Corona Updates 17 Januari 2022, Seragam Satpam Akan Diganti Lagi, Letusan Gunung Bawah Laut di Tonga, Halaman Buku Komik Paling Mahal Yang Pernah Dilelangkan

118


Hello!

Good morning to you, all hustlers and fighters. In this new week, we hope you’re excited and motivated to start the day and bring positive impact to your surroundings. But remember, you can’t pour from an empty cup. Make sure you are healthy both mentally and physically (and dompet-ly?), so you’re ready to take on whatever today brings you. Take care.


Here we are on another Monday. Here we are on the latest….

Covid Updates.

Hello again. Since it is Monday, let’s get you up on the updates of COVID-19. As always, we’ll start from…

 Home. 

  • Per kemarin, 16 Januari 2022, total kasus positif COVID-19 di Indonesia menjadi 4.271.649 kasus, dengan kasus aktif 8.605 angka sembuh 4.118.874 dan kasus meninggal 144.170.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (869.088 kasus), Jawa Barat (709.292 kasus), Jawa Tengah (487.083 kasus), Jawa Timur (400.291 kasus), dan Kalimantan Timur (158.377 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 176.301.989 dan vaksinasi kedua 119.746.532 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Kemarin, Jubir Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan target pemerintah yang akan menyelesaikan vaksinasi primer dosis pertama dan kedua bagi seluruh warga Indonesia pada Maret 2022 mendatang. Selanjutnya, program vaksinasi akan dilanjutkan dengan vaksin booster yang udah berjalan sejak minggu lalu, dan ditargetkan beres di akhir tahun nanti Desember 2022. Per sabtu kemarin, sebanyak 1.3 juta orang udah menerima booster ini.
  • Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria baru aja bilang bahwa tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 di Ibu Kota naik jadi 19 persen. Meski begitu, tingkat keterisian ruang unit perawatan intensif (ICU), cuma naik sebesar 1% aja. Menurut Pak Riza, kenaikan yang hanya satu persen itu adalah dampak positif dari vaksin COVID-19.
  • Baru aja guys, BPOM meng-acc penggunaan obat untuk mengobati COVID-19, namanya Molnupiravir. Obat yang merupakan produksi perusahaan farmasi Merck ini terbukti bisa menurunkan risiko orang yang dirawat di rumah sakit gara-gara Covid, terus bisa menurunkan risiko kematian sampai 30%. Terus, obatnya juga rencananya bisa dikonsumsi pasien 18 tahun ke atas, dengan gejala ringan ke sedang yang berpotensi jadi infeksi berat.
  • Di Jakarta, belasan sekolah menghentikan pembelajaran tatap muka aka PTM 100% dan ditutup sementara setelah ditemukannya kasus positif Covid pada siswa dan para guru. Makanya kegiatan belajar mengajar balik lagi ke online meskipun disampaikan Wagub DKI Bang Riza Patria, DKI Jakarta nggak sepenuhnya menutup sekolah karena based on SKB 4 Menteri, PTM 100% masih bisa dilakukan.
  • Satgas COVID-19 lagi mempertimbangkan dan mengkaji gelang chip yang bakal dipakai sama orang-orang yang lagi karantina. Dengan pakai gelang chip, pihak Satgas jadi nggak kesusahan untuk memantau dan memonitor orang-orang yang lagi karantina Covid karena mereka bisa tahu si orang tersebut pergerakannya kayak apa. Selama ini, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dinilai belum cukup untuk tahu posisi exact real time-nya ada di mana. Beda kalau pakai gelang chip yang emang dipakai di badan ceunah.
  • Vaksin produksi dalam negeri, Vaksin Merah Putih, diperkirakan bakalan keluar izin penggunaannya sama BPOM di pertengahan tahun ini. Adapun Vaksin Merah Putih ini dikembangkan oleh tujuh tim berbeda dengan metode yang berbeda juga yah. Nah, dari tujuh tim yang berasal dari sejumlah kampus dan Lembaga riset di Indonesia itu, tim dari Universitas Airlangga adalah tim dengan progress tercepat gengs.  Awal Februari ini vaksinnya bakalan otw uji klinis tahap 1, dan bakalan terus dikawal sama BPOM sampai akhirnya keluar izin penggunaannya di Juni 2022.

Internationally…. 

  • Per 16 Januari 2022, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 326.274.591 kasus dan 5.536.717 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (65.404.580 kasus), India (37.122.164 kasus), Brazil (22.981.851 kasus), Inggris (15.246.189 kasus) dan Prancis (14.005.385 kasus).
  • Baru aja minggu lalu, inisiatif vaksin bersama yang dipimpin oleh WHO, namanya COVAX mencapai target pengiriman satu miliar dosis ke 144 negara. Yep, inisiatif yang dimulai pada Februari 2021 itu emang bertujuan untuk mengatasi ketimpangan dalam akses vaksin, khususnya antara negara kaya dan yang less kaya. Adapun pengiriman terakhir yang bikin tercapainya target ini adalah pengiriman ke Rwanda Sabtu kemarin yang sebanyak 1,1juta dosis. Kata WHO, pencapaian ini baru aja dimulai dan masih banyak tugas yang harus diselesaikan.
  • Setelah mengalami tren penurunan in terms of orang-orang yang dirawat inap, Pemerintah Belanda baru aja memutuskan untuk melonggarkan pembatasan yang udah berlaku sejak Natal tahun lalu. Dengan adanya aturan ini, maka per Sabtu kemarin, toko, pusat kebugaran, dan salon udah bisa beroperasi sampai jam lima sore. Selain itu, sekolah dan universitas juga udah bisa tatap muka. Fyi jumlah pasien yang dirawat inap di Belanda sekarang ada di angka 1.289 orang.
  • Di tengah lonjakan kasus COVID-19 yang tengah terjadi di Italia, polisi di negara yang terkenal sebagai kiblat fashion itu baru aja merasa bingung guys. Yep, mereka bingung karena kan sekarang di Itali udah pada wajib pake masker yah, tapi tuh masker yang para polisi dapatkan buat dipake pas lagi on duty warnanya pink. Mereka kemudian rada galau karena menilai warna maskernya nggak match sama seragamnya, dan takut masker pink ini justru men-jeopardize wibawa polisi. Terus ya para polisi ini maunya yaa warna basic aja gitu, kayak hitam, putih, atau biru gitu.
  • Sejumlah bisnis yang tergabung dalam Asosiasi Restoran Nasional Brasil bilang 85% dari mereka kekurangan staf, thanks to Omicron. Nggak cuma itu, maskapai Azul SA dan yang dari Latam Airlines Group juga menyampaikan keluhan yang sama, di mana fenomena ini sampe bikin antrean panjang di bandara. Oleh karena itu, pemerintah di sana akhirnya mengurangi durasi karantina dari 10 hari jadi 7 hari aja. Selain itu, pemerintah Brasil juga lagi menggencarkan vaksinasi, yang sejauh ini udah mencapai 67% dari total populasi, biar rutinitas warganya bisa balik normal lagi.
  • Dhaka, ibukota Bangladesh, dan daerah lain di negara ini baru aja dinyatakan sebagai “red zone” setelah tingkat penularan COVID-19 di sana naik di antara 10 sampai 19 persen dalam tiga hari terakhir. Walaupun majority Covid di sana masih didominasi oleh varian delta, tapi varian Omicron juga meningkat nih, guys. dan terus meningkat, sampai Menteri kesehatan Bangladesh Zahid Maleque curiga kalau local transmission Omicron udah terjadi di Bangladesh.
  • Minggu lalu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden bilang bahwa pemerintah bakal mengirimkan alat buat test COVID-19 sendiri di rumah secara gratis. Adapun alat ini bakal dikirimkan pada 500 juta orang, di mana tiap rumah tangga bisa mengirimkan permintaan sampai empat alat test. Abis di-request, baru deh alatnya bakal dikirimin pemerintah dalam jangka waktu 7-12 hari.

What’s more confusing than your relationship?

Polisi and Satpam’s uniform
 
Hah kenapa emang? 
Lagi rame ni gengs, bahwa seragam Pak Satpam dan Pak Polisi yang warnanya sama bikin banyak orang kecele. Yep, kamu tentunya tahu bahwa sekarang tuh udah nggak ada lagi satpam yang pakai setelan putih bawahan navy gitu.  Semuanya udah diganti ke coklat muda, which is 11 12 sama polisi, Nah karena suka bikin bingung, jadinya seragam satpam bakalan diganti lagi, gengs.
 
Dulunya kenapa diganti ke coklat muda ini emang? 
Well, menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri pada saat itu Brigjen Pol Awi Setiyono, ada sejumlah alasan nih kenapa seragam satpam kemarin diganti dari putih navy ke coklat muda . Yaitu biar menumbuhkan kebanggaan para satpam sama pekerjaan mereka, juga biar satpam tuh punya kedekatan emosional sama Polri. Makanya dibikin mirip gitu. Adapun warna cokelat dipilih karena filosofinya yang melambangkan kesederhanaan, bersahaja, kejujuran, dan keanggunan. Eh tapi malah nyaru karena orang-orang banyak yang bingung dan nggak bisa bedain. Dikira polisi, eh ternyata satpam.
 
Aku pernah tuh hehehehe
Tosss. Polri pun mengakui kalau warna seragam satpam dan polisi ini emang terlalu mirip, guys. Makanya sekarang mau diubah lagi itu seragam satpam jadi warna krem, dengan bawahannya sama kayak sebelumnya which is coklat tua. Pihak dari divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan bilangnya warna krem ini masih dalam proses pengkajian, dan bakalan diperkenalkan ke publik pas hari ulang tahunnya Satpam ke-41, 31 Januari nanti.
 
Berarti Pak Satpam bakal langsung pada ganti seragam lagi ni?
Yeaa most likely tapi enggak langsung di bulan ini juga, guys. Kalau ngikutin peraturannya, perubahan penggunaan seragam ini bakalan diatur dalam Peraturan Kapolri kan, Terus, implementasi dari aturan itu baru bisa berlaku setahun setelah Peraturan Kapolri-nya keluar. Kayak peralihan dari putih navy ke coklat muda kemarin, peraturannya keluar di 2020, tapi barui bisa direalisasikan di 2021. Yang ini juga gitu.
 
Got it. Did anyone say anything? 
Ada. Angota Komisi III DPR RI, Habiburokhman bilang jangan diganti itu seragamnya. Kata Pak Habib, seragam satpam yang dibikin mirip sama polisi bisa kasih efek psikologis ke orang-orang yang mau melakukan kejahatan, eh nggak jadi karena mereka ngeliat orang yang sekilas kayak polisi. Terus, lebih lanjut Pak Habib juga ngomong jangankan manusia dibikin mirip polisi, patung juga kayak gitu, ada patung mirip polisi, biar orang-orang pada patuh.
 
… 
Selain Pak Habib, Santoso yang sama-sama anggota di Komisi III juga bilangnya lebih baik seragam satpam tuh dipertahanin aja. Dan jangan terlalu sering diganti. Soalnya hal ini bakalan bikin susah orang-orang di dunia usaha karena harus keluar duit lagi buat seragam satpam yang baru. Kayak, orang udah susah karena pandemi, jangan dibikin susah lagi tolong, gitu guys.
 
Tapi ada yang setuju nggak sih? 
Ada dong. Tim #Yay kita kali ini adalah Pak Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto sebagai Ketua Kompolnas RI. Doi bilang bahwa dari awal dirinya nggak setuju kalau seragam satpam dan polisi ini dibikin mirip. Menurut beliau, emang harus ada perbedaan antara dua profesi ini, dan kalaupun mau menghargai satpam, ya bukan dengan bikin seragamnya mirip sama polisi ceunah. Daripada fokus ngurusin seragam, lebih baiki fokus ke hak, kompetensi, pembinaan karier, dan profesionalitasnya gitu.
 
Got it. Anything else I should know?
Fyi lahirnya Satuan Pengamanan aka Satpam di Indonesia nggak terlepas dari peran Jenderal Polisi Awaloedin Djamin, Kapolri periode 1979-1982.  Satpam ini dibentuk karena kekhawatirannya beliau yang merasa jumlah anggota polri terbatas banget kalau harus melindungi masyarakat di lingkup-lingkup kecil kayak pertokoan atau perkantoran, sampai akhirnya di Desember 1980, satpam secara resmi lahir. Dari sejak berdiri sampai sekarang, seragam satpam juga mengalami berbagai perubahan. Dari biru-biru dan putih biru, sampai cokelat muda kayak sekarang.

Now, let’s talk about what’s happening on the other side of the world….

In Tonga. 
Iya guys. Sabtu kemarin, telah terjadi letusan gunung bawah laut yang menimbulkan peringatan tsunami di Kawasan Pasifik Selatan dan west coast-nya Amerika Serikat. Letusan ini terjadi di dekat sebuah negara kecil namanya Tonga, dan menyebabkan gelombang laut yang kuat sampai ke pesisirnya Amerika Serikat.
 
Wait, where is it again? 
Tonga. Tonga adalah negara persemakmuran Inggris yang ada di Kawasan Oceania, tetanggaan sama Fiji, Wallis, Samoa, dan Vanuatu. Tonga ini merupakan negara kepulauan dengan luas total sekitar 750 ribu kilo meter persegi. Terdiri dari 170 pulau, negara ini dibagi ke tiga bagian, ada Tangatapu di Selatan, Ha Apai di tengah, dan Vava u di utara.
 
Ok, now tell me about the eruption… 
Sure. Jadi gunung api bawah laut yang meletus itu namanya Hunga-Tonga-Hunga-Ha Apai. Gunungnya meletus pertama kalinya tuh hari Jumat kemarin, dan melemparkan gumpalan abu sejauh 20 km ke udara. Jadi emang awalnya aktivitas gunung ini udah dilaporkan meningkat sejak Desember tahun lalu, tapi sempat mereda sampai tanggal 11 naik lagi, dan akhirnya meletus lagi tiga hari kemudian. Dan nggak berhenti sampai di situ, ada lagi letusan kedua, gengs.
 
Letusan kedua? 
Yes. Letusan kedua terjadi besokannya di hari Sabtu sore. Di situ, BMKG-nya Australia mencatat udah ada gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di dekat-dekat ibukotanya Tongo, Nuku’alofa. Di Samoa juga gitu, ada gelombang tsunami setinggi 0,7 meter di Pago-Pago, ibukota mereka. Cuaca di sekitaran situ jadi parah banget gara-gara letusan gunung ini. Bahkan, ilmuwan dari New Zealand, Emily Lane bilangnya erupsi ini kekuatannya siginifkan banget, karena gelombangnya bisa sampe ke New Zealand which is jaraknya sekitar 2.500 km. Jauh banget kan…
 
Wow, ok…. 
Salah satu korban terdampak gelombang ini adalah Raja Tonga sendiri Raja Tupou VIsince gelombangnya juga masuk ke Nuku’alofa, Ibu kota negara tempat di mana istana raja itu berada. Raja Tupou VI kemudian diamankan polisi dan tentara untuk proses evakuasi ke sebuah vila yang lebih aman, terus para penduduk juga udah diarahkan untuk berlindung di tempat yang lebih tinggi.
 
Terus, wilayah mana lagi yang terdampak?
Tsunaminya ini kan terjadi di Pasifik bagian selatan, yang mana itu di bagian baratnya ketemu Amerika Serikat. Karenanya, National Service Seattle langsung gercep men-declare peringatan tsunami di daerah pantai pasifiknya AS. Di California juga gitu, sejumlah pantai di sana langsung ditutup, dermaga dan pelabuhannya juga, dan cuma diaktifkan for emergency only menyusul adanya peringatan tsunami. Nggak cuma di AS, di sepanjang garis pantai Jepang juga men-declare peringatan tsunami, karena gelombang dari Tonga udah nyampe ke Pulau Amami Oshima di Kagoshima setinggi 1,2 meter, terus Pelabuhan Kuju di Iwate juga ditemukan gelombang setinggi 1,1 meter.
 
Got it. Anything else? 
Fyi ini tuh bukan pertama kalinya gunung tersebut meletus. Di tahun 2014, gunungnya juga pernah erupsi hingga menghasilkan pulau baru yang penuh dengan berbagai tumbuhan yang mekar plus burung hantu. Terus, berkaitan sama letusan kali ini, sejauh ini belum ada kerusakan berarti yang dilaporkan dari gelombang tsunami baik yang terjadi di Tonga, Samoa, Jepang, dan daerah-daerah lain. Orang-orang di sana cuma diminta untuk nggak dulu pergi ke pantai sampai emergency peringatan tsunami dicabut.

When you are a big fan of Spider Man….

You can join this auction.
 
Iya guys, kalo kamu penggemar Spider Man dan suka juga sama komiknya, kamu tentunya udah familiar banget sama adegan di seri Secret Wars di mana Spider Man pertama kali berubah dari seragam khasnya yang merah-biru jadi setelan serba hitam. Nah, halaman yang menggambarkan perubahan ini baru aja dilelang di Amerika Serikat dan berhasil terjual dengan harga US$3,36 juta! Hal ini kemudian menjadikan halaman tersebut sebagai page paling berharga di dunia dari karya seni komik asli. Selain itu, halamannya juga tercatat sebagai rekor halaman buku komik paling mahal yang pernah dilelangkan.
 
Nggak cuma itu, ada juga halaman lain di komik yang sama, yang juga menggambarkan soal sejarah Spider Man. Halaman ini kemudian berhasil terjual di harga US$288 ribu. Jadi dengan kedua halaman itu aja, Heritage Auctions, sebagai rumah lelang where it all happened berhasil menjual dua lembar komik Spider-Man bersejarah dengan nilai total US$3,648 juta! Whoaaa! Hal ini juga membuktikan bahwa comic never dies dan bakalan terus dicintai dan dihargai sama orang-orang. Nah guys, sampe saat ini, Heritage Auction belum mengumumkan kepada siapa halaman tersebut berhasil dijual. Namun yang pasti bisa kita simpulkan, yang beli adalah orang tajir yang emang demen banget ama Spider Man.
 

👀👀


“Uploading my photo into nft lol.”

Gitu guys bunyi twitnya Ghozali Everyday minggu lalu, pas doi menjual foto selfie-nya di platform jual beli NFT, Opensea. Ghazali yang lagi viral itu emang bikin banyak orang shock dengan pendapatannya yang mencapai Rp1,5 miliar dari jualan foto-fotonya dalam bentuk non-fungible token (NFT). Ghozali bilang, dia ngga nyangka bahwa selfienya itu bakal ada yang beli. Namun kini, harga termurah bagi foto selfie milik Ghozali kini menembus 0,3 ETH atau setara Rp14 juta..
 
One twit, and the rest is history…

Announcement


No one bought us coffee today 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Your brain health is sooo important, and these are the habits you should let go, so you can have a healthier brain.

Angel’s Stories

1. I want to share with you about the development project in Desa Tamong, West Borneo, which make me believe that angels are everywhere. Proyek ini adalah program misi yang diinisiasi oleh organisasi bernama Perkantas untuk tahun 2009-2034. Aku baru dengar proyek ini akhir tahun 2021 dan salut dengan dedikasi dari kakak-kakak Perkantas. Jadi, tahun 2009, Desa Tamong adalah salah satu desa yang masih terbelakang di Kab. Bengkayang, Kalbar. Belum ada sarjana dari desa tersebut dan akhirnya pada 2019, Perkantas berhasil menyekolahkan 2 orang anak desa hingga lulus sarjana untuk kemudian mengabdi di desa mereka. Entah kenapa, kepedulian semacam itu yang seakan menjadi oase bagiku di tengah ketimpangan dan ketidakpercayaan terhadap kinerja pemerintah. Terima kasih, kakak-kakak di Perkantas yang sudah membagikan cerita mereka dalam menolong sesama yang mungkin terlupakan dan membuatku sadar kalau negeri sebenarnya punya banyak malaikat tak bersayap.
-Dian Ch, Senegal-.
 
2. Pada minggu ini sangat sibuk banget. Kebetulan ada masalah keluarga. Rezeki datang dari mana saja, eh ternyata ada yang datang bawa makanan. Karena rezeki tak boleh ditolak ya sudah terima saja. Untuk siapa pun yang sedang lelah dan putus asa, tetap semangat dan harapan itu masih ada. Terima kasih yang sudah baca tulisan ini.
-Ardhi, Tebet-.
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)