaminasi, kayak dari sepatu, maupun media lainnya. Terus guys, walaupun penularan dari unggas ke manusia emang jarang banget terjadi, namun sejak tahun 2003 lalu, WHO udah melaporkan sekitar 456 kematian akibat flu burung ini. Makanya buat para rangers yang menangani langsung para unggas, pemerintah Israel juga mewajibkan mereka pake hazmat guys, biar aman.
 
I see. Did anyone say anything?
Ada. Dari Menteri Pertanian dan Pembangunan Desa Israel Oded Forer bilang kalau mereka kekurangan sekitar 15 juta telur karena unggas di sana udah pada dimusnahkan. Untuk itu, mereka lagi berupaya untuk mengimpor telur dari negara lain. Lebih jauh, Oded juga menilai bahwa kandang-kandang unggas yang ada sekarang emang udah outdated banget, kayak masih di tahun 50an atau 60an, terus sesak juga. Hal ini tentunya bisa dengan mudah membuat penularan virus dari satu unggas ke unggas lain.
 

Ok. Anything else I should know?

Fyi meskipun udah terdeteksi dari 2 bulan yang lalu, wabah flu burung ini makin gila sejak pertengahan Desember kemarin. Wabah ini muncul waktu Perdana Menteri mereka bilang Israel lagi bersiap buat “Badai Infeksi” related to Covid dan Omicron.