Pertemuan Pak Jokowi Dengan MenLu US, Badai Tornado Landa Amerika Serikat, Anak Usia 6-11 Tahun Sudah Bisa Divaksin, Akun Twitter Perdana Menteri India Diretas

113


Hello

Good morning. As we’re hearing more and more stories about sexual violence lately, we can’t help but to… talk about it. So, join us today on our IGTV where we will be discussing about the long and painful psychological effects that the victims of sexual violence have to endure. More info here


When you started Monday with meetings…

Pak Jokowi said, same.
Karena kemarin, beliau juga abis meeting sama Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang lagi berkunjung ke Indonesia, Anthony J. Blinken.
 
Who?
Menlu-nya AS yang sekarang guys. Jadi doi memang lagi mengadakan Tour de ASEAN yang meliputi beberapa negara di kawasan Asia Tenggara kayak Malaysia dan Thailand, termasuk Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara pertama yang dikunjunginya.
 
Tell me more about the visit.
OK. Jadi dalam kunjungannya itu, Blinken langsung ketemu Pak Jokowi di Istana Merdeka untuk membahas berbagai isu strategis terkait hubungan kedua negara. Disebutkan Menlu Indonesia Bu Retno Marsudi, Indonesia mengharapkan Amerika Serikat bisa menjadi salah satu mitra di bidang ekonomi, termasuk di bidang investasi.
 
Terus…
Terus enggak lupa juga Pak Jokowi berterima kasih atas vaksin yang dikirimkan AS ke Indonesia dalam upaya kita membendung penyebaran pandemi covid19. Kata Bu Retno, Pak Jokowi juga sempet nyebutin soal rencana Indonesia untuk turut berkontribusi di bidang supply chain kesehatan, dan hal itu didukung sama Mr. Blinken.
 
Nice…
Di akhir keterangannya, Bu Retno juga bilang bahwa Amerika Serikat adalah mitra baik Indonesia, dan kita bakal terus mengembangkan strategic trust dengan semua negara dan semua mitra. Kata Bu Retno, strategic trust ini penting banget sebagai fondasi untuk membangun sebuah kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menghormati, dan membangun dunia yang damai, stabil, dan sejahtera.
 
Anyone says anything though?
Yep, kerja sama is one thing, tapi banyak pengamat isu internasional yang melihat kunjungan ini politis banget guys, secara China lagi agresif berusaha menanamkan pengaruhnya di Asia Tenggara aka kita. Karenanya, AS yang saingan terus sama China berusaha membendung pengaruh ini dengan mengirimkan Blinken tadi. Menurut Daniel Kritenbrink, yang merupakan assistant secretary of state for East Asian and Pacific affairs di Kemenlu AS, pertemuan dengan negara-negara ASEAN ini bakal fokus dalam memperkuat keamanan kawasan dan infrastruktur, untuk membendung China yang “mem-bully” area Laut China Selatan.
 
Laut China Selatan?
Itu loh guys, perairan yang membentang antara China sampe ke perbatasan kita yang lagi terus-terusan jadi sengketa internasional. Hal ini karena China mengklaim seluruh wilayah perairan tersebut sebagai wilayahnya, padahal Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, hingga Indonesia juga punya klaim bahwa sebagian dari perairan itu merupakan wilayah mereka. Nah sengketa inilah yang dinilai AS bikin kondisi keamanan di Asia Tenggara nggak stabil, makanya penting banget pengaruh China ini dibendung.
 
Got it. Anything else?
Well, perlu diingat guys bahwa letak geografis yang berdekatan sama China ini bikin Asia Tenggara punya pengaruh yang cukup besar dalam percaturan politik global. Karena itulah, Amerika Serikat di bawah Presiden Biden punya strategi supaya area ini bebas dari pengaruh China, dan tetap netral. However, setelah tahun-tahun penuh drama dan guncangan di era Trump, Presiden Biden jadi berupaya makin mempertegas posisinya dengan mengirim high officers-nya ke Asia Tenggara. Inget kan guys, sebelum Mr. Blinken, Bu wapres Kamala Harris sempet ke sini, meski nggak mampir ke JKT.

New let’s zoom in on: Tornadoes in the US.

What?
Badai tornado, guys. Jadi saat ini Amerika Serikat lagi sedih banget karena mereka dilanda bencana tornado yang kata Presiden Biden jadi salah satu tornado terbesar sepanjang sejarah AS. Ga tanggung-tanggung, tornado-nya menyapu enam negara bagian, dan udah menewaskan sekitar 84 orang.
 
Oh no….
Iya, jadi enam negara bagian itu meliputi Arkansas, Illinois, Kentucky, Missouri, Tennessee. Dan Mississippi. Tornado ini totalnya berjumlah 50, dan terjadi di Friday Night minggu lalu, di mana banyak warga yang udah tidur. Adapun di Kentucky, kerusakan paling parah terjadi di sebuah kota namanya Mayfield, di mana korban paling banyak ditemukan di sebuah pabrik lilin di mana pegawai-pegawainya lagi kerja shift malam. Terus guys, hasil evakuasi juga menemukan bahwa ada satu kota kecil di sana, namanya Dawson Springs yang kehilangan hampir 75% dari isinya. Adapun di Illinois, kerusakan parah terjadi di gudangnya Amazon yang menyebabkan enam orang tewas dan sisanya lagi dalam masa perawatan.
 
What about other states?
Rusak parah juga sih. Jadi kerusakan parah juga terjadi di Arkansas, Missouri, dan Tennessee. Di Arkansas, ada sekitar 20 korban yang terjebak di panti jompo dan nggak sempat keluar dari sana terus sekarang masih dalam perawatan. Gubernur Arkansas, Asa Hutchinson mengkonfirmasi setidaknya udah ada dua orang yang tewas di negara bagiannya. Terus, Pak Gub juga berencana untuk mem-propose status emergency declaration di negara bagiannya karena udah ada empat daerah di Arkansas yang terdampak parah tornado ini.
 
Lanjut…
Meanwhile in Tennessee, udah ada empat orang yang meninggal karena cuaca buruk. Terus ada juga bangunan-bangunan yang rusak parah bahkan rata dengan tanah di sana. Selain itu, tornado juga membuat rumah-rumah yang tersisa jadi nggak punya listrik, karena alirannya yang rusak. Menurut website PowerOutage.us, ada sekitar 26ribu pelanggan di Kentucky yang akses listriknya terputus, dan di Tennessee ada juga sekitar 10ribuan orang.
 
Terus, ada respons dari Presiden Biden ngga?
Ada dong, jadi dari awal, Biden emang udah di-brief soal bencana ini dan bilang bahwa doi memantau banget perkembangan di lokasi bencana dan udah call-call-an sama para gubernur dari negara bagian-negara bagian tadi. Biden juga bilang bahwa doi pengen hadir langsung di lokasi kejadian, namun dia gamau ganggu proses evakuasi yang lagi berjalan. Terus yang juga penting ni guys, Mr. Biden udah mengakui bahwa doi haqqul yakin badai itu bisa terjadi karena ada kontribusi dari global warming. Karenanya, dia bakal meminta lembaga lingkungan yaitu Environmental Protection Agency untuk meneliti sejauh mana pengaruh dari perubahan iklim atas tornado tadi.
 
Anything else?
So far, jumlah pasti dari para korban meninggal karena tornado ini masih belum jelas guys, karena jumlah korban yang terus bertambah. Meski begitu diyakini, korbannya bisa nyampe 100 orang di Kentucky aja, belum lagi di state-state lain. Saat ini, tim SAR masih berupaya melakukan evakuasi korban dan mendata nama-nama orang yang hilang :(.

Who will get their jabs starting from today?

Indonesian kids.
Kabar gembira untuk kita semua karena starting today, anak-anak bocil di Indonesia yang usianya 6-11 tahun udah bisa divaksin gengs. Adapun jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.
 
Horayyyy… How did we get here tho? 
Gini gini, kan izin penggunaan darurat vaksin Covid buat anak ini kan udah resmi dikeluarkan sama BPOM pada bulan November lalu. Terus kemarin, Kemenkes bilang bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk anak ini sesuai sama Instruksi Presiden yang meminta supaya segera dilaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun. Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga udah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.
 
Nice…
Nah, merespons perkembangan ini, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso juga bilang bahwa anak-anak sekarang udah banyak yang tertular dan menularkan virus ke orang-orang dewasa di sekitarnya, baik dari dan ke orang tua, dan orang lain yang tinggal serumah. Belum lagi karena sekarang Pertemuan Tatap Muka (PTM) udah dimulai lagi, sehingga resiko penularan jadi lebih besar.
 
Terus terus? 
Kebijakan ini juga didukung oleh data dari Satgas Covid-19 yang menunjukkan bahwa per November kemarin, proporsi kasus anak yang terinfeksi virus corona sebesar 13 persen. Makanya, ITAGI dan IDAI kompak merekomendasikan supaya program vaksinasi buat anak segera dilaksanakan. Terus Kemenkes juga udah menyiapkan kick-off buat pelaksanaan program ini, biar makin banyak masyarakat di Indonesia yang tua dan yang muda bisa fully vaccinated.
 
I see…
Nah selanjutnya, dr. Maxi Rein Rondonuwu dari Kemenkes menjelaskan bahwa vaksinasi anak ini bakal menggunakan Vaksin Sinovac dan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama vaksinasi udah bisa dilakukan di daerah yang vaksinasi dosis pertamanya udah mencapai 70% dan vaksinasi buat lansia juga udah mencapai 60% dari target daerah masing-masing. Adapun daerah yang udah mencapai target itu baru 106 kabupaten/kota di 11 Provinsi aja, yaitu: Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.
 
I see. Selebihnya kapan dong tuh?
Yha menyusul. dr. Maxi bilangnya kan buat tahap pertama di Desember ini ada 6,4 juta dosis. Terus di Januari 2022, vaksinnya datang lagi yang dipesan sama Farmalkes, jadi program vaksin ini nggak akan putus. Kata dr. Maxi, penyaluran vaksin buat anak-anak itu dilakukan supaya mempercepat vaksinasi di Indonesia.
 
Mekanisme pemberian vaksinnya sama kayak buat orang dewasa nggak?
Yhaa kurleb sama guys, karena vaksin anak ini juga disuntikkan ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dan dosisnya juga sama-sama 0.5 mili. Adapun vaksinnya juga diberikan sebanyak dua kali dengan jarak waktu 28 hari. Dan sama kayak vaksin dewasa, sebelum vaksin buat anak disuntikkan, ada pemeriksaan standar yang bakal dilakuin sama petugas vaksin.
 
Does anyone say anything?
Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp. A(K) dari Asia Pacific Pediatric Association bilang bahwa sebelum anak-anak divaksin Covid, mereka udah harus imunisasi lengkap dulu biar nggak ada Kejadian Luar Biasa (KLB) nantinya. Karenanya, dr. Aman bilang bahwa buat anak-anak yang vaksinasi atau imunisasi dasarnya belum lengkap, yha harus dilengkapi dulu.
 
Got it. anything else?
Seiring dengan kebijakan ini, maka bakal ada 11 provinsi yang udah bisa mulai memvaksinasi para bocilnya mulai besok. Adapun provinsi tersebut adalah Banten 657.766 anak, Yogyakarta 303.019 anak, DKI Jakarta 983.248 anak, Jawa Barat 1.429.582 anak, Jawa Tengah 2.022.464 anak, Jawa Timur 2.038.628 anak, Kalimantan Timur 87.705 anak, Kepulauan Riau 216.343 anak, Nusa Tenggara Barat 240.281 anak, Sulawesi Utara 134.667 anak dan Bali 373.120 anak.

What just got hacked?

Narendra Modi’s Twitter account.
Yoi guys, jadi akun Twitternya perdana menteri India ini baru aja dihack hari Minggu kemarin, dan bikin pengumuman super random soal cryptocurrency. Terkait insiden ini kantor resminya Modi juga udah mengeluarkan keterangan resmi bahwa twitnya diabaikan aja, dan akunnya kini udah kembali normal.
 
Jadi gini guys, awalnya tuh nggak ada yang ngeuh kan kalo akun Twitternya Modi itu di-hack, tapi tiba-tiba Hari Minggu kemarin muncul tweet dari akunnya Modi yang bilang bahwa India udah resmi mengadopsi bitcoin jadi alat pembayaran yang sah. Terus di tweet itu juga disebutkan bahwa pemerintah India udah beli 500 BTC dan bakal membagikannya ke masyarakat di penjuru negeri. Hal ini tentu langsung bikin heboh dong, secara India enggak melegalkan Bitcoin, guys. Sebaliknya, pemerintahannya Modi sekarang justru lagi nyiapin kebijakan buat ngelarang private cryptocurrencies, meski masih belum jelas nih, apa yang dimaksud dengan private crypto itu.
 
Fyi, rancangan kebijakan yang ngelarang private cryptocurrencies ini masih menjadi perdebatan di masyarakat sana, karena menimbulkan banyak pertanyaan soal apakah larangan ini bakal berlaku buat dua koin yang paling banyak ditransaksikan, yaitu bitcoin dan Ethereum. Terkait rencana aturan ini, Kementerian Keuangan di India juga belum ngasih keterangan lebih lanjut ni gengs.

“thinking of quitting my jobs & becoming an influencer full-time wdyt”

Aduh ada-ada ajade ni bosnya Tesla, Elon Musk. Jadi minggu lalu, Elon baru aja nge-twit begitu dan bikin warga net heboh. Pasalnya, doi adalah orang tertajir sedunia saat ini. Makanya, warga banyak yang mempertanyakan apakah Elon serius apa bercanda doang? FYI guys, sebelumnya doi juga pernah bilang bahwa dia mau jadi CEO-nya Tesla selama beberapa tahun aja, dan yhaa kayaknya enak ya kalo punya waktu luang dikit untuk istirahat dibanding kerja-kerja-kerja terus.
Elon musk is all of us…

Announcement


No one bought us coffee today 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you want to get those abs, here are some exercises you can do from everywhere. Literally.

Angel’s Stories

1. Aku lagi ngerasa stres banget kuliah online. Ga ada keseruan dalam kelas, ga ada main bareng untuk refreshing, terutama ga ada temen ngambis saat ujian. Beratt bgt rasanya, tapi aku harus nguatin diri buat bertahan sampai lulus. Untungnya ortu di rumah sangat suportif menunjang kuliah online ku, dan aku punya Super Junior buat fangirlingan yang bener-bener jadi coping stress aku. Terima kasih, walaupun kalian jauh ga pernah bisa kugapai tapi bener-bener bisa nguatin hidup aku.
-E.l.f-
 
2. Aku bersyukur banget punya orang tua yang support aku dan selalu nenangin aku pas lagi sedih. Jadi beberapa hari ini aku hampir nangis tiap hari gara-gara nilai ujianku kurang bagus dan terancam harus ngembaliin beasiswaku kalau nilainya di bawah ketentuan. Terus mama nenangin aku untuk gapapa apa pun yang terjadi karena itu ketetatapan Tuhan. Beliau juga bilang kalau pun harus ngembaliin pun beliau siap gitu bahkan bilang jual tanah pun buat kuliah gapapa😭. Aku cuman minta kalian angel reader buat bantu doain aku semoga nilaiku bisa di atas ketentuan beasiswa supaya gak nyusahin orang tuaku❤. Aamiin
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)