Pengurangan Emisi Kendaraan di AS

83

When fresh air could literally save lives…

Iya guys,
Kita harus bener-bener perhatian deh ini sama udara yang kita hirup. Karena penelitian terbaru yang dilakukan oleh Harvard University di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ribuan nyawa dan ratusan miliar dollar udah terselamatkan gara-gara pengurangan emisi kendaraan yang berlaku di Amerika Serikat.

Hmm what? Background please.
Jadi gini, dalam melakukan penelitiannya itu, para researchers dari Harvard meneliti efek dari berkurangnya emisi kendaraan dalam satu dekade terakhir. Hasilnya, ditemukan bahwa angka kematian berkurang dari 27.700 di tahun 2008 menjadi 19.800 kematian di tahun 2017. Terus, manfaat ekonomi dari penurunan emisi kendaraan ini juga banyak banget guys, yaitu mencapai US$270 milyar.

 
Whoaaa…
Yep, jadi dalam studi yang dirilis di the Proceedings of the National Academy of Sciences itu disebutkan juga bahwa kalo sampai sekarang kendaraan tetap menghasilkan emisi yang sama kayak di tahun 2008, maka angka kematian di tahun 2017 bakal 2,7 kali lebih tinggi. Yha thankfully guys, pemerintahan mereka gercep mengambil kebijakan yang beralih dari energi fosil kayak bensin, ke energi terbarukan.
 
Nice…
Nah tapi, manfaat yang diraih dari penurunan emisi ini cuma mencapai 3% dari 19% keseluruhan keuntungan kalau dilihat dari sisi ekonominya. Kok bisa gitu? Iya, karena kebijakan penurunan emisi ini cuma ditujukan buat membatasi polusi udara, instead of climate crisis. Kalau kata Susan Anenberg, pakar kesehatan lingkungan dan kesehatan global dari Universitas George Washington sih gitu. Terus juga, progresnya disebut melambat seiring dengan makin banyaknya orang yang nyetir ke mana-mana dan pake mobil yang berukuran besar. Jadi yhaa sebenernya kemajuannya ga begitu substansial guys, kecuali emang pemerintah bener-bener mengeluarkan kebijakan yang tegas nih, soal emisi kendaraan ini.
 
Terus gimana? 
Yhaa tetep sih, pemerintah harus memberlakukan kebijakan yang lebih tegas lagi dalam mengurangi emisi kendaraan. Menurut Ernani Choma, selaku peneliti environmental health dari isu ini, pemerintah harus memperketat kebijakan terkait ukuran mobil dan penggunaannya. Karena kalo tren ini ngga berubah, maka hasil studi yang tadi nggak akan efektif lagi di masa depan.
 
OK. Anything else?
Well, pengurangan emisi kendaraan memang jadi salah satu fokus kebijakan dari pemerintahan Amerika Serikat saat ini, di bawah Joe Biden. Negeri Paman Sam itu rencananya bakal mengubah semua kendaraan di sana jadi kendaraan listrik secara keseluruhan di 2035. Terus, bangunan pemerintah juga harus bebas polusi karbon di tahun 2030, dan seluruh kendaraan dinas berubah jadi mobil listrik. Nggak tanggung-tanggung, sebanyak 60.000 mobil listrik langsung diborong sama Biden buat dipakai sama anggota-angota perlemen. FYI guys, kebijakan Biden ini merupakan bagian dari rencana untuk menghilangkan emisi CO2 pada tahun 2050.