Suasana Panas Antara MPR dengan Kemenkeu, Pertumbuhan Energi Terbarukan Meningkat Pesat, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Ke Tanah Air Meningkat, Jill Biden Buat Suanasan Lebih Hangat Pada Natal Tahun Ini

109


Good morning

Hello, you. Rise and shine! The second day of December and we’re pretty sure that you are already in your holiday mood. High five. Now, we’re gonna talk about the newest drama in negeri +62, renewable energy, toooo.. something extra. Let’s take a look…


When things are heating up in MPR vs Kemenkeu…

Here’s your updates.
Yoi guys, the newest drama terjadi di negeri +62 ini antara Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani dan rombongan pak bapak buibuk di MPR. Saking ramenya, pimpinan MPR sampe minta Bu Ani untuk dicopot dari jabatannya sebagai Menkeu lho!
 
Whoaaa spill the tea!
OK. Jadi kemarin, Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad menilai bahwa Bu Ani enggak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan yang berkelanjutan. Karena itulah, doi meminta supaya Pak Jokowi memberhentikan bendahara negara tersebut. Adapun permintaan ini merupakan hasil rapat bersama seluruh pimpinan MPR yang berjumlah 10 orang.
 
Tapi kenapa harus dicopot?
Beberapa alasan sih gengs kata Pak Fadel. Misalnya, Bu Ani yang memotong anggaran MPR. Padahal, jumlah pimpinan MPR saat ini udah mengalami perubahan dari empat orang jadi 10 orang. Selain itu, Pak Fadel juga kecewa sama Bu Ani yang dinilai enggak menepati janji terkait jumlah pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar dan membatalkan kehadiran dalam rapat dengan pihaknya secara tiba-tiba. Kata Pak Fadel, MPR adalah sebuah lembaga tinggi negara, jadi yha harus mendapatkan perlakuan yang wajar dibandingkan sama lembaga negara lain.

Ya ampun…
Iya guys, selain Pak Fadel, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga ikut ber-statement nih. Menurutnya, Bu Ani ni udah beberapa kali diundang rapat sama MPR, tapi doi enggak pernah datang. Hal ini menunjukkan bahwa Bu Ani enggak menghargai MPR sebagai lembaga tinggi negara.
 
I believe Bu Ani has a say…
Iya ada. Menurut Stafsus Menkeu Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, yha emang sempet tu, Bu Ani dapet undangan rapat sama MPR sebanyak dua kali. Namun dua-duanya beliau berhalangan hadir karena yang pertama, ada rapat internal sama Pak Jokowi, kedua, ada rapat sama DPR. Meski nggak hadir, pada rapat pertama itu Bu Ani sempet mengutus Wamen Keuangan Suahasil Nazara untuk ikutan rapat lho.

Terus kalo soal anggaran dipotong?
Nah kalo soal anggaran ini gengs, Bu Ani langsung ngasih penjelasan di Instagramnya. Menurutnya, seiring dengan pandemi covid-19, maka seluruh kementerian dan lembaga harus melakukan refocusing anggaran sebanyak empat kali, tak terkecuali MPR. Refocusing anggaran ini ditujukan untuk membantu penanganan covid-19 di Tanah Air dengan menyalurkan subsidi upah, memberikan bantuan untuk pelaku usaha kecil, hingga meningkatkan penerimaan bantuan sosial.
 
I see…
Nah tapi tetep aja guys, soal pemotongan anggaran ini emang udah keburu bikin para anggota MPR bete. Selain Pak Fadel dan Bamsoet,
Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani juga bilang bahwa kebutuhan biaya MPR dalam melaksanakan tugas enggak boleh dianggap kecil, karena MPR memiliki beban dan tanggung jawab yang semakin berat dibandingkan periode sebelumnya. Adapun tanggung jawab yang dimaksud adalah menjaga ideologi negara serta Empat Pilar Negara yang meliputi Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-undang Dasar (UUD) 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
OK. Anything else?
Terkait kisruh ini, Istana kemudian angkat bicara. Menurut Mensesneg Pak Pratikno, segala hal berkaitan sama pengangkatan atau penggantian menteri merupakan hak prerogatif Pak Jokowi, karena itu emang urusannya beliau. Yaudah gitu aja guys.

What’s having a positive growth this year?

Definitely not… my savings.
Got it. But this is rather a good news: Renewable energy.
 
Tell me.
OK jadi dalam laporannya kemarin, International Energy Agency (IEA) mengumumkan bahwa pertumbuhan energi terbarukan di tahun ini meningkat pesat despite the pandemic dan bahan baku yang mahal. IEA juga bilang bahwa dengan kemajuan ini, maka energi terbarukan diprediksi bakal menyediakan hingga 95% dari sumber energi global hingga akhir tahun 2026.
 
Tell me again what renewable energy is…
Well, in a nutshell, renewable energy adalah sumber energi (kayak sumber listrik atau bensin) yang bisa dimanfaatkan secara terus menerus dan enggak akan habis karena tersedia di alam. Kayak sekarang kan guys, banyakan sumber listrik itu berasal dari batu bara yang tentunya merusak alam dan someday bakal habis. Nah, seiring dengan makin munculnya kesadaran dunia internasional atas perlunya sumber listrik yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, maka mulai digalakkan pula lah jenis-jenis energi terbarukan ini.
 
Kayak apatu contohnya…
Yha kayak pembangkit listrik tenaga surya, angin, air, hingga ombak. Sumber energi ini dinilai lebih ramah lingkungan karena nggak berasal dari sumber yang ekstraktif kayak batu bara atau minyak bumi. Nah balik lagi ke IEA guys, hasil itung-itungan mereka menunjukkan bahwa penggunaan energi terbarukan ini meningkat pesat, jadi yha of course this is a good news…
 
Ada bad news-nya emang?
Ada, yaitu… it’s not “pesat” enough, lol. Aka ya masih kurang kalo tujuannya untuk mencapai target nol emisi di tahun 2050 mendatang. Padahal ini penting banget guys buat menghindari pemanasan global yang efeknya makin kerasa ama kita tuh.
 
🙁
Nah balik lagi ke IEA, disebutkan bahwa sepanjang tahun ini aja, terjadi penambahan kapasitas energi dari sumber terbarukan sebanyak 290 GigaWatt (itung-itungannya cukup lhaa untuk menerangi 200 juta rumah), yang kebanyakan bersumber dari turbin angin dan panel surya. Jumlah ini mengalahkan record sebelumnya di tahun lalu, dan kalo gini terus guys, maka by 2026, jumlah energi yang dihasilkan dari sumber terbarukan bakal lebih banyak daripada yang dihasilkan dari fossil fuel aka batu bara, minyak bumi, dll.
 
Nice…
Yoi. And in case you’re wondering, ranking pertama yang paling banyak meng-install energi terbarukan tahun ini adalah China. Yep, sebagai negara penghasil energi karbon terbanyak, China diprediksi bakal mencapai kapasitas 1.200 GigaWatt yang berasal dari PLTA dan PLTS-nya by 2026. Ini adalah lebih cepat dari target awal di tahun 2030. Selain China, India juga termasuk yang paling banyak ni guys meng-install energi terbarukan.
 
What about Indonesia?
Indonesia sendiri sebenernya dengan banyaknya sungai dll itu punya potensi yang tinggi banget guys untuk bertransformasi ke energi terbarukan. Tapi kata Pak Jokowi minggu lalu, skenario transisi dari fossil fuel ke renewable energy ini harus bener-bener diperhitungkan, jadi harus jelas itung-itungannya. Meski begitu, Pak Jokowi juga minta supaya PLN maupun Pertamina segera bikin target transisi energi yang jelas, jangan ditunda-tunda lagi. Iya, kayak kalo kamu mau menyatakan perasaan gitu, suka ditunda-tunda. Wkkwkw

What’s seeing an increase?

Foreign tourists in Indonesia.
Yoi guys, karena baru aja kemarin nih, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa dalam catatannya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke tanah air meningkat sebanyak 151 ribu pada Oktober 2021. Jumlah itu naik 21,73 persen dari bulan sebelumnya yang sebanyak 124 ribu kunjungan.
 
Whoaaa reallly?
Yep. Terus ni guys, Kepala BPS Margo Yuwono juga menjelaskan bahwa mayoritas wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia lewat jalur darat, yakni sebanyak 95.524 kunjungan atau 63 persen dari total pengunjung. Adapun kunjungan wisman yang masuk lewat jalur udara adalah sebanyak 15.722 dan laut 39.786.
 
Rata-rata dari mana ajatu wismannya?
Well, masih kata Pak Margo, kunjungan wisman yang paling banyak berasal dari Timor Leste, yakni 78 ribu kunjungan atau 52,2 persen. Sisanya, dari Malaysia 45 ribu kunjungan, China 6.000 kunjungan, dan negara lainnya sekitar 20 ribu kunjungan.
 
So I guess… it gives a positive impact to our tourism industry?
Yep, karena ternyata guys, kenaikan jumlah wisman secara bulanan ini sejalan sama tingkat penghunian kamar (TPK) atau okupansi hotel. Nah, di Bulan Oktober itu, jumlah okupansinya berada pada angka 45,62 persen, naik sebesar 8,98 poin dibanding Bulan September 2021 yang sebesar 36,64 persen.
 
Terus kalo wisatawan dalam negeri gimana?
Nah dalam negeri juga terjadi peningkatan ni gengs. Jadi per Oktober itu, jumlah penumpang penerbangan domestik naik 48,45 persen secara bulanan dan naik 31,22 persen secara tahunan. Terus juga penumpang dengan rute internasional diketahui naik sampe 8,96 persen secara tahunan dan naik 35,46 persen secara tahunan.
 
Cool… anything else?
Nah, kayaknya ni guystrend kenaikan ini bakal naik terus, karena Survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terbaru menyatakan bahwa bakal ada 10 juta orang yang tetap akan bepergian atau pulang kampung pas libur Nataru, meski pemerintah udah melarang. Nah adapun jumlah ini mencapai 7 persen dari warga nasional yang didominasi penduduk di Jawa-Bali.

Who’s going super extra this Christmas?

Jill Biden.
 
Yoi guys, ibu negaranya Amerika Serikat itu eeeextra banget deh dalam merayakan Natalnya di White House tahun ini. Jadi dalam dekor Christmas-nya White House yang baru aja dirilis Senin kemarin, tampak suasana di sana meriah dan “hangat” banget dalam suasana natal. Menurut keterangan dari kantornya Jill Biden, dijelaskan bahwa ada sekitar 3.000 meter pita, 300 lilin, dan lebih dari 10ribu ornamen yang digunakan untuk mendekor pohon Natal White House di tahun ini. Dekor ini dinilai banyak pihak lebih hangat, humble dan inviting kalo dibandingin sama dekornya Melania Trump sebelumnya yang pohonnya cuma putih doang, atau merah doang. Nah kalo dari dekornya Ibu Jill, warna pohon natalnya tetep ijo, dengan dihiasi berbagai ornamen, foto, dan kartu ucapan yang personal banget. Makanya banyak media di Amerika Serikat yang memuji dekorasi Natal tahun ini di White House karena dianggap jauh lebih “normal” dibanding pohon Natalnya Melania Trump.
 
Nah guys, ternyata “ritual” dipamerkannya dekor Natal di White House ini merupakan satu tradisi yang selalu digelar tahun ke tahun, karena momentumnya yang bikin masyarakat bisa “relate”. Biasanya, yang in charge buat men-design dan menghias dekornya adalah ibu negara, which kalo liat dari reaksi masyarakat sana, kayaknya Jill Biden berhasil melaksanakan tugasnya dengan cakep di tahun ini.
 
See more of the decor here. PS: Don’t get jealous.

“Saya kira tidak ada rencana tersebut.”

Gitu guys kata Mensesneg Pratikno saat ditanya soal reshuffle kabinet yang lagi terus muncul isunya akhir-akhir ini. Kata Pak Tik, gaada kok pembahasan soal reshuffle para menteri, dan semuanya masih kerja kayak biasa aja gitu.
 
When your family keeps asking you the “kapan nikah” questions…

Announcement


Thanks to Seseorang for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Still not convinced to start doing yoga for your exercise? Read this then. 

Angel’s Stories

1. Aku ada PAS (Penilaian Akhir Semester), dan baru sadar buku LKS yg buat mapel besok ketinggalan di kelas. Guruku emang bilang sebagian besar ngambil soal dari buku itu. Jadinya, aku minta tolong temenku untuk ngefoto latihan soal-nya. Sama temenku difotoin semuanya dan ditambahin materinya juga terus dijadiin pdf t_t kek wow baik banget. Literally itu ada 50 halaman lebih. Terus kita jadi teleponan bahas soal bareng. Makasih banyaaak, Lsa! Semoga nilai kita memuaskan, aamiin. 😀
-Suki-
 
2. Cuma mau berterima kasih sama seorang temanku yang berinisial N. Dia baik banget karena selalu ada selama ini untuk dengerin berbagai curhatanku dan nggak ragu untuk nemenin aku kalo lagi sedih. Aku nggak tau bakal survive atau enggak di masa-masa pandemi yang bikin aku kehilangan pekerjaan kalo nggak ada dia. Makasih ya, my angel.
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)