Corona Updates 3 Januari 2022, Final Piala AFF Leg 2 Indonesia vs Thailand, Maluku Utara Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Paus Fraksiskus : Menyakiti Perempuan Adalah Penghinaan Terhadap Tuhan

157


Hello !

Welcome to the first email of 2022. We are so excited about starting this year because we kinda have a feeling that… this year will be the best year for all of us! So get excited, brew your coffee and let’s catch up!


New Year, Fresh Start. But Covid updates is stll here..

First week, first Monday, and this is your first Covid updates in 2022. As usual, we’ll start from….


Home.

  • Per kemarin, 2 Januari 2022, total kasus positif COVID-19 di Indonesia menjadi 4.262.994 kasus, dengan kasus aktif 4.399 angka sembuh 4.114.499 dan kasus meninggal 144.096.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (865.297 kasus), Jawa Barat (708.849 kasus), Jawa Tengah (486.916 kasus), Jawa Timur (400.066 kasus), dan Kalimantan Timur (158.332 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 161.861.222 dan vaksinasi kedua 114.030.438 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Kini update soal varian Omicron guys, jadi diketahui bahwa per 31 Desember kemarin, kasus positif dengan varian ini udah nambah 68, dan 11 diantaranya adalah WNA. That being said, varian Omicron di Indonesia udah ada 136 kasus.
  • Sejauh ini, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham udah ‘merumahkan’ aka membebaskan sekitar 115.798 narapidana di seluruh Indonesia. Adapun kebijakan ini diambil salah satunya untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Lapas dan Rutan. Nah guys, menurut Kabag Humas dan Protokoler Ditjenpas Kemenkumham Rika Aprianti, kebijakan ini dinilai berhasil, makanya pemerintah berencana untuk memperpanjang programnya.
  • Target vaksinasi yang direncanakan sama pemerintah di 2021 kemarin ternyata nggak kesampaian, gengs. Di awal, Presiden Jokowi kan udah menargetkan sebanyak 208 juta orang dari Sabang sampai Merauke harus udah divaksin di akhir tahun ini. Tapi per 30 Desember kemarin, ternyata baru160 juta warga yang udah divaksin pertama, dan 113 juta vaksin kedua. Jadi totalnya ada 273 juta dosis aja yang udah tersalurkan.
  • BPOM menargetkan izin penggunaan darurat buat vaksin Covid dosis ketiga aka booster udah terbit minggu depan. Booster ini buat vaksin Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, sama Sinopharm. Meanwhile, Kemenkes juga lagi sibuk nyiapin regulasi yang bisa diterapkan regarding booster ini. Terus rencananya, program booster vaksin COVID-19 untuk masyarakat umum bakal dilaksanakan mulai 12 Januari 2022.
  • Seiring dengan udah berlakunya PPKM level 1 di ibu kota Jakarta, maka Pemprov DKI bakal secara resmi menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di seluruh sekolah mulai besok. Meski begitu, teteup ada aturan yang wajib dipenuhi guys, kayak lama belajar maksimal 6 jam per hari, dan wajib mematuhi protokol kesehatan.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 289.297.555 kasus dan 5.440.715 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (54.860.424 kasus), India (34.889.132 kasus), Brazil (22.295.621 kasus), Inggris (13.174.680 kasus) dan Russia (10.340.011 kasus).
  • Memasuki tahun 2022 ini, China kayak lagi de javu guys, karena dalam seminggu kemarin, mereka mencatatkan kasus infeksi tertinggi setelah sempat menaklukkan corona sampai ke angka terendahnya di tahun lalu. Adapun total kasus baru di sana udah mencapai 1.151 di minggu terakhir Desember kemarin.
  • Merespons varian Omicron yang lagi makin menyebar, Kota Quebec, Kanada, menetapkan kind of lockdown di mana jam malam buat beraktivitas cuma sampai jam 10 malam. Nggak cuma itu, tempat ibadah juga hanya boleh dipakai buat menggelar funeral aja, dan itu pun dibatasi sampai 25 orang only. Terus, sekolah di sana juga enggak bakalan digelar offline at least sampai 17 Januari gengs.
  • Pelatih Arsenal, Mikel Arteta dinyatakan positif Covid waktu lagi sibuk-sibuknya mendampingi timnya yang lagi tanding Premier League. Hal ini membuat Arteta harus diisolasi kurang lebih satu minggu dan nggak bisa mendampingi Arsenal waktu tanding melawan Manchester City Hari Sabtu kemarin.
  • Masih dari sepak bola, pertandingan Premier League antara Leicester City dan Norwich City bakal ditunda seiring dengan penularan COVID-19 di antara para pemain. Pihak panitia bilang bahwa mereka udah meng-acc permintaan dari tim Norwich City untuk menunda pertandingannya, secara mereka nggak punya cukup pemain untuk bertanding, due to COVID-19 and injuries.
  • Kabar optimis datang dari WHO guys, di mana dalam pesan tahun barunya, mereka yakin nih, bahwa fase akut dari pandemi ini bisa berakhir pada Juli tahun ini. ASAL, kata Sekjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dunia bisa memvaksinasi sekitar 70% dari populasinya. Karena itu, Tedros mengajak pemerintah, swasta, dan civil society untuk terus mengebut angka vaksinasi di tiap negara supaya bisa mencapai target tersebut.
  • Last but not least, masyarakat di South Africa lagi bersiap untuk kembali ke rutinitas semula setelah pemerintah menyatakan bahwa gelombang keempat Covid yang dipicu sama Omicron udah mereda. Salah satu aturan yang akhirnya ngga berlaku lagi adalah jam malam yang tadinya berlaku di sana. FYI guys, pemerintah setempat akhirnya mengambil kebijakan ini setelah melihat data-data kayak penularan pandemi, tingkatan vaksinasi, dan kapasitas seluruh elemen yang ada di sektor kesehatan.

When you see #IndonesiaTetapBangga everywhere

Because of the AFF Final Result.
 
What happened?
So, we have a good news and not so good news. The good news is di leg kedua Final AFF Sabtu kemarin, Indonesia berhasil imbang melawan Thailand dengan skor 2-2. But,Timnas Indonesia tetap nggak bisa merebut gelar juara AFF kali ini, and that’s not so good news-nya.
 
Hah kok gitu?
Iya guys, since ini udah leg kedua dan hasil penentuan juara adalah hasil kumulatif dari leg pertama yang mana Thailand menang 4-0, jadi total skor akhirnya adalah 2-6. Karena itulah, Indonesia gagal jadi juara Piala AFF dan keluar sebagai runner up buat keenam kalinya. Same thing sama Thailand yang juga berhasil membawa piala AFF ke negaranya enam kali.
 
Tell me about the game.
Sure. bertempat di Stadion Nasional Singapura, Indonesia bermain dengan formasi 4-2-3-1. Tim Garuda tuh sempat unggul lho di babak pertama, di mana gelandang andalan kita, Ricky Kambuaya berhasil meloloskan tendangannya sampai gol ke gawang Thailand di menit ke-7 pertandingan dimulai.
 
Oh wow, terus terus….
Nah dinamika yang terjadi setelah gol itu sempat seru tuh. Thailand mau balas tapi nggak gol, tendangan berikutnya yang mau dilancarkan ke gawang tapi masih juga bisa ditepis sama kiper tangguh kita Nadeo Argawinata. Nah, mulai ke-pressure tuh di situ tim Thailand sampai Bordin Phala harus dapat kartu kuning gara-gara melanggar Ricky Kambuaya. Terus ya udah, nggak lama setelah itu babak pertama selesai dengan hasil 1-0 untuk tim Indonesia, atau 4-1 kalau dikumulasikan.
 
Babak kedua gimana?
Di awal babak ini, Thailand kemudian merombak tiga pemainnya dan bermain lebih agresif. Kemudian di menit ke-54, Thailand berhasil meluncurkan serangannya lagi ke gawang Indonesia sehingga menghasilkan gol, dan skor kali ini adalah imbang 1-1. Abis itu, pemain Indonesia Asnawi Mangkualam melakukan gol bunuh diri yang bikin kondisi berbalik jadi 2-1 buat Thailand. Lalu di menit 80, Egy Maulana Vikri sukses mencetak gol penyeimbang untuk Timnas Indonesia dan skor berubah jadi 2-2 sampe pluit tanda permainan berakhir bertiup.
 
So, we lost?
Yep, karena agregat akhirnya jadi 6-2, dan Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2020. Terkait kemenangannya ini, pelatih Thailand Alexandre Polking tetap memandang bahwa tim Indonesia keren banget, karena tetap gigih berjuang. Polking juga bilang bahwa Indonesia punya talenta muda yang menjanjikan, dan masa depan yang cerah.
 
Terus, did Coach STY say anything?
Of course, dalam konferensi pers setelah pertandingannya selesai kemarin, pelatih Indonesia Shin Tae Yong  tetap memuji para pemainnya karena udah bermain dengan baik, khususnya di babak kedua. Beliau juga bilang bahwa sekarang sih dia mau ngasih libur dulu buat para pemain, sebelum memulai lagi kompetisi di tahun 2022. FYI guys, kompetisi terdekat yang akan dihadapi STY dan anak asuhnya adalah Piala AFF U-23.
 
Cool! I am ready with my jersey then.
Great! Nah sekarang, ngomongin bola gabisa nih kalo kita ngga bahas Kemenpora dan PSSI, wqwqwqw. Terkait final kemarin, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali menyampaikan apresiasinya terhadap pemain-pemain Timnas yang notabene masih muda tapi udah berhasil melawan Vietnam, Malaysia, dan Singapura yang mana di FIFA aja tiga negara itu di atas Indonesia. Selain itu, PSSI juga ngirim sinyal bahwa mereka bakal mempertahankan Coach STY, secara dalam keterangan resminya, Ketua PSSI Kang Iwan Bule percaya sama pelatih asal Korsel tersebut. In his words: “Saya percaya akan masa depan tim ini, khususnya para pemain muda. Di tangan Shin Tae-yong, tim akan semakin matang. Percaya dengan proses dan kita tinggal tunggu hasilnya,” gitu guys.
 
OK then. Anything else?
Nah guys, meski menjadi runner-up, tapi Indonesia berhasil membawa pulang tiga penghargaan pada ajang dua tahunan ini. Jadi sebagai keluar sebagai runner-up, Tim Garuda juga mendapatkan penghargaan Pemain Muda Terbaik yang diberikan kepada Pratama Arhan serta Tim Fair Play.

When all you want is to be happy…

Don’t we all?
Nah guys, kalo kamu pengen bahagia, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah ke… Maluku Utara.
 
HAH kenapa emang?
Karena menurut riset yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan dipublikasikan minggu lalu, Maluku Utara ini emang tercatat sebagai provinsi paling bahagia di Indonesia. Adapun tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia ini diukur dari tiga dimensi, yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affection) dan makna hidup (eudaimonia).
 
Go on…
Nah yang menarik, dari sepuluh provinsi yang paling bahagia di Indonesia, enggak ada satu pun yang terletak di Pulau Jawa. Sebaliknya, justru Banten jadi provinsi yang indeks kebahagiaannya paling rendah. Meanwhile, ibu kota Jakarta ada di posisi paling nggak bahagia ke delapan, tepat di atas Sumatera Utara.
 
I see…
Selanjutnya, data BPS juga menunjukkan bahwa ada sejumlah dimensi kebahagiaan di Banten yang berada di bawah indeks nasional. Contohnya, pada indeks dimensi kepuasan hidup, angka Banten berada di bawah rata-rata nasional, karena kalo nasional berada pada angka 75,16, sementara Banten 72,61.
 
I believe it’s not all about the location…
Oh iya enggak guys. Ada juga dari status pernikahan, di mana kata BPS, orang Indonesia yang udah menikah ditemukan lebih bahagia daripada status lainnya. Jadi kata BPS, penduduk dengan status perkawinan menikah memiliki indeks kebahagiaan tertinggi dibandingkan dengan penduduk status perkawinan lainnya yaitu sebesar 72,1. Dalam Indeks Kebahagiaan 2021, penduduk dengan status perkawinan belum menikah memiliki indeks sebesar 71,58.
 
This is getting more interesting. Tell me more!
Selain itu, ditemukan pula bahwa penduduk berjenis kelamin laki-laki  lebih bahagia dibanding yang perempuan. Hal lain yang juga menarik adalah, penduduk dengan jumlah anggota keluarga empat orang adalah yang paling bahagia dibanding jumlah lainnya. Finally, tahu nggak guys warga dengan tingkat pendidikan apa yang paling bahagia? Yep, S1 maupun S2. Jadi diketahui bahwa mereka dengan tingkat pendidikan tertinggi itu yang paling bahagia dibanding level pendidikan lainnya. Adapun yang kebahagiaannya paling rendah adalah yang tidak pernah sekolah.
 
Ouch… anything else?
Well, dalam melakukan penelitiannya ini, BPS melakukan survei yang dilaksanakan pada rentang waktu 1 Juli sampai 27 Agustus 2021. Adapun unit analisis adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random), dan metode sampling yang digunakan untuk memilih sampel adalah two stage one phase sampling. Adapun total sampel rumah tangga untuk keperluan estimasi tingkat kebahagiaan hingga level provinsi di Indonesia sebesar 75 ribu rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi.

Who just spoke up about women’s issues?

Pope Francis.

Yep, jadi di misa tahun barunya yang digelar di Basilika Santo Petrus pada Sabtu kemarin, Paus Fraksiskus bilang bahwa menyakiti perempuan adalah penghinaan terhadap Tuhan. Beliau juga bilang bahwa perempuan adalah sumber kehidupan dan berperan penting buat menjaga peradaban. Karena itulah, beliau dengan tegas mengajak seluruh masyarakat Kristiani untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan berbuat lebih banyak buat melindungi mereka.
 
Lebih jauh, Paus Fransiskus juga mengajak umat Kristiani untuk meneladani kisah Maria, the Mother of Jesus, yang melahirkan dalam kondisi yang sederhana. Meski begitu Maria tetap tegar dalam kehidupannya. Karena itulah, Paus Fransiskus kemudian mengajak segenap umatnya untuk melindungi perempuan dan enggak melakukan kekerasan terhadap kaum hawa lagi.
 
FYI guys, ini bukan pertama kalinya Paus Fransiskus speak up soal putting an end to domestic violence. Bulan lalu di salah satu TV Italia, beliau bilang pada seorang perempuan yang abis dipukulin oleh mantan suaminya bahwa aksi itu adalah aksi kriminal, dan kelakuan si mantan suami itu kayak setan. However, seruannya kali ini dianggap publik sebagai yang paling tegas, karena dilakukan saat momentum misa Tahun Baru.
 
Exactly a New Year’s message we all need…

“Kadang-kadang saya suka mikir, kebahagiaan saya kok jadi abstrak ya?”

Gitu guys kata Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan pas membahas soal penurunan kasus covid-19 di DKI Jakarta dalam akun YouTube-nya weekend kemarin. Kata Pak Anies, dulu kebahagiaannya adalah kalo lagi main sepak bola, tapi setelah pandemi, kebahagiaannya justru pas kematian akibat COVID-19 ada di angka nol. Karena inilah Pak Anies bertanya-tanya, kebahagiaan kok abstrak ya?

Same Pak Anies, same.


Announcement


Thanks to Nohtyp for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Have a “new year, new job” resolution? Let’s learn about work-life balance first.

Angel’s Stories

1. These days’ typical weather is (almost) raining every evening and kita sebagai penumpang setia bus antar kota hehehe ughh being soaked in the rain and taking bus at the same time is not really a pleasant experience.. One time di Jakarta hujan besar sekali dan walaupun sudah berteduh tapi tetap saja air hujannya tampias sampai rambut dan baju basah kuyup… Saat bus tiba tidak ada pilihan lain selain hop on to the bus, yet when I sat down.. seorang mbak-mbak offered me tissue to wipe up my hair and face… HUHUUHU as I said thank you to her, I can feel the warmness I barely feel in the huge city of Jakarta… Thank you ya mbak. God bless you.
-Sweetie Pie-
 
2. Hari ini aku lagi seneng banget karena kerjaan bisa selesai tepat waktu. Tapi tiba-tiba pas malem dapet kabar kalau idolaku (si oppa) mau wamil (wajib militer). Yang bikin sedihnya itu, ternyata dia harusnya wamil di awal tahun 2021, tapi masih pengen bikin karya sama full member, dan bahkan solo juga. Dia tuh selalu menghibur fans dengan maksimal banget. Di saat hyungnya pamit wamil di Maret dan Oct, dia langsung live Instagram, supaya kita ga sedih. Dia juga banyak banget ngasih konten. Pokoknya baik bangetngetnget. Sedih aja 2022 nanti harus kehilangan, tapi semoga bisa lancar wamilnya dan cepet selesai, biar bisa kumpul berlima lagi❤️ Dear D, please comeback safely and let’s meet soon.
-D.dayblue-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)