Reuni 212 Pindah Ke Sentul, Bogor

92

Who’s gonna have an annual reunion?

Massa 212.
As usual, memasuki bulan Desember ini artinya bakal ada yang bakal reunian ni gengs di tanggal 2 Desember nanti. Siapa lagi kalo bukan massa 212, sesuai namanya.
 
OK…

Well, jadi sejak awal November lalu, Persaudaraan Alumni (PA) 212 emang udah berencana untuk menggelar reuni akbar di wilayah Patung Kuda, Jakarta Pusat yang sebelah Monas ni gengs. Tapi karena gak dapet izin dari pemprov, akhirnya rencananya bakal pindah di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Hal ini disampein sama Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya hari Senin kemaren.

 
Wait, I need a refresher.

Well, tentunya kamu inget nih, Pilkada DKI Jakarta 2017 yang bikin temen-teman kamu mendadak jadi jurkam dan sikon di sosmed jadi panas karena berantemnya para pendukung fanatik para kandidat. Yep, waktu itu kandidat Gubernurnya ada tiga, yaitu incumbent Pak Basuki Tjahaja Purnama aka Ahok, ada Mas AHY, dan gubernur DKI yang akhirnya terpilih Pak Anies Baswedan. Nah pada waktu itu, Pak Basuki menyampaikan statement soal ayat Al Quran Surat Al-Maidah 51 yang menyulut kontroversi. Eventually, Pak Basuki dipenjara atas vonis penistaan agama. Terus sebagai bentuk protes, ratusan ribu masyarakat yang tergabung dalam berbagai ormas Islam melakukan aksi bela agama dengan turun ke jalan.

 
Oh yea I remember.
Nah sejak kejadian itulah, aksi reunian ini terus digelar dari tahun 2017, 2018, hingga 2019. Cuma di tahun 2020 ni reuniannya di-cancel dulu karena pandemi. Adapun terkait aksi reunian ini, pengamat politik Ujang Komarudin bilang bahwa ada beberapa motif di baliknya, salah satu di antaranya adalah motif politik.
 
I am listening…
Yep. Karena mengingat tahun lalu reuni gak jadi diadakan karena yours truly, covid 19, maka Pak Ujang bilang bahwa jadi semakin tinggi ni urgensi untuk kembali berkumpul di antara alumni. Belom lagi ada faktor-faktor politik lain yang bikin reuni jadi makin kudu digelar, kayak pembubaran FPI, penahanan pemimpin FPI Rizieq Shihab, sampe menjelang pilpres 2024 yang bikin kelompoknya perlu membuktikan bahwa despite everything, mereka masih eksis gitu lo. Yhaa flexing-flexing dikit lha guys...
 
But…. Omicron?
Exactly. Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin juga ngomongin ni minta supaya reuni ini dibatalin aja karena dunia lagi heboh sama Omicron. Meskipun belom sampe Indonesia, tapi yha teteup harus jaga-jaga dong, dan bikin kerumunan besar di saat kayak gini is not exactly jaga-jaga, malah kayak ngundang covid (selain ngundang tokoh politik tentunya ehehhee). Kata Pak Najamudin, pemerintah emang gak ngelarang sih kegiatan ini berjalan, tapi butuh kesadaran masing-masing aja gitu.

 

Hmmm pasif-agresif juga neh. Anyone else saying anything?
Terkait pemindahan venue reuni akbar besok di Masjid Az-Zikra Sentul, Bogor, ada Camat Babakan Madang Cecep Imam yang bilang kalo pihaknya belom dapet surat pemberitahuan soal aksi ini. Karena Masjid Az-Zikra terletak di wilayahnya, harusnya emang ada surat pemberitahuan dulu nih yang masuk ke Kang Cecep. Tapi, sampe kemaren pagi sih beliau bilang belom ada surat dari siapa-siapa, baik dari yayasan masjidnya maupun dari PA 212. Kalo belom dapet surat kan berarti belom tau nih diijinin apa gak, apalagi ya balik lagi ni Omicron lagi rame kan, jadi penting buat dipertimbangin.

Got it. Anything else?
Terkait undangan-undangan ni, rencananya PA 212 bakal ngundang Pak Gub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Politisi Partai Ummat Amien Rais buat datang hari Kamis nanti. Gak cuma itu, wakil Pak Anies yaitu Pak Riza Patria juga diundang gengs. Hal ini disampein sama Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya hari Senin kemaren yang juga bilang kalo tokoh-tokoh pemuka agama Islam lainnya juga bakal diundang ni. Tapi, Rizieq Shihab sebagai pelopor gerakan ini malah gak bisa hadir nanti, soalnya lagi menjalani masa tahanan. Melalui kuasa hukumnya Aziz Yanuar, Rizieq minta didoain aja sama para jamaah yang hadir.