Reuni 212 Pindah Ke Sentul, Bogor, Black Friday Menjelang Akhir Tahun, Singapura & Malaysia Membuka Kembali Perbatasan Negaranya, Jack Dorsey CEO Twitter Mengundurkan Diri Dari Jabatannya

134


Hello

Yep, before you ask, you’re right. We’ve been waiting for a year to finally put that lyric on the subject again. Now, to start the month right, let’s take a listen to our podcast here. Or, you can scroll down to catch up! with things going on from reunian to Twitter. Leggo!


Who’s gonna have an annual reunion?

Massa 212.
As usual, memasuki bulan Desember ini artinya bakal ada yang bakal reunian ni gengs di tanggal 2 Desember nanti. Siapa lagi kalo bukan massa 212, sesuai namanya.
 
OK…

Well, jadi sejak awal November lalu, Persaudaraan Alumni (PA) 212 emang udah berencana untuk menggelar reuni akbar di wilayah Patung Kuda, Jakarta Pusat yang sebelah Monas ni gengs. Tapi karena gak dapet izin dari pemprov, akhirnya rencananya bakal pindah di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Hal ini disampein sama Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya hari Senin kemaren.

 
Wait, I need a refresher.

Well, tentunya kamu inget nih, Pilkada DKI Jakarta 2017 yang bikin temen-teman kamu mendadak jadi jurkam dan sikon di sosmed jadi panas karena berantemnya para pendukung fanatik para kandidat. Yep, waktu itu kandidat Gubernurnya ada tiga, yaitu incumbent Pak Basuki Tjahaja Purnama aka Ahok, ada Mas AHY, dan gubernur DKI yang akhirnya terpilih Pak Anies Baswedan. Nah pada waktu itu, Pak Basuki menyampaikan statement soal ayat Al Quran Surat Al-Maidah 51 yang menyulut kontroversi. Eventually, Pak Basuki dipenjara atas vonis penistaan agama. Terus sebagai bentuk protes, ratusan ribu masyarakat yang tergabung dalam berbagai ormas Islam melakukan aksi bela agama dengan turun ke jalan.

 
Oh yea I remember.
Nah sejak kejadian itulah, aksi reunian ini terus digelar dari tahun 2017, 2018, hingga 2019. Cuma di tahun 2020 ni reuniannya di-cancel dulu karena pandemi. Adapun terkait aksi reunian ini, pengamat politik Ujang Komarudin bilang bahwa ada beberapa motif di baliknya, salah satu di antaranya adalah motif politik.
 
I am listening…
Yep. Karena mengingat tahun lalu reuni gak jadi diadakan karena yours truly, covid 19, maka Pak Ujang bilang bahwa jadi semakin tinggi ni urgensi untuk kembali berkumpul di antara alumni. Belom lagi ada faktor-faktor politik lain yang bikin reuni jadi makin kudu digelar, kayak pembubaran FPI, penahanan pemimpin FPI Rizieq Shihab, sampe menjelang pilpres 2024 yang bikin kelompoknya perlu membuktikan bahwa despite everything, mereka masih eksis gitu lo. Yhaa flexing-flexing dikit lha guys...
 
But…. Omicron?
Exactly. Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin juga ngomongin ni minta supaya reuni ini dibatalin aja karena dunia lagi heboh sama Omicron. Meskipun belom sampe Indonesia, tapi yha teteup harus jaga-jaga dong, dan bikin kerumunan besar di saat kayak gini is not exactly jaga-jaga, malah kayak ngundang covid (selain ngundang tokoh politik tentunya ehehhee). Kata Pak Najamudin, pemerintah emang gak ngelarang sih kegiatan ini berjalan, tapi butuh kesadaran masing-masing aja gitu.

 

Hmmm pasif-agresif juga neh. Anyone else saying anything?
Terkait pemindahan venue reuni akbar besok di Masjid Az-Zikra Sentul, Bogor, ada Camat Babakan Madang Cecep Imam yang bilang kalo pihaknya belom dapet surat pemberitahuan soal aksi ini. Karena Masjid Az-Zikra terletak di wilayahnya, harusnya emang ada surat pemberitahuan dulu nih yang masuk ke Kang Cecep. Tapi, sampe kemaren pagi sih beliau bilang belom ada surat dari siapa-siapa, baik dari yayasan masjidnya maupun dari PA 212. Kalo belom dapet surat kan berarti belom tau nih diijinin apa gak, apalagi ya balik lagi ni Omicron lagi rame kan, jadi penting buat dipertimbangin.

Got it. Anything else?
Terkait undangan-undangan ni, rencananya PA 212 bakal ngundang Pak Gub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Politisi Partai Ummat Amien Rais buat datang hari Kamis nanti. Gak cuma itu, wakil Pak Anies yaitu Pak Riza Patria juga diundang gengs. Hal ini disampein sama Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya hari Senin kemaren yang juga bilang kalo tokoh-tokoh pemuka agama Islam lainnya juga bakal diundang ni. Tapi, Rizieq Shihab sebagai pelopor gerakan ini malah gak bisa hadir nanti, soalnya lagi menjalani masa tahanan. Melalui kuasa hukumnya Aziz Yanuar, Rizieq minta didoain aja sama para jamaah yang hadir.


When you’re so excited to hear the word “Black Friday”…

Same.
Yep, kalo kamu penggila belanja, pasti kamu akrab dan semangat banget ni, tiap denger istilah Black Friday yang biasanya mulai rame menjelang akhir tahun. Momen ini menandai pembukaan periode sale tahunan yang identik dengan diskon besar-besaran. Terus, banyak yang memanfaatkan momentum ini untuk menyalurkan hasrat belanjanya atau menikmati diskon akhir tahun lebih awal. Brand-brand gede dari Amerika dan Eropa juga ikutan ngasih diskon gede-gedean loh gengs. Kamu bisa liat price tag-nya di website terkait dan potongannya yang gede banget.

Black Friday tu kayak Harbolnas di sini ya?
Yoi gengs. Kalo Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa disingkat Harbolnas pasti pas double date tanggal 12 Desember setiap tahunnya, nah Black Friday ini jatuhnya setiap hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving. Otomatis tanggalnya beda-beda ni gengs tiap tahun, dan ini doang kok bedanya sama Harbolnas di Indonesia. Tahun ini, Black Friday jatoh di tanggal 26 November 2021, persis sehari setelah Thanksgiving di tanggal 25-nya.

I see, any story behind Black Friday?
Ada dong. Awalnya, istilah Black Friday digunakan di Philadelphia, Amerika Serikat di tahun 1950an. Istilah tersebut menggambarkan masyarakat pinggiran kota Philly yang pada suka rame-rame mengunjungi pusat perbelanjaan di kota setelah merayakan Thanksgiving sama keluarga. Karena para retail stores udah tau kondisi ini, makanya mereka kemudian memberikan diskon gede biar belanjanya makin semangat. Nah kebiasaan ini kemudian berlanjut terus hingga jadi tradisi sampe sekarang gengs. Jadi tiap Black Friday, warga bakal menyerbu banyak banget toko-toko baik online maupun offline, untuk bisa dapet promo maupun diskon gede.

What about now?
Kalo sekarang, apalagi di Indonesia, Black Friday udah gak merujuk ke satu hari momen diskon besar ni gengs. Hal ini karena tiap brand bisa punya periode diskon yang beda-beda. Ada yang cuma tiga hari, ada yang seminggu, ada yang sampe sebulan dan jadinya borongan sama sale akhir tahun. Bahkan sekarang promo yang dikasih sama brand bisa lebih cepet dari Thanksgiving loh gengs, jadi pas Thanksgiving udah pake barang-barang baru dari belanja promo Black Friday.

Whoaaaa…
Nah kan, kalo kamu emang udah ada budget buat belanja di promo besar-besaran akhir tahun, sekarang lah waktu yang tepat. Iyaa, soalnya lagi banyak banget promo dan diskon nih, baik di momentum Black Friday, maupun harbolnas. However, kalo kamu emang belum sempet nge-budget-in atau duit gajianmu keburu ludes, ya nggak apa-apa juga guys, kan ada CERIA. Mau langsung dipake belanja di e-commerce, promonya banyak, mau tarik tunai buat belanja di mana juga bisa banget, syaratnya nggak ribet, cicilannya ringan lagi! Cusss yuk apply!

*Ini adalah konten bersponsor.


When you’re so tired of LDR…

Meet: Malaysia and Singapore.
Iya guys, akhirnya ni setelah hampir dua tahun gak bisa pulang, warga negara Malaysia yang kerja di Singapura berbondong-bondong memenuhi stasiun bus buat balik ke Malaysia hari Senin kemaren. Penyebabnya, akhirnya Singapura dan Malaysia membuka kembali perbatasan negaranya secara parsial, yang otomatis membuka akses keluar masuk dari Malaysia. Terlihat bus-bus yang mengangkut penumpang melewati Jembatan Causeway yang merupakan penghubung peninsula Singapura dan Malaysia.
 
Whoaaa, so selama hampir dua tahun mereka gak pulang?
Gak pulang sama sekali gengs. As we all know Singapura emang strict banget soal covid. Di saat negara-negara lain udah mulai ngelonggarin pembatasan secara bertahap sejak musim panas kemaren, Singapura baru ngumumin tanggal 8 November 2021 kemaren kalo negara ini bakal ngebuka perbatasannya secara parsial dan bertahap, baik darat dan udara.
 
Go on.
Nah, adapun fase pertama dibukanya perbatasan Singapura dan Malaysia ini dilaksanakan dengan lancar hari Senin kemaren. Ketentuannya adalah cuma boleh 1.440 pendatang dari tiap negara ke negara lainnya. Pendatang ini harus merupakan warga negara either Malaysia atau Singapura. Terus, kalo udah fully vaccinated ya enggak perlu karantina lagi.
 
Whoaaa.
Nah, untuk merayakan dibukanya kembali perbatasan di antara Malaysia dan Singapura ini, Perdana Menteri Malaysia yang baru dilantik beberapa waktu lalu yatu Ismail Sabri Yakoob berkendara menyeberangi Jembatan Causeway hari Senin kemaren. Sesampainya di bagian Singapura, beliau disambut sama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.
 
Ih seru. Ada komen-komen ga, pas ketemuan?
Ada donk. Keduanya memastikan kalo pembukaan ini bakal semakin dilonggarkan fase-fasenya seiring berjalannya waktu, dan kalo bisa sih bahkan bulan depan udah makin longgar. Artinya, semua tipe pelancong yang bukan warga negara either Malaysia atau Singapura udah bisa menyebrangi perbatasan keduanya. Terus, bakal diperbolehkan juga penggunaan sarana transportasi lainnya selain bus.
 
Nice. Anything else?
Sebelum ditutup awal tahun 2020 silam due to covid, Jembatan Causeway merupakan salah satu jalur tersibuk di Asia Tenggara lho gengs. Setiap harinya bisa ada sekitar 35.000 orang yang menyebrangi jembatan ini, yang rata-rata adalah warga Malaysia yang bekerja di Singapura. Karena inilah, exchange rate di Causeway Bridge bisa dibilang menguntungkan baik bagi warga Malaysia maupun Singapura.

Who’s handing out his resignation later?

CEO Twitter, Jack Dorsey.

Yoi, guys, kabar mengezoetkan datang dari sosial media Twitter yang Hari Senin kemarin baru aja mengumumkan bahwa CEO-nya yang bernama Jack Dorsey mengundurkan diri dari jabatannya, effective immediately. Meski udah mundur, Dorsey masih bakal jadi board member di perusahaan tersebut sampe at least tahun depan. Adapun sosok yang bakal menggantikan Dorsey adalah Chief Technology Officer (CTO) Twitter Parag Agrawal. Di akun pribadinya, Dorsey bilang bahwa salah satu alasannya mundur adalah karena doi udah melihat bahwa Twitter bisa nih kuat untuk berdiri sendiri. Doi juga menyampaikan keyakinannya  pada kinerja CEO barunya Agrawal yang udah bekerja di Twitter selama sepuluh tahun. Menurut Dorsey, enggak banyak perusahaan teknologi yang bisa sampe di tahap ini (udah cukup stabil sampe bisa ganti CEO dari founders-nya) jadi ya dia bangga banget. Dorsey juga bilang ini bukan keputusan mudah, namun dia meyakini bahwa ini adalah keputusan yang tepat.
 
Nah guys, di bawah kepemimpinan Jack Dorsay, Twitter akhirnya mencapai profit dengan menghasilkan seperempat milyar dollar. Terus, fitur-fitur di Twitter juga makin beragam dan berkembang demi menarik pengguna. Tapi teteup yha guys, kayak sosial media lain, tulisan-tulisan di Twitter juga menerima banyak tantangan, terutama terkait moderasi konten.
 
Manifesting: retire early di Bali…

“Nonton Home Alone aja.”

Itu guys saran dari Wali Kota Solo Mas Gibran Rakabuming Raka buat kita-kita supaya enggak liburan keluar rumah di akhir tahun ini. Kata Mas Gibran, secara covid19 masih mewabah, mendingan kita Tahun Baruan dan Natal di rumah aja dulu, dan enggak ke mana-mana. Hal ini tentunya dilakukan untuk mencegah penularan pandemi covid19 yaaang most likely ngebatalin berbagai rencana liburan tahun baru kamu.
 
Home alone, no deadlines, and sleeping early. Doesn’t sound so bad…

Announcement


Thanks to Bala-bala & B for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Do you dream of a flatter stomach? Try these breakfast foods. 

Angel’s Stories

1. Aku sedang tertarik dengan seseorang (lawan jenis), mengagumi kerja keras, pemikiran dan prinsipnya. Logika dan perasaanku berkata kalau aku “ga pantes” dan “ga mungkin” banget lah dapetin dia. Aku selalu menganggap diriku jauh di bawah orang lain dan sangat tidak cocok mendapatkan orang yang baik. Jangan ditiru ya pemikiran ini, karena aku tau itu salah dan saat ini aku masih struglle untuk mencintai dan mengapresiasi diri sendiri. Oke balik lagi ke orang itu, jadi aku akhirnya cerita ke temenku, lalu temenku bilang, “Di-shalawatin aja.” Lalu aku shalawat kalau liat dia (niat ya wkwk). Ehh gatau sih itu kekuatan shalawat mungkin ya, terjadilah hal-hal sepele banget kaya mas nya ternyata ingat panggilan orang-orang ke aku (ini cuma panggilan orang terdekat di kantor aja), ingat momen memalukan pas lagi kumpul bareng di kantor, terus orang kantor jadi pada ngejodoh-jodohin aku sama dia. Walaupun sebenernya masnya cuek banget gitu dan masih belum menunjukkan ketertarikan sama aku, tapi aku sudah cukup senang hanya dengan hal-hal sepele gitu aja. Doain ya guys, jika masnya jodohku semoga di dekatkan, jika tidak semoga dijauhkan dan diganti yang lebih baik. Intinya, kadang kebahagiaan tu ga perlu yang something big, tapi hal sepele pun bisa jadi bumbu bahagia.
-secret admirer-
 
2. Aku belakangan ini lagi capek banget karena kerjaan yang lagi padat. Terus pas lagi malem-malem ngereview beberapa dokumen, tiba-tiba bos aku nelepon dan bilang bahwa dia berterima kasih sama deck yang aku bikinin buat dia presentasi tadi siang. Aku kaget campur terharu denger dia bilang gitu, karena aku merasa sangat dihargai. Thank you to my best boss ever!
-Tiara-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)