Corona Updates 31 Januari 2022

82

Now, let’s start the new month of love with COVID-19 updates.

Yep, just like your laundries, COVID-19 cases also keep adding up. Let’s catch up! with some updates, starting from…
 
Home.
  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di Indonesia menjadi 4.330.763 kasus, dengan kasus aktif 52.555 angka sembuh 4.133.923 dan kasus meninggal 144.285.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (901.471 kasus), Jawa Barat (722.164 kasus), Jawa Tengah (488.045 kasus), Jawa Timur (402.239 kasus), dan Kalimantan Timur (158.659 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 184.187.038 dan vaksinasi kedua 127.727.473 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Sabtu kemarin, Jubir Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi bilang bahwa meski jumlah kasus di tanah air terus meningkat, tapi jumlah kematian masih terkendali. Jadi guys, kata Bu Nadia, dua minggu terakhir ini tingkat kematian di tanah air masih terkendali yakni kurang dari 10 korban per hari, adapun kasus hariannya melonjak jadi 9.000an kasus baru di Jumat lalu.
  • Baru aja minggu lalu, ada sebanyak 18 karyawan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terkonfirmasi positif COVID-19. Adapun saat ini, para karyawan itu lagi isoman di rumah masing-masing dan gedung KPK-nya langsung disemprotin disinfektan. Terus, Plt Jubir KPK Ali Fikri bilang bahwa pihaknya lagi merivew lagi aturan WFO-nya, demi menghindari penularan.
  • Weekend kemarin, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru aja merilis sertifikat vaksin yang bisa diakui secara Internasional dan sesuai sama standar WHO. Adapun upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi isu sertifikat vaksin Indonesia yang enggak diakui sejumlah negara lain.
  • Menjelang perayaan Hari Imlek besok, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemarin mengeluarkan surat edaran (SE) tentang panduan protokol kesehatan bagi umat Konghucu yang bakal melaksanakan ibadah Imlek. Adapun beberapa panduannya adalah gausah mudik, terus ibadah Imlek di Klenteng dibatasi jadi maksimal 10 persen aja dari total kapasitas.

  • Minggu lalu, Pak Presiden Jokowi baru aja menyampaikan anjurannya yang bilang bahwa kalau kamu positif COVID-19 (Amit-amit) tapi nggak bergejala, maka kamu nggak perlu datang ke rumah sakit tau. Cukup isoman aja di rumah selama di hari. Dengan begitu, beban para nakes di rumah sakit juga bakalan berkurang dan bisa fokus menangani pasien dengan gejala sedang ke berat dan penyakit lainnya.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 372.753.313 kasus dan 5.659.334 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (74.236.114 kasus), India (41.092.522 kasus), Brazil (25.256.198 kasus), Prancis (18.928.572 kasus), dan Inggris (16.519.768 kasus).
  • Perusahaan farmasi Moderna minggu lalu baru aja ni guys, memulai percobaan atas vaksin buatannya yang bakal spesifik menarget varian Omicron. Dalam keterangannya, ya emang sih vaksin yang biasa itu efektif mencegah penyebaran Omicron kalo digunakan sebagai booster, namun efektivitasnya berkurang setelah enam bulan. Makanya, mereka mau menemukan vaksin yang emang khusus buat varian tersebut.
  • Minggu lalu, Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach menyampaikan pada warganya bahwa: sekarang udah bisa nih, kita lihat COVID-19 dengan cara yang baru. Artinya, kehidupan bisa mulai balik ke normal lagi, dan berbagai kebijakan pembatasan sosial udah bisa dihentikan. Hal ini karena setelah melihat data yang ada, ternyata walaupun jumlah kasus yang muncul karena varian Omicron meningkat pesat, namun jumlah pasien yang masuk RS dan meninggalnya sangat rendah. Jadi yhaa udah bisa back to normal katanya di sana.
  • Ibu kota India yaitu Delhi juga baru aja ni guys menyudahi aturan jam malam weekend-nya dan udah kembali membolehkan berbagai restoran dan mal untuk kembali beroperasi. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah setempat setelah jumlah kasus menurun drastis dari 28ribuan kasus di 13 Januari lalu, jadi 4.291 pada 27 Januari.
  • Peningkatan kasus terjadi di Iran yang kini jadi hotspot lagi di Timur Tengah. Penyebabnya adalah varian Omicron yang jumlah kasusnya meningkat pesat, dari 700 kasus harian di awal Januari kemarin, sekarang udah ada di angka 9.000 kasus per akhir minggu lalu. Fyi Iran masih jadi negara dengan COVID-19 terparah di kawasan Timur Tengah, dengan 132.000 kematian sejauh ini.
  • Minggu lalu, negara tetangga Singapura baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal membuka kembali penerbangan komersil yang direct dari Singapura ke Bali, mulai dari 16 Februari mendatang. Menurut keterangan dari GM Singapore Airlines Alvin Seah, dimulainya penerbangan kembali ini adalah sebagai bentuk komitmen atas pertumbuhan pariwisata Indonesia. Adapun statement ini muncul setelah kedua negara setuju untuk membolehkan warga yang udah divaksin lengkap untuk melakukan perjalanan antara dua negara.