Corona Updates 10 Januari 2022, Demonstrasi Besar-besaran di Kazakhstan, Harga Minyak Goreng Naik Sejak November 2021 Hingga Sekarang, Baru 6 Bulan Buka, Marble Arch Mound London Harus Ditutup

33


Hello!

Good morning. Last weekend we watched this thrilling movie on Netflix and if you haven’t, please go ahead and watch it. It is important to remember that the issue of climate change is not something like a side story in the news, but it should be our main topic of conversation. The situation is getting worse guys, and we cannot treat it like a joke…


Don’t skip your Monday morning without…

Covid Updates

Yep, new year, new updates, new variant. Now let’s start from… 

 

Home. 

  • Per kemarin, 9 Januari 2022, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.265.666 kasus, dengan kasus aktif 5.792 angka sembuh 4.115.747 dan kasus meninggal 144.127.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (866.217 kasus), Jawa Barat (708.933 kasus), Jawa Tengah (486.968 kasus), Jawa Timur (400.129 kasus), dan Kalimantan Timur (158.346 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 169.580.225 dan vaksinasi kedua 116.569.908 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Per Hari Sabtu kemarin, Pemerintah DKI Jakarta udah resmi melarang pejabat-pejabatnya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, demi menghindari tersebarnya varian Omicron di Indonesia. Larangan ini tertuang dalam sebuah Surat Edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali 4 Januari 2022 kemarin.
  • Baru aja ni guys, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bilang bahwa Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah cakupan vaksinasi COVID-19 terbanyak. Kata Pak Budi minggu lalu, cakupan vaksinasi Indonesia mencapai 166,65 juta sasaran, dan kita menempati urutan dengan vaksinasi terbanyak setelah China, India, Amerika Serikat, dan Brazil di posisi lima.
  • Sabtu kemarin, ada 480 jemaah Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi buat melaksanakan ibadah Umroh. Dikonfirmasi oleh Kepala Subdirektorat Pemantauan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag, M. Noer Alya Fitra, pemberangkatan kali ini bakalan jadi pemberangkatan perdana sejak Pemerintah Saudi Arabia mencabut travel ban yang dikenakan ke Indonesia 1 Desember 2021 lalu. Sebelum berangkat, seluruh jemaah udah karantina dulu selama 24 jam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.
  • Kemarin, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly bilang bahwa pemerintah emang enggak bisa melarang warga negara Indonesia (WNI) untuk pergi ke luar negeri secara absolut meski berpotensi tertular virus corona (COVID-19) varian Omicron di negara lain. Menurutnya, yang bisa dilakukan adalah menerapkan aturan ketika pada WNI ketika mereka kembali pulang, kayak karantina, PCR, dll.
  • Kemarin, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito bilang bahwa Indonesia udah memiliki super imunitas atas virus COVID-19, baik karena vaksinasi maupun terinfeksi langsung. Hal ini diketahui setelah pemerintah melakukan survei atas 86,6% penduduk Indonesia, dan ditemukan sebanyak 73,2% penduduk telah memiliki antibodi terhadap virus SAR-CoV-2.

Internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 305.240.372 kasus dan 5.485.718 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (59.767.342 kasus), India (35.528.004 kasus), Brazil (22.328.252 kasus), Inggris (14.422.067 kasus) dan Prancis (11.921.925 kasus).
  • Kondisi COVID-19 di Filipina makin parah ni guys. Diketahui ada 26.458 kasus baru yang tercatat pada Sabtu kemarin, sementara tingkat vaksinasi mereka masih rendah, yaitu belum mencapai setengah dari total populasi. Oleh karena itu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte sampe mengancam orang-orang yang bandel keluar rumah padahal belum divaksin itu untuk dibui. Kebijakan ini diambil juga karena infeksi COVID yang udah meningkat tiga kali lipat dalam dua hari.
  • Sejauh ini, Peru merupakan negara dengan tingkat kematian akibat COVID-19 tertinggi di dunia, di mana ada sekitar 98.000 anak harus jadi yatim-piatu gara-gara kehilangan ayah, ibu, atau wali mereka karena pandemi ini. Solusinya, pemerintah Peru bakal mengeluarkan US$50 setiap dua bulan sekali sebagai dana pensiun ke lebih dari 18ribu keluarga yang terdampak. Sampai sekarang, negara dengan penduduk 33 juta itu udah mencatatkan 2 juta kasus dan udah ada lebih dari 200 ribu orang yang meninggal.
  • Update dari bintang sepakbola Lionel Messi yang baru aja dinyatakan positif ni guys, jadi doi kini udah sembuh dan udah balik lagi ke Paris, di mana headquarters club yang menaunginya, Paris Saint-Germain berada. Tapi Messi tetap belum bisa langsung beraktivitas seperti biasa karena masih harus melakukan protocol pasca-Covid sampai beberapa hari ke depan. Pemain-pemain lain di PSG juga nggak bisa tanding dulu karena masih isolasi, padahal mereka lagi ada di posisi teratas di Ligue 1 Perancis.
  • Over the weekend kemarin, masyarakat anti-vaksin di negara-negara Eropa pada turun ke jalan untuk menentang kebijakan pemerintahan mereka yang memperketat aturan buat warga yang enggak divaksin.  Di tengah dinginnya cuaca, mereka rela demo nggak pakai masker dengan bawa tulisan “Truth, Freedom, and No to Vaccine Pass”. Demo ini terjadi di Paris, Perancis, terus di Wina, Austria, dan Hamburg, Jerman. Di Hamburg, para warga juga menyampaikan penolakannya atas vaksinasi anak dengan bilang “Enough! Hands off our children!”, gitu guys.
  • Kabar mengezoetkan datang dari Wall Street, di mana salah satu bank terkemuka yakni Citigroup mengumumkan bahwa mereka bakal memecat karyawannya di Amerika Serikat kalo karyawan itu belum divaksin sampe akhir Januari ini. Jadi emang Oktober lalu, Citigroup udah ngumumin bahwa mereka mewajibkan seluruh karyawannya untuk divaksin, terus mereka juga punya deadline sampe tanggal 14 Januari untuk melaporkan hasil vaksinasinya itu, atau melengkapi alasan kalo emang ngga divaksin kenapa? Nah untuk karyawan yang belum divaksin, mereka akan diwajibkan ambil cuti tanpa berbayar, dan kalo belom divaksin sampe tanggal 30 juga, ya bakal dipecat.
  • Seorang penyair dan film maker di Iran, Baktash Abtin, meninggal dunia akibat COVID-19, di dalam penjara. Media pemerintah di sana bilangnya Abtin ini lagi dalam masa tahanan terus sempat dilarikan ke RS di Teheran, tapi nggak tertolong. Karena kematiannya, banyak kelompok HAM yang mengecam pemerintahan Iran. Abtin dinilai meninggal karena masa tahanan yang nggak adil, positif Covid, dan kekurangan fasilitas dan pelayanan yang layak.

When things are getting intense in Kazakhstan….

Tell me.
Ada demonstrasi besar-besaran di sana yang terjadi pertama kalinya sejak negara itu berdiri sendiri tiga puluh tahun lalu. Saking parahnya, pemerintahan di sana sampe menyatakan mundur.
 
Wow ok, what happened? 
Gini ceritanya, Kazakhtan itu kan salah satu dari lima negara yang memisahkan diri dari Uni Soviet tiga puluh tahun lalu, ada Uzbekistan, Turkmenistan, Kirgizstan, Tajikistan, dan Kazakhstan sendiri. Nah dari lima negara ini, Kazakhstan tuh negara yang paling besar dan paling kaya, gengs. Dengan kekayaan alam berupa minyak bumi, logam mulia, gas alam, uranium, dll. Tetapi oh tetapi, despite of kekayaan alam yang dimiliki, rakyat di sana ternyata banyak yang miskin.
 
Miskin gimana maksudnya? 
Kesenjangan ekonomi di sana tuh gede banget. Rata-rata gaji bulanan masyarakat di sana nggak nyampe US$600, but at the same time, orang kaya makin kaya, dan belakangan ini makin banyak “the Ultra rich” yang bermunculan di sana. Terus, kondisi keuangan in general juga lumayan parah, dengan sistem perbankan yang lemah karena banyak kredit macet. Belum lagi korupsi yang makin merajalela, dan banyak daerah yang kaya sumber daya alam, namun kondisi masyarakatnya masih miskin. Nah ini nih yang bikin rakyat nggak puas sama pemerintahnya…
 
Familiar. Go on. 
Nah sebenernya sampe minggu lalu, pemerintah dan polisi setempat selalu berhasil meredam berbagai bentuk protes atas kebijakan pemerintah yang dinilai nggak berpihak pada warganya. Bahkan pas di tahun 2011 lalu, polisi sampe menembak mati 15 orang yang demo gara-gara pekerja di salah satu kilang minyak diberhentikan, dan warga masih bisa ditahan. Namun yhaa namanya kesabaran kan ada batasnya…
 
Terus apa tuh batasnya?
Nah batasnya itu dimulai ketika pada awal tahun ini, pemerintah menaikkan harga LPG yang dipakai orang-orang sebagai bahan bakar pengganti bensin sampe dua kali lipat. Hal ini bikin gelombang demonstrasi terjadi di seluruh negeri, dan jadinya protes udah nggak soal kenaikan harga aja, tapi yha soal kinerja pemerintah di bawah Presiden Kassym-Jomart Tokayev yang menjabat sejak tahun 2019. Yep, banyak warga yang ngga puas dengan kinerja Tokayev khususnya dalam masalah ekonomi, infrastruktur, dan pemerintahannya yang dinilai warga masih ada di bawah pengaruh presiden terdahulu, Nursultan Nazarbayev.
 
Nazar…ba…
Nazarbayev. Jadi gini guys, sebenernya kebijakan kenaikan bahan bakar ini udah dicanangkan dari tiga tahun lalu, di mana tampuk kepemimpinan waktu itu masih di bawah Nazarbayev. Terus meski udah lengser, doi masih dianggap pemimpin de facto-nya Kazakhstan, secara doi yang mengalihkan kepempinan pada Tokayev, dan doi masih menjabat sebagai Kemenko Polhukam gitu guys, yang ngurusin polisi dan tentara. Nah, jadi warga juga sebenernya marah sama si Nazarbayev, karena kebijakannya yang bikin orang susah dan baru diterapkan sekarang, dan doi juga dinilai masih menyetir pemerintahan. Makanya salah satu slogan dalam aksi protes masyarakat adalah “Old man go!”.
 
Hiks…
Nah karena itulah, kondisi di Kazakhstan sekarang lagi chaos banget. Polisi sibuk membubarkan massa dengan gas air mata, bahkan pakai granat karena para pemrotes makin sulit dikendalikan, dan sampe membakar mobil. Terus per hari Kamis lalu, udah ada puluhan pemrotes yang tewas ketika tengah terjadi kerusuhan di gedung-gedung pemerintahan. Nggak cuma itu, belasan polisi juga jadi korban tewas. Seiring dengan makin panasnya sikon di sana, Presiden Tokayev kemudian pada minggu kemarin meminta bantuan tentara untuk menghadapi para pemprotes dari aliansi tentara kawasan, namanya CSTO yang dipimpin oleh Rusia. Terkait hal ini, CSTO udah gercep menempatkan 2.500 tentaranya di Kazakhstan.
 
OMG makin panas…
Banget guys, Terus Hari Rabu kemarin, Presiden Tokayev juga mengumumkan status Gawat Darurat Nasional di negaranya selama dua minggu. Status ini meliputi jam malam dari jam 11 malam sampai 7 pagi. Pembatasan pergerakan masyarakat, orang-orang yang mau keluar masuk kota Almaty dibatasi banget sampe dilarangnya perkumpulan massa. Untuk saat ini, susah banget untuk tahu update terbaru di sana guys, secara WhatsApp, Facebook, dan Telegram udah di-block. Sejauh ini korban meninggal dilaporkan ada 164 orang, dan ada lebih dari 5.000 warga yang ditahan. Angka ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan masih berlangsungnya kerusuhan di sana.
 
Hiks. Anything else I should know? 
Buat kamu yang merupakan investor Bitcoin, jangan kaget yah kalo sejak kerusuhan ini terjadi, harga bitcoin langsung tenggelam aka jatuh banget, sampe ke US$ 41.447 (padahal all time high-nya pernah nyampe $68.000). Hal ini emang terpengaruh sama kerusuhan di Kazakhstan yang bikin internet di sana mati. Nah karena ga ada jaringan internet, aktivitas mining bitcoin yang 18%-nya banyak dilakukan di Kazakhstan juga harus terhenti. Nah, inilah yang bikin harga bitcoin mendelep gitu.

Since you’ve been complaining…

Over the price of minyak goreng.
 
Kenapa minyak goreng? 
Kalau kalian notice, harga minyak goreng di pasaran tuh sekarang lagi naik-naiknya gengs sejak November-Desember 2021 kemarin sampai sekarang belum menunjukkan adanya penurunan.
 
Yesss bener banget… 
We know right. Jadi menurut catatan dari Pusat Informasi Pangan Strategis Nasional, harga minyak goreng di pasaran sekarang berkisar antara Rp18.000 sampai Rp24.000. Bahkan di Gorontalo, harga minyak goreng di sana udah mencapai Rp26 ribu per kilogramnya. Padahal nih yah, dulunya minyak nabati ini cuman berkisar sebelas sampai tiga belas ribuan aja tergantung kemasannya. Hal ini bikin gengges dong, dan jadi pertanyaan. Kenapa sampai naik ini minyak goreng, padahal kalau dipikir-pikir, pasokan minyak sawit yang diproduksi menjadi minyak goreng ini jumlahnya melimpah banget di Indonesia.
 
Terus kenapa dong? 
Nah, rupanya ada beberapa faktor yang menyebabkan minyak goreng di Indonesia tuh sekarang naik banget harganya. Menurut Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga, alasan pertamanya adalah harga crude Palm Oil (CPO) di pasar global tuh emang lagi naik, jadi berpengaruh juga sama harga penjualannya di tanah air. Penyebab kedua, produksi minyak nabati dunia yang turun sampe 3,5% di tahun 2021 lalu. Padahal kan permintaan terus meningkat, dan hal inilah yang jadi salah satu faktor yang memicu kenaikan harga.
 
Oooooh…
Belum selesai gengs, ada lagi penyebab ketika versi Pak Sahat, yaitu program B30 dari pemerintah, yang mewajibkan pencampuran 30% Biodiesel dengan 70% bahan bakar minyak jenis Solar. Tujuan program ini sih awalnya oke ya, supaya mengurangi impor BBM dan meningkatkan devisa negara. Namun, saat ini kondisinya lagi enggak ideal, di mana produksi CPO lagi menurun, sedangkan kebutuhan pangan akan minyak goreng tetap tinggi. Jadi yha minyak-minyak ini kok banyak banget teralokasikan ke bahan bakar gitulo guys.
 
I see…. 
Nah karena lagi langka inilah, makanya GIMNI merekomendasikan pemerintah buat nurunin dulu nih, Kebijakan Biodesel B30 jadi B20, atau 20% aja pake minyak buat biodeselnya. Dengan mengurangi 10% aja, maka konsumsi minyak untuk bahan bakar tadi bakal berkurang sebanyak 3 juta ton, dan jumlah ini cukup banget buat memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat sampai satu tahun ke depan.
 
Well, is the government going to do something about this?
Yep, misalnya Menteri BUMN Pak Erick Thohir yang bilang bahwa BUMN bakal melakukan operasi pasar untuk menekan harga minyak goreng dengan menggelontorkan sekitar 3,7 juta liter minyak goreng hingga Mei 2022. Terus lewat salah satu perusahaan BUMN, namanya PT Industri Nabati Lestari (INL), pemerintah bakal menyalurkan minyak goreng dengan harga sesuai harapan pemerintah, yakni Rp14ribu.
 
I see. Anything else?
Harga minyak goreng yang melambung ini tentu bikin seluruh lapisan menjerit, termasuk warga yang menyampaikan keluhan pada para kepala daerahnya. Di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil bilang bahwa beliau bakal mengupayakan penurunan harga minyak goreng jadi Rp14 ribu per liter. Kata Kang Emil, hal ini sesuai dengan perintah ibu-ibu. Terus di Jakarta, Wakil Gubernur Bang Riza Patria juga bilang bahwa pihaknya udah rapat sama DPRD untuk membahas hal ini supaya harga minyak goreng di pasar tetap stabil.

Who’s putting the “closed for business” sign?

Marble Arch Mound, in London. 
 
Jadi, Marble Arch Mound ini adalah tourist attraction terbaru yang ada di London. Terletak di sudut Hyde Park dan Oxford Street, Marble Arch Mound yang pembangunannya memakan biaya 6 juta poundsterling ini harus ditutup padahal baru enam bulan yang lalu dia buka.
 
Masalahnya adalah, Marble Arch Mound yang letaknya tinggi di tengah kota ini selama masa pembukaannya abis diceng-cengin sama orang-orang karena yang mereka tampilin di website, yang mau kasih pemandangan yang lebih hijau, yang luas, bisa ngeliat London in a unique way, dan lights di dalamnya itu dinilai banyak pihak nggak sesuai dengan kenyataan. Aslinya, elemen-elemen sebagai attraction di sana tuh pada belum selesai, alat-alat konstruksi sisa pembangunan juga masih ada, terus pemandangan hijau di sana tuh jauh banget sama apa yang orang liat di media sosial. Kafe-kafe yang bakalan buka juga belum buka di opening days-nya kemarin.
 
Yang katanya ketika ke sana orang-orang bakalan ‘descending into the heart’ tapi yang ada orang-orang malah “Soulless”. Pokoknya abis deh itu Marble Arch Mound jadi bahan bully warga London dan turis lainnya. Bahkan, ketika dengar kabar tempat ini mau ditutup, orang-orang di Twitter malah semakin menjadi bully ini tempat for one last time, katanya lol. Sampai ada yang bilang berkunjung ke tempat itu adalah “worst thing I’ve ever done in London”.
 
Well, walaupun berumur singkat dan udah mau ditutup, Marble Arch Mound will always be remembered dan tetap bakalan jadi bagian dari kota London, although in a way yang mungkin orang-orang pada nggak suka.

“Luar biasa rumit,”

Gitu guys kata Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani pas ngasih pandangan soal pembangunan ibu kota negara (IKN) baru yang bakal berdiri di Kalimantan Timur. Menurut Bu Ani minggu lalu, proyek ini luar biasa rumit dan menantang, soalnya pemerintah harus tetap menjaga lingkungan, hutan, dan keanekaragaman hayati di sana.
 
When you gotta wake up for work on this Monday morning…

Announcement


Thanks to Gabby & Donny for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Since today is Monday, here are some things you can do to feel more joyful

Angel’s Stories

1. Hectic banget tahun baru kemarin, aku ngejagain mama operasi mata. untungnya cuman sehari. Operasi tanggal 31 Desember, 1 Januarinya udah pulang. Di sana aku ngerasain kemudahan banget ngurus mamaku, walaupun aku sendiri agak shock juga ya secara darah pada masih nempel di hidung (operasinya antara ujung kelopak mata dan hidung). Di sana dari satpam dan susternya baik banget. Ada satpam yang mungkin ngeliat aku bolak balik terlalu jauh dan ngasih tau ke aku jalan pintasnya yang lebih deket. Dan aku juga gak lupa ngasih ucapan makasih ke suster lewat sekotak kue, eh gak disangka lusanya, aku dan mamaku dikasih juga kue dengan merek yang sama dari teman-teman yang jenguk mama. Ya ampun gak nyangka banget. Doain mamaku ya karena sekarang juga lagi dalam masa pemulihan. Semoga kita semua selalu jadi anak yang soleh yang mau meluangkan waktu ngurus orang tua di tengah ruwetnya kerjaan. Amin.
-Anonymous-
 
2. Minggu lalu, aku sakit demam yang lumayan parah dan bikin aku bed-ridden. Aku lumayan sedih sih karena aku sendirian di kosan dan jauh dari keluarga, jadi semuanya diurus sendiri. Pas lagi begitu, seorang temenku kirim Whatsapp “Apa kabar?” dan aku bilang aja bahwa aku lagi sakit. Aku juga enggak tau kenapa dia tiba-tiba nanya gitu, tapi ga lama kemudian, dia ngirimin aku kue dong! Rasanya lagi sedih sendirian terus tau ada yang care itu bikin happy bangett. 😭😭😭
-Perantau-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)