Corona Updates 10 Januari 2022

125

Don’t skip your Monday morning without…

Covid Updates

Yep, new year, new updates, new variant. Now let’s start from… 

 

Home. 

  • Per kemarin, 9 Januari 2022, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.265.666 kasus, dengan kasus aktif 5.792 angka sembuh 4.115.747 dan kasus meninggal 144.127.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (866.217 kasus), Jawa Barat (708.933 kasus), Jawa Tengah (486.968 kasus), Jawa Timur (400.129 kasus), dan Kalimantan Timur (158.346 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 169.580.225 dan vaksinasi kedua 116.569.908 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Per Hari Sabtu kemarin, Pemerintah DKI Jakarta udah resmi melarang pejabat-pejabatnya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, demi menghindari tersebarnya varian Omicron di Indonesia. Larangan ini tertuang dalam sebuah Surat Edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali 4 Januari 2022 kemarin.
  • Baru aja ni guys, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bilang bahwa Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah cakupan vaksinasi COVID-19 terbanyak. Kata Pak Budi minggu lalu, cakupan vaksinasi Indonesia mencapai 166,65 juta sasaran, dan kita menempati urutan dengan vaksinasi terbanyak setelah China, India, Amerika Serikat, dan Brazil di posisi lima.
  • Sabtu kemarin, ada 480 jemaah Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi buat melaksanakan ibadah Umroh. Dikonfirmasi oleh Kepala Subdirektorat Pemantauan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag, M. Noer Alya Fitra, pemberangkatan kali ini bakalan jadi pemberangkatan perdana sejak Pemerintah Saudi Arabia mencabut travel ban yang dikenakan ke Indonesia 1 Desember 2021 lalu. Sebelum berangkat, seluruh jemaah udah karantina dulu selama 24 jam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.
  • Kemarin, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly bilang bahwa pemerintah emang enggak bisa melarang warga negara Indonesia (WNI) untuk pergi ke luar negeri secara absolut meski berpotensi tertular virus corona (COVID-19) varian Omicron di negara lain. Menurutnya, yang bisa dilakukan adalah menerapkan aturan ketika pada WNI ketika mereka kembali pulang, kayak karantina, PCR, dll.
  • Kemarin, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito bilang bahwa Indonesia udah memiliki super imunitas atas virus COVID-19, baik karena vaksinasi maupun terinfeksi langsung. Hal ini diketahui setelah pemerintah melakukan survei atas 86,6% penduduk Indonesia, dan ditemukan sebanyak 73,2% penduduk telah memiliki antibodi terhadap virus SAR-CoV-2.

Internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 305.240.372 kasus dan 5.485.718 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (59.767.342 kasus), India (35.528.004 kasus), Brazil (22.328.252 kasus), Inggris (14.422.067 kasus) dan Prancis (11.921.925 kasus).
  • Kondisi COVID-19 di Filipina makin parah ni guys. Diketahui ada 26.458 kasus baru yang tercatat pada Sabtu kemarin, sementara tingkat vaksinasi mereka masih rendah, yaitu belum mencapai setengah dari total populasi. Oleh karena itu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte sampe mengancam orang-orang yang bandel keluar rumah padahal belum divaksin itu untuk dibui. Kebijakan ini diambil juga karena infeksi COVID yang udah meningkat tiga kali lipat dalam dua hari.
  • Sejauh ini, Peru merupakan negara dengan tingkat kematian akibat COVID-19 tertinggi di dunia, di mana ada sekitar 98.000 anak harus jadi yatim-piatu gara-gara kehilangan ayah, ibu, atau wali mereka karena pandemi ini. Solusinya, pemerintah Peru bakal mengeluarkan US$50 setiap dua bulan sekali sebagai dana pensiun ke lebih dari 18ribu keluarga yang terdampak. Sampai sekarang, negara dengan penduduk 33 juta itu udah mencatatkan 2 juta kasus dan udah ada lebih dari 200 ribu orang yang meninggal.
  • Update dari bintang sepakbola Lionel Messi yang baru aja dinyatakan positif ni guys, jadi doi kini udah sembuh dan udah balik lagi ke Paris, di mana headquarters club yang menaunginya, Paris Saint-Germain berada. Tapi Messi tetap belum bisa langsung beraktivitas seperti biasa karena masih harus melakukan protocol pasca-Covid sampai beberapa hari ke depan. Pemain-pemain lain di PSG juga nggak bisa tanding dulu karena masih isolasi, padahal mereka lagi ada di posisi teratas di Ligue 1 Perancis.
  • Over the weekend kemarin, masyarakat anti-vaksin di negara-negara Eropa pada turun ke jalan untuk menentang kebijakan pemerintahan mereka yang memperketat aturan buat warga yang enggak divaksin.  Di tengah dinginnya cuaca, mereka rela demo nggak pakai masker dengan bawa tulisan “Truth, Freedom, and No to Vaccine Pass”. Demo ini terjadi di Paris, Perancis, terus di Wina, Austria, dan Hamburg, Jerman. Di Hamburg, para warga juga menyampaikan penolakannya atas vaksinasi anak dengan bilang “Enough! Hands off our children!”, gitu guys.
  • Kabar mengezoetkan datang dari Wall Street, di mana salah satu bank terkemuka yakni Citigroup mengumumkan bahwa mereka bakal memecat karyawannya di Amerika Serikat kalo karyawan itu belum divaksin sampe akhir Januari ini. Jadi emang Oktober lalu, Citigroup udah ngumumin bahwa mereka mewajibkan seluruh karyawannya untuk divaksin, terus mereka juga punya deadline sampe tanggal 14 Januari untuk melaporkan hasil vaksinasinya itu, atau melengkapi alasan kalo emang ngga divaksin kenapa? Nah untuk karyawan yang belum divaksin, mereka akan diwajibkan ambil cuti tanpa berbayar, dan kalo belom divaksin sampe tanggal 30 juga, ya bakal dipecat.
  • Seorang penyair dan film maker di Iran, Baktash Abtin, meninggal dunia akibat COVID-19, di dalam penjara. Media pemerintah di sana bilangnya Abtin ini lagi dalam masa tahanan terus sempat dilarikan ke RS di Teheran, tapi nggak tertolong. Karena kematiannya, banyak kelompok HAM yang mengecam pemerintahan Iran. Abtin dinilai meninggal karena masa tahanan yang nggak adil, positif Covid, dan kekurangan fasilitas dan pelayanan yang layak.